Brilio.net - Covid-19 sudah membawa banyak pengalaman bagi setiap orang. Salah satu pengalaman yang banyak dirasakan adalah dengan diberlakukannya kuliah atau sekolah online. Kuliah atau sekolah online ini mengharuskan orang untuk mengenal aplikasi Zoom.

Zoom adalah salah satu aplikasi atau perangkat lunak telekonferensi video eksklusif yang memungkinkan individu atau grup bertatap muka atau melakukan rapat secara online. Aplikasi Zoom ini ada sejak 2012 dan makin dikenal sejak dunia dilanda krisis Covid-19.

Ketika individu atau grup melakukan rapat virtual, selama ini Zoom hanya memperbolehkan peserta mematikan tampilan video diri sendiri saja. Sedangkan, tampilan video dari peserta lain selalu ditampilkan.

Untungnya keterbatasan ini tidak akan dirasakan lagi oleh pengguna Zoom karena adanya fitur "stop incoming video." Dari laman resminya Zoom mengungkapkan, "Fitur ini hanya akan berlaku pada tampilan meeting Anda, sementara peserta lain tak terpengaruh dan tidak akan menyadari (bahwa tampilan videonya di-stop oleh Anda)."

Zoom hadirkan

foto: Pixabay/@Jagrit Parajuli

Walaupun Zoom bisa digunakan oleh semua orang dengan perangkat yang kompatibel, baik dari akun berlangganan maupun gratis, pengguna diharuskan untuk mengaktifkan fitur ini secara manual. Saat diaktifkan, fitur ini akan menghentikan tampilan video semua peserta rapat lain di layar pengguna yang mengaktifkannya saja.

Untuk bisa mengaktifkan fitur ini, pengguna harus memperbarui aplikasi Zoom ke versi terbaru dahulu. Fitur "stop incoming video" sendiri telah tersedia di aplikasi Zoom versi 5.8.0 untuk desktop dan versi 5.7.7.2047 untuk Android.

Untuk mengetahui cara mengaktifkan fitur ini lewat desktop, coba perhatikan langkah-langkah berikut:

> Buka aplikasi Zoom seperti biasa.

> Klik ikon View yang berada di sudut kanan atas layar.

> Pilih "stop incoming video" untuk memblokir seluruh tampilan video peserta rapat lainnya.

> Jika ingin memunculkan kembali, kamu tinggal melakukan langkah yang sama dan memilih "start incoming video."

Zoom hadirkan

foto: Unsplash/@Gabriel Tan

Sedangkan, cara mengaktifkan fitur "stop incoming video" lewat Android, kamu bisa perhatikan langkahnya berikut:

> Buka aplikasi Zoom seperti biasa.

> Klik iko More yang berada di sudut kanan bawah layar.

> Kemudian geser tombol toggle "stop incoming video" untuk mengaktifkannya hingga berwarna hijau. Saat itulah tampilan video peserta lain tidak akan muncul di layar pengguna.

> Untuk memunculkan tampilan video peserta kembali, kamu cukup menggeser toggle "stop incoming video" ke posisi off hingga berwarna putih.

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/pep)