Brilio.net - Teknologi charging sekarang semakin mutakhir. Dari charging super cepat dengan daya tinggi seperti 50 hingga 65 watt, kini muncul inovasi terbaru yang menjadi perbincangan di dunia digital. Xiaomi pada Jumat (29/1) kemarin mengumumkan teknologi charging smartphone melalui udara yang canggih. Viral, cuitan pengumuman resminya sendiri sudah disukai lebih dari dua puluh ribu kali.

Teknologi bernama Mi Air Charge Technology ini berupa satu boks kecil berwarna putih dengan logo charging atau petir di tengahnya. Ketika ada smartphone yang berada di jangkauan alat tersebut maka akan langsung charging tanpa perlu menggunakan kabel apapun.

Mi Air Charge Technology menggunakan 144 buah antena yang berguna untuk memancarkan energi ke perangkat secara nirkabel. Gelombang energi ini nantinya akan dipusatkan ke smartphone atau perangkat yang didukung lainnya menggunakan beamforming.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Tak hanya satu smartphone, Mi Air Charge Technology diklaim bisa digunakan untuk meng-charge beberapa perangkat sekaligus. Dalam jarak beberapa meter, teknologi ini diklaim mempunyai daya charge sebesar 5 Watt atau setara dengan kebanyakan wireless charging yang sering kita lihat.

Xiaomi bocorkan cara nge-charge HP lewat udara istimewa

foto: YouTube/@Xiaomi

 

Xiaomi sendiri mengklaim teknologi ini bisa digunakan saat smartphone sedang dalam keadaan aktif seperti saat bermain game. Pengguna tak perlu lagi khawatir dengan level baterai saat menggunakan Mi Air Charge Technology.

Uniknya, tak hanya untuk smartphone, teknologi ini nantinya diharapkan bisa meng-charge benda lainnya seperti wearable, smart speaker, dan masih banyak laginya. Hal ini sangat menguntungkan karena setiap harinya kita dikelilingi oleh gadget yang harus rutin di-charge.

Dilansir brilio.net dari TechCrunch, Sabtu (30/1) teknologi ini masih belum siap untuk dikomersilkan. Juru bicara Xiaomi sendiri memastikan teknologi ini tak bisa diperjualbelikan pada tahun ini. Tapi teknologi ini akan datang dalam waktu yang dekat.

(brl/lin)

RECOMMENDED BY EDITOR