Brilio.net - Beberapa waktu lalu, para pengguna WhatsApp dihebohkan dengan sebuah pesan berantai yang berisi gambar tombol hitam dengan diikuti pesan "Don't touch here" yang dipercaya bisa membuat aplikasi WhatsApp di handphone kamu ngehang atau berhenti sesaat. Meskipun banyak yang menduga bahwa pesan tersebut merupakan hoax, banyak juga yang sudah membuktikan keaslian pesan tersebut.

kode hitam di Whatsapp  © 2018 brilio.net

foto: androidterritory.com

Jika kamu dengan sengaja menekan tombol hitam yang ada pada pesan tersebut, maka aplikasi WhatsApp akan mengalami hang sesaat dan keluar dengan sendirinya. Namun pesan tersebut tak berlaku bagi pengguna WhatsApp di iOS dan mereka yang mengakses WhatsApp melalui komputer.

Dilansir brilio.net dari Androidterritory, Minggu (6/5), dalam pesan tersebut mempresentasikan karakter dalam format kode pemrograman ASCII. Dengan kata lain di dalam pesan tersebut, sebenarnya tersembunyi ribuan karakter berupa simbol, huruf, dan angka yang akan membebani kinerja WhatsApp.

WhatsApp biasanya akan mengatasi pesan yang terlalu panjang dengan memberi embel-embel 'read more' pada pesan yang memiliki banyak karakter. Hal tersebut bertujuan agar smartphone kamu hanya akan menayangkan sedikit karakter dalam waktu singkat.

Sedangkan dalam pesan berantai tersebut, WhatsApp dipaksa untuk menayangkan ribuan karakter secepat mungkin yang akhirnya membuat kinerja aplikasi tersebut menjadi sedikit terganggu dan mengalami crash.

Tapi nggak perlu khawatir, buat kamu yang sudah terlanjur menekan tombol hitam tersebut, aplikasi WhatsApp kamu nggak akan mengalami hang dalam waktu yang lama. Begitu aplikasi WhatsApp tertutup dengan sendirinya, kamu hanya perlu menunggu beberapa saat kemudian untuk kembali membuka aplikasi instant messenger tersebut.

Ini bukan kali pertama para pengguna WhatsApp dihebohkan dengan pesan berantai serupa. Sebelumnya juga sempat ada pesan berisi imbauan untuk tidak menekan kode error 4.4.4.4 yang bisa membuat handphone kamu blank.