Brilio.net - Setelah dinantikan, akhirnya WhatsApp resmi meluncurkan fitur dark mode atau mode gelap dalam versi beta untuk Android dan iPhone iOS. Kabar ini disampaikan langsung oleh WAbetaInfo, situs yang kerap membocorkan fitur baru di WhatsApp.

Namun belum semua orang pengguna WhatsApp bisa menggunakannya, pasalnya mode gelap ini baru menyambangi pengguna WhatsApp versi Beta.

Nah bagi kamu yang ingin menikmati fitur terbaru WhatsApp ini, kamu harus mengupdate aplikasi WhatsApp ke versi 2.20.13 di Google Play Store.

Loading...

Nah bagi kamu yang ingin mengaktifkan dark mode di WhatsApp, berikut langkahnya yang bisa kamu lakukan, seperti yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (6/2).

1. Update WhatsApp Beta.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengapdate WhatsApp-mu ke versi Beta, yakni tipe 2.20.13 di Android. Cara mendapatkan WhatsApp Beta, kamu harus mengunjungi Google Play Beta Program atau APK Mirror. Selanjutnya, pengguna harus menunggu hingga file aplikasi WhatsApp beta selesai diunduh.

2. Mengaktifkan dark mode.

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengeklik settings pada aplikasi WhatsApp beta. Urutannya adalah Settings > Chats > Theme > Dark. Setelah melakukan itu kamu akan melihat WhatsApp dark mode sudah aktif dan kamu tinggal menikmatinya saja.

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, dark mode di WhatsApp serupa dengan teman gelap Instagram. Hampir seluruhnya dominan berwarna gelap, hanya saja, di WhatsApp warnanya dipadukan sesuai dengan ciri khas WhatsApp yang berwarna hijau.

Warna hijau khas WhatsApp terdapat beberapa bagian seperti ikon "chat" yang ada di bagian bawah, bubble atau balon notifikasi, serta status saat mengetik.

Dalam ruang obrolan tersebut kolom teks untuk mengirim akan berwarna hijau, sementara kolom teks yang diterima berwarna gelap. Sementara untuk pesan teks dan nama kontak yang tertera di bandara berwarna putih.

WhatsApp hadirkan fitur dark mode internet

foto: gle.co9to5goom

Cara aktifkan dark mode Chrome di Windows, iOS, macOS, & Android

Beberapa waktu belakangan ini, beberapa aplikasi menghadirkan dark mode. Mulai dari Instagram, Twitter, WhatsApp dan lainnya. Menariknya, fitur ini disukai banyak pengguna smartphone baik iOS maupun Android. Tak sedikit yang mencari tahu bagaimana cara menggunakannya. Pasalnya tak semua software mendukung fitur ini.

Bagi pengguna Android, fitur ini baru bisa dipakai jika sudah update ke software Android 9 atau 10. Fitur dark mode disukai lantaran memberikan nuansa baru bagi si pengguna. Selain itu dari mode juga membuat mata tidak sakit dan kemampuan membaca teks pun menjadi lebih baik.

Mode gelap merupakan salah satu fitur populer untuk dimiliki oleh suatu aplikasi. Selain bisa menyejukkan mata, fitur ini ternyata juga bisa menghemat baterai. Bagi kamu yang selama ini mencari bagaimana cara mengaktifkan dark mode pada Chrome di Windows, iOS, macOS dan Android, berikut beberapa langkah mudahnya, seperti yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (6/2).

1. Dark mode Google Chrome di Windows 10.

Cara yang perlu kamu lakukan cukup mudah, pertama pilih Setting > Personalization > klik Colors > gulir ke bawah pada sakelar bertanda "Choose your default app mode". Kamu tinggal mengubahnya menjadi dark mode dan kamu bisa lihat sendiri, semua aplikasi yang memiliki bawaan dark mode, termasuk Google Chrome, akan berubah warna.

2. Dark mode macOS.

Cara yang satu ini juga sangat mudah, pertama buka System Preferences > klik General > pilih Appearance. Kemudian kamu tinggal pilih opsi dark. Sama halnya dengan Windows, semua aplikasi yang memiliki fitur dark mode bawaan akan berubah secara otomatis, termasuk Google Chrome.

3. Dark mode iOS.

Pertama yang harus kamu lakukan adalah buka Setting > General > Accessibility > Display accomodations. Kemudian ketuk toggle Classic Invert untuk mengubah warna situs menjadi gelap.

Dark mode Google Chrome di Android.

Untuk mengaktifkan dari mode Google Chrome di Android terbilang cukup mudah. Pertama masukkan alamat chrome://flags di bilah alamat browser. Lalu ketuk kotak Search Flags dan masukkan kata Dark. Kamu akan menjumpai dua opsi, yaitu Android web contents dark mode dan Android Chrome UI dark mode.

Jika kamu memilih opsi pertama, maka Chrome akan mendeteksi apakah situs telah membuat versi gelap dan memilihnya secara otomatis. Jika memang versi gelap belum tersedia, maka situs akan kembali normal.

RECOMMENDED BY EDITOR