Brilio.net - Layanan aplikasi perpesanan dan media sosial, WhatsApp, Facebook dan Instagram kini kembali berangsur normal. Butuh berjam-jam bagi Facebook untuk memulihkan layanannya yang tumbang secara global itu. WhatsApp menjadi aplikasi perpesanan yang pulih terakhir.

The Verge menulis, Facebook butuh waktu setidaknya 6 jam untuk memperbaiki Facebook, Instagram, dan WhatsApp down. Verge mencatat bahwa ini merupakan gangguan terparah yang dialami Facebook, Instagram, dan WhatsApp sejak 2019. Saat itu layanan Facebook down lebih dari 24 jam.

Saat melakukan perbaikan, tes server ISP DNS melalui DNSchecker.org memperlihatkan sebagian pihak Facebook berhasil menemukan rute ke Facebook.com pada pukul 17.30 sore waktu Amerika Serikat.

Beberapa menit kemudian, layanan Facebook dan Instagram kembali normal. Karena perbaikannya butuh waktu, baru sekitar pukul 05.30 WIB waktu Indonesia, Facebook dan Instagram kembali online.

Sementara itu, Facebook melalui akun Twitter @Facebook mengungkapkan permohonan maaf atas tumbangnya layanan selama berjam-jam.

"Kepada komunitas orang dan bisnis di seluruh dunia yang bergantung pada layanan kami, kami meminta maaf. Kami bekerja sangat keras untuk mengembalikan akses ke aplikasi-aplikasi dan layanan kami. Dan kami dengan bahagia melaporkan layanan dan produk kami kembali online sekarang. Terima kasih masih terus bersama kami, " kata pihak Facebook lewat cuitan.

Begitu juga dengan Instagram yang mengumumkan layanannya kembali normal melalui Twitter. "Instagram pelan-pelan tetapi pasti, telah kembali. Terima kasih karena telah bersama kami dan mohon maaf membuat (pengguna) menunggu," kata mereka melalui cuitan akun @InstagramComms.

WhatsApp merupakan layanan yang terakhir normal. Pihaknya juga mengumumkan ke pengguna saat layanannya kembali normal, satu jam setelah Facebook dan Instagram mencuit.

"Meminta maaf kepada semua pengguna yang tidak bisa memakai WhatsApp hari ini. Kami mulai pelan-pelan untuk membuat WhatsApp kembali lagi. Terima kasih atas kesabarannya. Kami akan terus memberikan update saat sudah ada informasi lebih untuk dibagikan," cuitnya.