Brilio.net - Jika Sobat Brilio bingung hendak update ke MacOS versi terbaru MacOS 12 Monterey atau tidak, mungkin kalian harus berpikir matang-matang. Sebab, beberapa laporan mengenai rusaknya komputer Mac setelah update ke versi terbaru terbilang banyak.

Menurut MacRumors, banyak kendala yang dilaporkan dari pengguna Apple Support Communities bahwasanya Mac mereka langsung mati sendiri saat proses mengunduh proses update, bahkan tidak bisa dihidupkan ulang atau restart.

Salah satu pengguna mengatakan keluhannya dalam forum Apple, "Aku sedang melakukan pembaruan perangkat pada MacBook Pro 2018 ku. Semua berjalan dengan lancar sampai suatu saat layar tiba-tiba mati. Bahkan tidak mau menyala lagi."

Selain itu, kebanyakan pengguna Mac berspekulasi bahwa isu ini dikarenakan Intel-based yang diusung pada perangkat Mac terbatas, yang berarti perangkat lain malah kemungkinan tak kuat untuk di-upgrade ke MacOS versi terbaru tersebut. Tahun lalu pun ada isu yang sama mengenai MacOS Big Sur yang merugikan banyak orang juga.

Bagaimana cara mengatasi perangkat Mac yang stuck saat melakukan update?

Solusi terbaik yang bisa dilakukan pengguna laptop Apple yang perangkatnya stuck saat melakukan proses update MacOS Monterey adalah dengan membawa laptop mereka ke Apple Store terdekat. Selain tidak ribet, pengguna juga bakal mengetahui informasi lebih lanjut mengenai MacOS Monterey.

Meski begitu, bila ada effort untuk memperbaiki sendiri, ada sebuah cara yang bisa dilakukan. Menurut salah satu pengguna Apple Support Communities, rusaknya Intel-based pada Mac bisa diatasi dengan melakukan boot ke perangkat lain yang sedang menjalankan sistem operasi atau OS terbaru. Metode ini memerlukan penggunaan Apple Configurator 2 untuk memperbarui firmware pada Intel-based pada Mac yang rusak pada T2 Security Chip.

Karena tak semua customer memiliki dua sistem operasi, pegawai Apple Store bakal membantu memperbaiki isu ini. Namun perlu diperhatikan bahwasanya jika proses menyalakan kembali atau restart MacOS gagal, pengguna harus melakukan restore Mac mereka menggunakan Apple Configurator 2, di mana hal ini akan menghapus memori internal.

Untuk itu, sebelum melakukan update ke MacOS Monterey, pengguna setidaknya harus melakukan back up file dari Mac ke memori eksternal menggunakan Time Machine. Hal tersebut demi mencegah hilangnya file pada perangkat Mac mereka.