Brilio.net - Setelah melalui tahap uji coba beberapa waktu lalu, kini pengguna Twitter sudah bisa menggunakan fitur baru Spaces di sistem operasi Android dan iOS. Seperti diketahui, Spaces memungkinkan pengguna untuk meng-host dan berbagi acara, konten, atau pengalaman mereka lewat suara.

Melalui Spaces, pengguna bisa mengadakan seminar atau acara menarik lainnya. Pengguna juga bisa menjual tiket lewat fitur Ticketed Spaces untuk meraup uang. Siapa pun bisa bergabung, mendengarkan, dan berbicara di Spaces.

Untuk memanfaatkan fitur ini, pengguna harus memiliki setidaknya 300 pengikut. Sebagaimana dikutip brilio.net dari laman resmi Twitter, Jumat (22/10), untuk saat ini semua Spaces bersifat publik seperti Tweet yang berarti bisa diakses oleh siapa saja.

"Waktunya telah tiba - kami sekarang meluncurkan kemampuan untuk semua orang di iOS dan Android untuk menyelenggarakan Space. Jika ini adalah pertama kalinya Anda menjadi tuan rumah, selamat datang! Inilah penyegaran tentang caranya," tulisnya di akun TwitterSpace.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Pengguna yang ingin bergabung dalam sebuah acara akan secara otomatis melihat adanya Spaces di bagian atas timeline. Karena Spaces dapat diakses secara publik oleh siapa saja, orang bisa mendengarkannya tanpa terdaftar sebagai tamu di Spaces.

Jika kamu penasaran dengan fitur ini dan ingin mencobanya, kamu bisa mengundang orang untuk bergabung dengan mengirimkan undangan melalui DM, menge-Tweet tautan ke Timeline beranda, atau menyalin tautan undangan untuk mengirimkannya.

Untuk mengetahui cara memulai sebuah acara lewat fitur Spaces, perhatikan caranya berikut seperti dilansir oleh brilio.net dari akun resmi @TwitterSpaces.

Twitter rilis Spaces untuk pengguna Android dan iOS, ini cara pakainya Twitter Spaces

foto: Twitter Spaces

1. Buka aplikasi WhatsApp seperti biasa.

2. Buat posting baru dengan mengklik tombol berbentuk lingkaran biru dengan ikon tanda plus.

3. Setelah itu akan muncul opsi membuat cuitan baru, GIF, mengupload foto, atau membuat Spaces.

4. Pilih Spaces dengan logo titik biru berbentuk segitiga.

5. Setelah membaca informasi dan mengklik "Got It," masukkan nama atau tema acara di kolom Name your Space.

6. Kemudian pilih topik yang sesuai dengan acara. Akan ada Business & finance, Music, dan Sports.

7. Jika sudah, tinggal klik tombol Start your Space.

8. Setelah itu kamu akan dialihkan ke halaman baru di mana kamu bisa melihat daftar pengikutmu yang bergabung di acara tersebut.

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/pep)