Brilio.net - Setelah melakukan pembaruan pada Twitter Spaces, kini Twitter kembali memberi kabar gembira dengan adanya fitur baru bernama Tips. Fitur Tips ini sebenarnya sudah dirilis Mei lalu, namun kala itu hanya untuk pengguna di Amerika Serikat.

Dalam waktu, fitur Tips ini akan bisa dinikmati oleh pengguna di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tentu saja ini merupakan kabar baik, terutama bagi content creator.

Terus fungsi fitur itu untuk apa? Nah, fitur Tips ini memungkinkan pengguna yang berprofesi sebagai kreator konten untuk menghasilkan uang dari follower mereka. Menariknya lagi, fitur ini tidak hanya hadir untuk pengguna iOS, tetapi juga Android.

"Kami akan meluncurkan Tips bagi pengguna iOS terlebih dahulu, kemudian pada pengguna Android dalam beberapa minggu mendatang," ungkap Esther Crawford dalam pengumuman yang dikutip dari blog resminya Blog Twitter.

Twitter luncurkan fitur 'Tips', konten kreator bisa dapat cuan berbagai sumber

foto: Twitter/@AmitHPanchal

Jadi dengan adanya fitur Tips ini, kamu bisa mengapresiasi atau memberi dukungan kepada kreator konten yang kamu sukai. Atau jika kamu adalah seorang kreator konten, kamu bisa mendapatkan uang dari followers-mu karena mereka mendukung talentamu.

Twitter luncurkan fitur 'Tips', konten kreator bisa dapat cuan berbagai sumber

foto: Twitter/@AmitHPanchal

Terus seperti apakah fitur Tips itu? Ketika kamu mengunjungi suatu akun dan melihat ada ikon uang kertas di sebelah tombol "Following," saat ini kamu bisa tahu kalau akun tersebut bisa di-Tips.

Saat fitur ini diklik, pengguna bisa langsung memilih platform pembayaran yang akan digunakan untuk pengiriman uang. Untuk layanannya sendiri, saat ini Twitter baru menyediakan platform pembayaran seperti Bandcamp, Cash App, Chipper, Patreon, PayPal, Razorpay, Wealthsimple Cash, dan Venmo. Yang paling baru ditambahkan antara lain GoFundMe (platform penggalangan dana secara daring) dan PicPay (platform pembayaran seluler Brasil).

Usai mengklik layanan yang ingin kamu gunakan, kamu akan langsung dialihkan dari Twitter ke aplikasi yang dipilih untuk mengirimkan uang. Twitter tidak mengambil bagian dari dana yang diberikan oleh pemberi tip.

Perlu diketahui juga, untuk menggunakan fitur ini atau mengaktifkan fitur Tips di profil, Twitter mengharuskan pengguna berusia 18 tahun ke atas dan mematuhi segala peraturan dan kebijakan umum dari fitur Tips.