Brilio.net - Salah satu media sosial yang digemari masyarakat, Twitter, melakukan perubahan pada penggunaan jenis font. Media sosial dengan logo burung putih ini menggulirkan font baru bernama Chirp pada aplikasi maupun versi web-nya.

Pengguna yang biasa scrolling lini masa Twitter pasti melihat ada sesuatu yang berbeda dengan tulisan-tulisan yang tampil di Twitter. Dilansir dari The Verge, Kamis (12/8) informasi soal perubahan font Twitter ini sebelumnya sudah diumumkan Twitter melalui akun resmi mereka.

Uniknya, sebagian besar pengguna sudah melihat perubahan font di aplikasi Twitter mereka, namun ada sebagian lainnya yang belum merasakan perubahan font ini. Twitter merinci, font Chirp merupakan salah satu bagian dari penyegaran brand mereka.

"Chirp menyeimbangkan antara tampilan yang terlihat acak-acakan dan tajam untuk memperkuat kesenangan sekaligus ketajaman sebuah tweet. Namun (font) Chirp juga membawa keseriusan saat dibutuhkan," kata Twitter dalam unggahan blog-nya.

Saat itu, Twitter menggunakan font Chirp untuk materi promosi dan grafik. Namun, font ini belum terlihat di feed atau ketika menavigasi aplikasi.

Twitter ganti font baru untuk aplikasi dan website © berbagai sumber

foto: Liputan6.com

Direktur Kreatif Global Brand Twitter Derrit DeRouen pada Januari lalu mengatakan, merupakan "keinginan pribadinya" untuk menjadikan Chirp sebagai font default untuk produk Twitter. Saat itu DeRouen tak menyebut kapan perusahaan akan menggulirkan penggunaan font Chirp pada seluruh pengguna.

Font baru Twitter ini juga memiliki keunikan, di mana pengguna bisa men-tweet logo Twitter jika mereka mengetikkan [CHIRPBIRDICON] di kolom status. Di aplikasi Twitter versi Android, hal ini sudah bisa dilakukan, begitu juga dengan di Twitter web.

Menurut Twitter, font bukanlah satu-satunya perubahan dalam tampilan Twitter. "Kami juga memperbarui warna dengan kontras yang lebih tinggi dan jauh lebih biru. Perubahan ini dibuat untuk menarik perhatian pada foto dan video yang Anda bagikan," kata Twitter dalam utas yang diunggahnya.

Twitter ganti font baru untuk aplikasi dan website © berbagai sumber

foto: Liputan6.com

Perusahaan berjanji meluncurkan warna baru dalam waktu dekat. Disebutkan pula, mereka yang sudah berlangganan layanan premium Twitter Blue sudah bisa mengubah warna aplikasi dan mengubah warna ikon aplikasi, namun layanan premium ini baru tersedia untuk pengguna iOS di Kanada dan Australia.

Bukan hanya itu, selain mengubah font, Twitter juga mengubah tampilan tombol Follow. Kini ketika pengguna telah mengikuti sebuah akun, latar belakang tombol Follow berwarna putih, sementara ketika belum mengikuti sebuah akun, tulisan Follow hadir dengan background hitam.

Ini merupakan kebalikan dari cara kerja tombol Follow yang sebelumnya, jadi pengguna perlu berhati-hati agar tidak salah meng-unfollow sebuah akun.

Warganet yang menyadari bahwa font Twitter mereka berubah pun kaget dan bertanya-tanya apakah perubahan font ini hanya dialami dirinya atau semua orang.

Perubahan font Twitter menjadi Chirp pun membuat linimasa Twitter ramai. Kata "Font" dan "Berubah" bahkan sempat menjadi trending topic di linimasa Twitter Indonesia.

Twitter ganti font baru untuk aplikasi dan website © berbagai sumber

foto: Twitter/@junshualogy

"Day by day, Twitter makin berubah," cuit @mnabylaaa.

"Wait wait wait..kok font type Twitter gue berubah?" tanya @dinasimbolon_.

"Wait is it just me or font twitter berubah..?" tulis @junshualogy.

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR