Brilio.net - Sebagai operator telekomunikasi yang banyak digunakan anak muda, PT Hutchison 3 Indonesia (3 Indonesia) terus berupaya meningkatkan kualitas layanan demi pelanggan yang akan menikmati perjalanan mudik ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Maklum, pelanggan 3 Indonesia yang mayoritas adalah anak muda, aktif menggunakan internet untuk streaming video, musik, game online dan sosial media saat malam hari seusai sholat Tarawih, pagi hari saat sahur, juga saat menempuh perjalanan mudik.

Selama ini 3 Indonesia mempersiapkan perluasan kapasitas dan cakupan jaringan sejak awal tahun. Upaya ini sebagai bagian dari ekspansi agresif 3 Indonesia membangun 8.000 sites 4G di tahun 2019. Lebih dari 50% dari total sites tersebut telah dibangun di Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. Tambahan sites ini diperkirakan mampu menampung lonjakan trafik hingga 140%.

Dengan upaya ekspansi dan optimalisasi kapasitas ini, maka pengalaman berinternet pelanggan 3 Indonesia akan semakin baik khususnya di  kota-kota yang menjadi tujuan mudik, lokasi wisata dan titik layanan umum seperti pelabuhan laut dan udara, stasiun kereta api serta terminal bis. Untuk mendukung perjalanan mudik jalur darat, jaringan 3 Indonesia telah tersedia di sepanjang jalan tol Merak–Probolinggo dan ditingkatkan kapasitasnya dengan penambahan sejumlah mobile BTS.

Selain itu 3 Indonesia juga telah melakukan transformasi core network system yang tersebar di 19 kota sehingga pengaturan trafik komunikasi data 3 tidak terpusat. Dengan diberlakukannya sistem ini memudahkan bagi kami untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan internet 3, memperluas kapasitas serta menyeimbangkan kapasitas jaringan dengan lancar.

“Sehingga  pelanggan 3 dapat mengakses mobile games, Instagram, Facebook, aplikasi  instant messaging dengan lebih cepat,” papar Chief Technology Officer 3 Indonesia Desmond Cheung, baru-baru ini.   

Pengiriman ucapan Hari Raya Idul Fitri lewat akun sosial media dan instant messenger juga diprediksi bakal meningkat mulai H-3. “Pelanggan 3 Indonesia tetap bisa menikmati perjalanan mudik. Menghilangkan kejenuhan dengan bermain game online, mengunduh video perjalanan atau hal menarik lainnya di ponsel,” tutup Desmond.