Brilio.net - Di saat data internet menyala terkadang aplikasi dari game Android akan update secara otomatis tanpa ada notifikasi. Tentu hal ini akan ada dampak negatif dan dampak positifnya. Salah satu dampak positifnya maka tidak perlu repot untuk download ulang aplikasi Android agar mendapatkan versi terbaru. Namun, dampak negatifnya tentu saja akan menghabiskan kuota internet.

Tidak perlu ribet, mengatasi masalah aplikasi yang auto update ini nggak perlu menggunakan software apapun untuk menghentikannya. Cukup mudah, seperti yang dibahas oleh situs indotimes.net, caranya hanya perlu melakukan settingan pada ponselmu dan nantinya aplikasi Android tidak update sendiri.

cara menghentikan update otomatis aplikasi android © Istimewa

foto: Istimewa

Nah, bagi kamu yang masih belum tahu, maka berikut tips menghentikan update otomatis aplikasi Android yang telah brilio.net himpun dari berbagai sumber, Minggu (22/1).

Dua cara menghentikan update otomatis aplikasi Android

Cara menghentikan update otomatis aplikasi Android ini ada dua cara pilihan, yaitu dengan otomatis ke semua aplikasi dan dengan cara satu persatu.

Cara menonaktifkan dengan Google Play Store.

1. Pastikan memiliki kuota dan data internet "on".
2. Lalu buka aplikasi Google Play Store dan buka tombol menu tab.
3. Kemudian pilih menu “setelan”.
4. Lalu pilih perbarui aplikasi secara otomatis dan nantinya akan muncul jendela pop up.
5. Terakhir, centang opsi paling atas yaitu jangan perbarui aplikasi Android secara otomatis.

Cara menghentikan secara manual.

Tips menghentikan update otomatis aplikasi Android yang kedua adalah dengan menghentikan secara manual. Misalnya salah satu Android yang sering auto update adalah aplikasi game. Nah, apabila kamu pernah mendownload aplikasi game dan aplikasi ini setiap harinya melakukan pembaruan maka kamu dapat menghentikan update tersebut. Dilansir dari laman bestproduct.id, berikut adalah cara menghentikan update secara manual.

1. Membuka aplikasi Google Play Store lalu pilih tab menu “Aplikasi Saya”.
2. Lalu pilih aplikasi yang ingin diberhentikan update otomatisnya.
3. Setelah memilih aplikasi tadi, lalu klik aplikasi yang terpasang dan lihatlah pada bagian pojok kanan atas, kemudian klik icon seperti sama dengan.
4. Nantinya akan ada kotak box yang bertuliskan “perbarui otomatis” nah jangan centang bagian tersebut.

Itulah dua cara menghentikan update otomatis aplikasi Android dengan menyetel pengaturan seperti ini, maka kamu dapat menghemat kuota internet. Akan tetapi jika kamu sangat suka dengan salah satu aplikasi dan tidak mau ketinggalan updatenya, maka silahkan pilih opsi yang kedua dan centang perbarui otomatis. Karena nantinya aplikasi akan bekerja untuk memperbarui secara berkala.