Brilio.net - Instagram adalah salah satu aplikasi media sosial yang sering digunakan oleh banyak orang. Tidak hanya muda-mudi, orang dewasa juga banyak yang menggunakan aplikasi yang satu ini.

Penggunaan aplikasi Instagram juga tidak hanya sebagai salah satu aplikasi untuk bermedia sosial. Banyak yang menggunakan aplikasi ini untuk menjalankan bisnis yang mereka miliki seperti memasarkan produk, melakukan endorsement, dan lain-lain.

Dalam menggunakan aplikasi rancangan Kevin Systrom dan Mike Krieger ini sering kali terdapat beberapa masalah yang dihadapi, terutama ketika akan login. Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut brilio.net merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (17/3), penyebab tidak bisa masuk aplikasi Instagram dan cara mengatasinya.

Penyebab aplikasi Instagram tidak bisa dibuka.

Penyebab dan cara mengatasi tidak bisa masuk Instagram play.google.com

foto: play.google.com

Instagram merupakan aplikasi yang sangat mudah untuk digunakan. Kamu hanya perlu memasukkan username dan password yang benar untuk dapat mulai menggunakan aplikasi ini. Namun dalam kenyataannya sering terjadi beberapa gangguan yang dialami saat menggunakan aplikasi ini.

1. Gangguan koneksi internet.

Instagram membutuhkan koneksi internet yang stabil untuk dapat mengaksesnya dengan lancar. Tidak hanya ketika sudah login pada aplikasi ini, namun ketika kamu ingin login, pastikan dulu bahwa koneksi internet yang kamu miliki sudah stabil.

Gangguan ini yang seringkali menyebabkan kamu gagal login ke dalam aplikasi Instagram meski username dan password yang kamu ketikkan sudah benar.

2. Versi aplikasi yang lama.

Selain gangguan koneksi internet, versi aplikasi Instagram yang lama juga dapat menghambat kamu untuk melakukan login pada aplikasi ini.

Sebelum menggunakan Instagram, kamu perlu memastikan bahwa aplikasi yang kamu gunakan adalah aplikasi terbaru, atau setidaknya satu versi lebih lama daripada aplikasi versi terbaru.

Cara mengatasi tidak bisa masuk aplikasi Instagram.

Penyebab dan cara mengatasi tidak bisa masuk Instagram play.google.com

foto: play.google.com

Untuk mengatasi permasalahan ini, kamu dapat melakukan cara berikut ini agar kamu dapat kembali login ke dalam aplikasi Instagram yang ada di perangkat yang kamu gunakan.

1. Periksa ulang koneksi internet.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa internet merupakan salah satu faktor yang memiliki peran penting untuk masuk pada aplikasi Instagram. Kamu perlu memeriksa koneksi internet pada perangkat yang kamu gunakan.

Kamu dapat mematikan dulu koneksi internet pada perangkat yang kamu gunakan lalu menyalakannya lagi. Selanjutnya kamu dapat mencoba kembali untuk masuk ke dalam aplikasi Instagram.

2. Pastikan username dan password benar.

Selain koneksi internet, username dan password juga merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan untuk membuka aplikasi Instagram.

Kamu perlu memastikan ulang bahwa username dan password yang kamu ketikkan saat akan login sudah benar dan sesuai.

3. Restart ulang perangkat yang digunakan.

Faktor lain yang dapat menyebabkan kamu tidak bisa login pada aplikasi Instagram adalah masalah yang ada pada perangkat yang kamu gunakan.

Jika sebelum membuka Instagram kamu menggunakan perangkat yang kamu miliki untuk keperluan yang berat seperti bermain game, ada kemungkinan error yang dihasilkan dari proses tersebut. Oleh karena itu penting untuk merestart perangkat yang kamu gunakan sebelum login kembali pada aplikasi Instagram.

4. Hapus cache aplikasi Instagram.

Selama penggunaannya, setiap aplikasi menghasilkan cache dari proses penggunaan aplikasi tersebut. Seringkali cache yang ada pada suatu aplikasi menimbulkan masalah seperti tidak bisanya aplikasi tersebut untuk dibuka.

Kamu bisa menghapus cache yang ada pada aplikasi Instagram untuk membersihkan aplikasi ini dan mencoba untuk login kembali.

5. Perbarui versi aplikasi.

Versi aplikasi yang lama juga dapat menghambat kamu dalam melakukan login pada aplikasi Instagram. Selain tidak tersedianya berbagai fitur terbaru pada aplikasi Instagram, versi aplikasi lama juga dapat menyebabkan masalah seperti gagal login.

Sebelum login ke dalam aplikasi Instagram, kamu perlu memastikan bahwa aplikasi yang kamu gunakan merupakan versi terbaru atau paling tidak satu versi lebih lama dibanding versi terbaru.

6. Coba login menggunakan perangkat lain.

Kamu dapat menggunakan perangkat lain untuk mencoba login pada aplikasi Instagram dengan username dan password yang biasa kamu gunakan.

Jika pada perangkat lain akun Instagram yang kamu miliki dapat terbuka, ada kemungkinan yang bermasalah bukan pada aplikasi Instagram yang ada di perangkat sebelumnya, namun memang perangkat yang kamu gunakan yang bermasalah.

7. Instal ulang aplikasi Instagram.

Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah menginstal ulang aplikasi Instagram pada perangkat yang kamu gunakan.

Dengan melakukan instalasi ulang pada sebuah aplikasi, biasanya masalah yang ditimbulkan akan hilang berkat penggunaan aplikasi yang baru.

8. Buka website Down Detector.

Selain solusi di atas, bisa jadi gagal login pada aplikasi Instagram yang kamu miliki disebabkan oleh sistem yang sedang bermasalah.

Kamu dapat mengunjungi situs untuk mengecek suatu aplikasi seperti Down Detector untuk memastikan bahwa aplikasi Instagram yang ingin kamu gunakan mengalami masalah atau tidak.

(brl/tin)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/tin)