Brilio.net - Asus telah meluncurkan produk smartphone terbarunya di India dengan nama Asus 8z. Sebelumnya mereka akan mengeluarkan seri ini dengan nama Zenfone 8 pada Agustus lalu. Namun tidak diketahui pasti, kenapa Asus mengubah nama tersebut, dan memberikan varian penyimpanan RAM yang lebih sedikit.

Asus 8z menghadirkan layar tipe Super AMOLED berukuran 5,9 inci. Layar tersebut memiliki aspek rasio sebesar 20:9, dengan kualitas FHD+ 1080 x 2400 pixel, mencapai refresh rate hingga 120Hz, dan kecerahan mencapai 1,100 nits, HDR10, HDR10+. Selanjutnya Asus juga mempercayakan perlindungan layar dari Corning Gorilla Glass Victus. Membuat perangkat ini tahan banting.

Telah rilis Asus 8z alias Zenfone 8, ini spesifikasi dan harganya © gizmochina.com

foto: gizmochina.com

Pada sisi kiri atas layar terdapat kamera selfie dengan teknologi Sony IMX 663 dengan lensa 12 MP f/2.2. Sedangkan untuk kamera utama memiliki lensa 64 MP Sony IMX 686, f/1.8, dengan dukungan 4-axis OIS. Disertai kamera ultra wide dari Sony IMX 363 12 MP. Kedua kamera tersebut mampu merekam video kualitas 8k, dan kemampuan pengambilan video slow motion hingga 4K UHD dengan kecepatan frame 120fps.

Untuk bagian dapur pacu, Asus 8z memberikan chipset Snapdragon 888 dari Qualcomm. SoC tersebut didukung oleh RAM LPDDR5 sebesar 8 GB, dan penyimpanan internal 128 GB, UFS 3.1. Namun pada perangkat ini tidak memberikan slot untuk memori eksternal microSD. Kemudian Asus akan menghadirkan sistem OS Android 11, dan Zen UI terbaru yang dioperasikan pada seri 8z.

Telah rilis Asus 8z alias Zenfone 8, ini spesifikasi dan harganya © gizmochina.com

foto: gizmochina.com

Asus 8z akan memiliki dukungan konektivitas dual SIM, dan jaringan 5G. Selain itu juga terdapat fitur Wi-Fi 6, Bluetooth 5.2, GPS, dan port USB-C. Asus juga memberikan dual stereo speaker yang jernih, dan 3.5 mm audio jack.

Baterai yang tertanam pada Asus 8z memiliki daya sebesar 4000 mAh. Dengan daya baterai tersebut, penggunaan perangkat dengan waktu lama dapat di support dengan baik. Kemudian smartphone ini juga didukung oleh pengisian daya cepat sebesar 30 Watt.

Telah rilis Asus 8z alias Zenfone 8, ini spesifikasi dan harganya © gizmochina.com

foto: gizmochina.com

Asus 8z dibanderol dengan harga 42.999 rupe, jika dirupiahkan sekitar Rp 8,2 juta. Smartphone ini akan tersedia dengan dua pilihan warna, yaitu Obsidian Black dan Horizon Silver. Ponsel ini dapat dibeli pada 7 Maret mendatang.