Brilio.net - Kamu pasti pernah menemukan foto pemandangan kota malam hari saat berselancar di Instagram. Berhiaskan pendar cahaya gedung, kendaraan yang berlalu-lalang, bahkan sinar rembulan, potret pemandangan kota bisa bikin kamu terpukau. Potret ini biasa disebut foto cityscape. Kamu penasaran nggak sih, cara menghasilkan foto cityscape ciamik?

Umumnya, fotografer menggunakan kamera profesional untuk mendapatkan pemandangan kota yang memukau. Ada pengaturan khusus di kamera profesional untuk menghasilkan efek-efek tertentu. Misalnya pada foto cityscape malam hari yang menunjukkan efek garis-garis lurus cahaya dari sinar lampu kendaraan.

Semua itu bisa dipelajari. Bahkan kamu bisa memanfaatkan kamera smartphone untuk menghasilkan foto cityscape yang menawan. Berikut tipsnya yang Brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (21/1).

1. Memilih alat yang mumpuni.

Suka hunting foto cityscape malam hari? 7 tips ini bikin karyamu apik berbagai sumber

Loading...

foto: Instagram/@oppoindonesia

Peralatan utama hunting foto cityscape saat malam hari nggak harus kamera profesional. Misalnya kamu lagi pulang kerja atau jalan-jalan menyusuri kota, lantas menemukan objek apik buat difoto, manfaatkan saja smartphone di saku. Kamu tinggal cari angle yang pas untuk membidik pemandangan kota. Misalnya mau membidik lorong jembatan penyeberangan orang (JPO) atau gedung berarsitektur unik, ambil posisi di mana baiknya angle yang pas.

Kamu bisa memanfaatkan kamera smartphone yang andal di kelasnya. Smartphone dengan fitur kamera Ultra-clear 108MP Image seperti Oppo Reno5 bisa membantumu menghasilkan gambar istimewa. Sebagai informasi, Oppo Reno5 dibekali empat kamera yakni 64MP Main Camera F1.7, 8MP Ultra-wide angle Camera F2.2, 2MP Macro Camera F2.4, dan 2MP Mono Camera F2.4. Ditambah fitur Ultra-clear 108MP Image, hasil jepretannya menawarkan hingga 108 megapiksel per foto, lho. Nggak heran, meski diperbesar beberapa kali, foto yang dihasilkan tetap jelas, detail, dan jernih.

Oppo Reno5 juga dibekali mode malam atau night mode untuk mengoptimalkan pengambilan foto pada malam hari. Hasil fotonya akan lebih jernih dengan keseimbangan exposure yang lebih bagus daripada mode biasa. Noisenya juga jauh lebih rendah dan detail gambar masih terbaca jelas menggunakan night mode di Oppo Reno5.

2. Menjaga kamera tetap stabil.

Suka hunting foto cityscape malam hari? 7 tips ini bikin karyamu apik berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Menjaga kestabilan kamera saat membidik objek memiliki peran penting agar hasil foto nggak ngeblur. Bagusnya sih, kamu mempersiapkan tripod atau stabilizer saat hunting foto cityscape. Andaikata nggak sempat mempersiapkan penstabil kamera, pastikan tanganmu nggak goyang saat membidik.

Kebanyakan saran mengatakan, posisikan kedua siku tangan dekat dengan dada ketika memegang smartphone. Dengan menjadikan tubuh sebagai sandaran, kemungkinan besar kamu lebih mantap memegang smartphone saat memotret. Sebaliknya, saat siku merenggang atau menjauhi dada, kemungkinan tanganmu bergetar atau goyang juga semakin besar.

3. Memanfaatkan sumber-sumber cahaya.

Suka hunting foto cityscape malam hari? 7 tips ini bikin karyamu apik berbagai sumber

foto: Instagram/@arieslukman via Instagram/@oppoindonesia

Kelebihan memotret malam hari adalah bisa menangkap sumber-sumber cahaya yang justru mempercantik objek foto. Saat membidik lanskap kota pada malam hari, cahaya-cahaya dari lampu kendaraan maupun gedung-gedung pencakar langit akan memberi kesan kuat dan indah pada hasil foto.

Andaikata kamu ingin membidik objek yang cakupannya lebih sempit, misalnya bangunan tertentu, coba cari sumber cahaya yang menarik perhatian. Contohnya saat ingin memotret pemandangan di Alun-alun Selatan Yogyakarta, cobalah membidik objek yang menjadi sumber cahaya seperti becak atau sepeda lampu. Dengan begitu, fotomu akan memiliki fokus objek yang hendak ditonjolkan.

4. Menjajal fitur night flare portrait untuk menghasilkan efek bokeh alami.

Suka hunting foto cityscape malam hari? 7 tips ini bikin karyamu apik berbagai sumber

foto: Instagram/@iw.wm via Instagram/@oppoindonesia

Salah satu hasil foto cityscape yang menawan adalah potret dengan efek bokeh. Misalnya memotret objek manusia dengan latar belakang pendar cahaya kota yang disamarkan atau dibikin blur. Untuk menghasilkan foto ciamik ini smartphone Oppo Reno5 juga bisa, lho.

Fitur night flare portrait pada smartphone yang dipersenjatai Qualcomm® Snapdragon™ 720G tersebut, mampu memberikan sentuhan cahaya dramatis pada potret malam. Cahaya bokeh yang dihasilkan semakin menyempurnakan tingkat kecerahan dan fokus sehingga foto memiliki efek bokeh cantik dan alami.

5. Mencoba ultra dark mode.

Suka hunting foto cityscape malam hari? 7 tips ini bikin karyamu apik berbagai sumber

foto: Instagram/@arieslukman via Instagram/@oppoindonesia

Masih nggak puas dengan hasil bidikan cityscape malam hari setelah utak-atik smartphone maupun pakai fitur night flare portrait? Tipsnya simple banget. Kamu perlu mencoba fitur ultra dark mode yang menawarkan cahaya sempurna pada malam hari.

Fitur yang diusung Oppo Reno5 ini mampu menangkap objek yang bahkan hampir tak terlihat mata telanjang, lho. Menariknya, mode fitur ini akan berjalan otomatis di lingkungan yang sangat gelap. Wah, saat hunting foto cityscape, nggak ada salahnya mencoba fitur ini dong, ya.

6. Jangan lupakan rule of third.

Suka hunting foto cityscape malam hari? 7 tips ini bikin karyamu apik berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Rule of third merupakan teknik kunci dalam fotografi yang menghasilkan komposisi foto sempurna. Tips komposisi yang membagi ruang frame foto menjadi sembilan bagian sama besar ini menempatkan objek di titik perpotongan antara dua garis horisontal dan dua garis vertikal. Titik ini membuat objek foto sebagai fokus utama bidikan.

Baik di kamera profesional maupun smartphone sudah ada pengaturan rule of third. Kamu bisa mengaturnya kapan pun kamu mau demi menghasilkan foto cityscape yang menawan.

7. Coba banyak angle saat pengambilan foto.

Suka hunting foto cityscape malam hari? 7 tips ini bikin karyamu apik berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Tips umum yang wajib kamu praktikkan saat hunting foto apa pun, termasuk cityscape, adalah jangan ragu memotret dengan banyak angle. Kamu bisa mengeksplor keindahan kota dari sisi mana pun.

Jangan ragu juga hunting foto benda yang bergerak sangat cepat, seperti kendaraan yang memancarkan sinar lampu. Kalau mengandalkan smartphone Oppo Reno5, kamu bisa memanfaatkan fitur Image-clear Engine (ICE) untuk mengabadikannya.

Fitur yang diusung smartphone dengan ukuran 6.4 inchi ini bisa membidik subjek bergerak maupun pengambilan gambar secara cepat. Hasil foto pun nggak main-main detail dan jernihnya. Jadi, Sobat Brilio mau ambil foto mobil bergerak, anak-anak bermain, sampai event olahraga, bisa memanfaatkan fitur Oppo Reno5 ini.

Dengan segala fitur kameranya yang bisa dikatakan selevel kamera profesional, Oppo Reno5 bisa jadi andalanmu berburu foto cityscape malam hari. Buat kamu yang penasaran, jangan ketinggalan pre-order hingga hari ini, Kamis (21/1) di Shopee. Oppo Reno5 akan dirilis perdana pada Jumat (22/1). Info selengkapnya, klik di sini, yuk!

RECOMMENDED BY EDITOR