Brilio.net - Smartphone menjadi salah satu yang paling dibutuhkan oleh seseorang untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain. Tak hanya itu, sebagian besar masyarakat sekarang ini membutuhkan smartphone untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari.

Memiliki smartphone tentunya orang juga tidak lepas dari berbagai keluhan, mulai dari lemot hingga baterai yang boros. Jika kamu mengalami hal tersebut, tentunya sangat kesal karena ke mana-mana harus membawa power bank atau selalu mencari colokan ke manapun.

Sering bikin kesal, smartphone dengan kondisi baterai boros bisa diatasi. Ada cara untuk mengatasi hal tersebut, seperti apa? Berikut lansiran brilio.net dari liputan6, Jumat (21/6).

1. Pilih wallpaper warna gelap.

Tak banyak yang tahu memang, wallpaper gelap bisa menjaga kinerja baterai agar tidak cepat habis. Pemakaian wallpaper berbentuk animasi atau Live wallpaper tidak dianjurkan untuk dipakai di smartphone yang baterainya cepat habis karena akan menguras daya lebih besar.

2. Mematikan aplikasi Google bawaan.

Smartphone biasanya memiliki banyak sekali aplikasi Google bawaan. Ada baiknya jika beberapa dari aplikasi yang ada di non-aktifkan. Jika kamu termasuk orang yang sering menggunakan pencarian google dengan mode suara, hal tersebut akan membuat baterai boros.

3. Pakai fitur penghemat baterai.

Bagi kamu pengguna OS Android Marshmallow akan dibekali fitur hemat baterai atau Doze Mode. Aplikasi ini mempunyai sensor yang dapat mendeteksi aplikasi tak terpakai sehingga dapat menghemat daya baterai.

4. Rajin update aplikasi.

Jika kamu ingin baterai tahan lama, memperbarui aplikasi salah satu yang perlu kamu lakukan, hal ini juga sangat membantu untuk menghindari kerusakan. Smartphone juga akan dapat bekerja dengan baik dan tidak lemot.

5. Atur intensitas pencahayaan layar.

Mengatur gelap terangnya layar smartphone secara manual bukan hanya membuat kamu nyaman saat menggunakan smartphone. Hal ini merupakan salah satu langkah yang efektif dilakukan guna memperlambat lemahnya baterai.