Brilio.net - Memasuki bulan terakhir tahun 2016, jutaan pengguna smartphone tampaknya perlu mengganti smartphone lamanya jika ingin terus menggunakan WhatsApp. Aplikasi messaging paling populer di dunia yang memiliki lebih dari satu miliar pengguna ini seiring dengan perkembangan teknologi akan mematikan sistemnya pada beberapa ponsel tua.

"Sementara perangkat ponsel ini telah menjadi bagian penting dari hidup kita, tapi mereka tidak menawarkan kemampuan yang berkembang padahal kita perlu memperluas fitur aplikasi kita di masa depan," kata juru bicara WhatsApp seperti yang dilansir brilio.net dari blog.whatsapp.com, Sabtu (10/12).

Perusahaan ini telah menetapkan batas waktunya adalah akhir tahun 2016 ini untuk beberapa layanan tua yang tidak lagi dapat didukung. WhatsApp sendiri telah ada sejak tahun 2009 dan secara perlahan-lahan telah menambahkan lebih banyak fitur, seperti enkripsi end-to-end dan video call. Karena dukungan cross-platform itu telah menjadi platform messaging yang paling populer di dunia.

Nah, ini dia beberapa smartphone yang tidak akan bisa lagi menggunakan fitur WhatsApp tahun depan:

1. iPhone dan iPad

whatsapp berhenti operasi © 2016 brilio.net

foto: imore.com

WhatsApp akan segera berhenti beroperasi pada iPhone 3GS yang merupakan handset generasi kedua yang dirilis pada tahun 2009. Yang lebih penting aplikasi messaging ini juga akan berhenti beroperasi pada perangkat yang masih menggunakan sistem di bawah iOS 6.

Artinya, setiap iPhone 4, 4S, atau 5 yang belum diperbarui ke versi terbaru dari sistem operasi seperti iOS 10, berpotensi utnuk tidak bisa lagi menggunakan aplikasi ini. Hal ini juga akan mempengaruhi iPad generasi pertama, kedua, ketiga dan keempat yang belum diperbarui.

2. Android

whatsapp berhenti operasi © 2016 brilio.net

foto: phandroid.com

WhatsApp tidak akan beroperasi lagi pada setiap ponsel atau tablet yang masih menjalankan Android 2.1 atau 2.2 setelah akhir tahun ini. Ini mencakup perangkat yang dirilis antara Mei 2010 dan November 2011 dari produsen yang berbeda.

3. Windows Phone

whatsapp berhenti operasi © 2016 brilio.net

foto: tronnic.com

Windows Phone 7 yang dirilis di seluruh dunia pada bulan Oktober 2010 dan bahkan sistem Microsoft sendiri berhenti beroperasi pada tahun 2014 lalu. Jadi hal ini tidak benar-benar mengejutkan ketika mendengar WhatsApp tidak akan beroperasi pada smartphone jenis itu.

4. BlackBerry dan Nokia

whatsapp berhenti operasi © 2016 brilio.net

foto: technomag.co.zw

WhatsApp berencana untuk berhenti beroperasi pada BlackBerry OS, BlackBerry 10, Nokia S40 dan Nokia Symbian S60. Namun tampaknya perusahaan milik Facebook ini memberi perpanjangan masih akan beroperasi pada perangkat ini hingga 30 Juni 2017.

Jadi jika kamu menggunakan smartphone yang sudah tidak up to date dan masih ingin tetap menggunakan WhatsApp pada tahun 2017, mungkin ini saatnya membeli ponsel baru.