Brilio.net - Kini beragam aplikasi di smartphone dapat kamu gunakan sesuai kebutuhanmu. Ada aplikasi pesan, game, musik, dan banyak lainnya. Namun, umumnya aplikasi pesan atau chatting sudah pasti tersedia dan dimiliki oleh semua pengguna smartphone. Aplikasi ini memudahkan seseorang dalam proses berkomunikasi. Misalnya saja WhatsApp (WA), Line dan Facebook Messenger menjadi aplikasi yang sering digunakan oleh banyak orang.

Ya, aplikasi chatting kini sudah dianggap menjadi suatu kebutuhan. Sehingga komunikasi nggak terhalang oleh apa yang namanya waktu dan jarak. Kamu bisa kapan saja menghubungi seseorang, dengan mudah meskipun memiliki jarak jauh. Dari banyaknya aplikasi chating yang tersedia, mungkin banyak kalangan yang belum mengenal aplikasi Telegram yang serupa dengan WA. Siapa sangka Telegram memiliki beberapa fitur yang lebih unggul dibandingkan dengan WA.

Memang kalau dilihat dari jumlah penggunanya, saat ini WA memiliki jumlah pengguna yang lebih banyak dibandingkan Telegaram. Lalu apa saja kelebihan fitur tersebut?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (21/12), berikut 6 kelebihan fitur aplikasi Telegram dibandingkan WhatsApp.

1. Platform yang mendukung.

Loading...

Kelebihan Telegram freepik.com

foto: freepik.com

Pastinya dalam setiap aplikasi memiliki sisi perbedaan, dalam hal ini perbedaan pertama pada Telegram dan WhatsApp adalah platform yang mendukung kedua aplikasi ini. Pengguna Telegram dapat mengoperasikan atau menggunakan aplikasi ini di beberapa ponsel, tablet, komputer maupun laptop.

Ya, Telegram dapat digunakan di platform seperti Android, iOS, Windows Phone, Web, macOS, PC, dan juga Linux. Nah, pada WhatsApp bisa digunakan di Android, iOS, Windows Phone, dan Windows PC.

2. Versi Web.

Kelebihan Telegram freepik.com

foto: freepik.com

Selanjutnya kelebihan yang paling terlihat adalah Telegram mendukung versi browser dan mobile yang independen. Artinya Telegram dapat digunakan di laptop ataupun komputer tanpa harus terhubung dalam jaringan yang sama dengan ponsel. Kamu dapat menggunakannya dengan aplikasi ini di komputer ketika ponsel sedang mati atau tidak terhubung dengan jaringan Wi-Fi dari perangkat seluler serta saat ponsel berada jauh dari kita.

Sedangkan pada WhatsApp juga memiliki versi webnya di mana pengguna dapat menggunakannya secara online. Namun dalam penggunaannya di versi web, pengguna harus men-scan barcode yang tampil di komputer atau laptop menggunakan ponsel. Yang harus diperhatikan pastikan ponsel berada di dekat kamu saat menggunakan WhatsApp di browser web.

3. Penyimpanan.

Kelebihan Telegram freepik.com

foto: brilio.net

WhatsApp menggunakan memori internal perangkat seluler baik saat memuat percakapan ataupun saat berkirim dan menerima file. Saat penggunaan menggunakan perangkat iOS hanya bisa menyimpan data dari WhatsApp ke layanan iCloud yang dibuat Apple. Ketika kamu beralih ke iPhone baru pastikan dulu membackup dari WhatsApp.

Semantara pada Telegram memiliki kelebihan menyimpan semua input data chat dan dokumen melalui Cloud Chat yang dimiliki Telegram, jadi nggak menguras memori ponsel. Selain itu kamu juga dapat menggunakan akun Telegram dalam 2 perangkat sekaligus dan semua data dapat diakses secara mudah di dalammya.

4. Jumlah anggota grup.

Kelebihan Telegram freepik.com

foto: freepik.com

Seperti kita tahu hampir semua aplikasi chatting kini memberikan kemudahan pengguna dengan adanya grup. Dengan adanya grup, kamu nggak usah repot kirim pesan satu persatu ke setiap kontak yang ada, cukup dengan mengirimkan satu pesan ke grup yang kamu inginkan. Baik grup kecil seperti keluarga, grup teman sekolah ataupun grup rekan kantor yang begitu banyak jumlahnya.

Di Telegram sendiri memungkinkan kamu untuk membuat grup atau kelompok dalam jumlah 5.000 kontak dalam satu grup. Sedangkan pada WhatsApp hanya dapat mencapai 300 orang per kelompoknya.

5. Ukuran dokumen yang dapat dikirim.

Kelebihan Telegram freepik.com

foto: freepik.com

Kecanggihan aplikasi ini sering digunakan orang-orang untuk berbagi dokumen PDF, audio, video dan banyak lainnya. Tak dipungkiri banyak aplikasi yang kini menghadirkan fitur yang lengkap untuk memudahkan pengguna.

Telegram memiliki kelebihan didukung mode kirim berbagai jenis dokumen baik di smartphone maupun di komputer. Bahkan ukuran dokumen yang terkirim dapat berkapasitas hingga 1, 1.5GB. Jadi kamu dapat mengirim dokumen dalam ukuran besar dengan Telegram kapan saja saat dibutuhkan.

Sedangkan pada aplikasi WhatsApp juga dapat mengirim melalui perangkat smartphone ataupun komputer. Namun ukuran maksimalnya hanya mencapai 100 MB untuk sebuah dokumen.

6. Keamanan privasi obrolan.

Kelebihan Telegram freepik.com

foto: freepik.com

Keamanan privasi obrolan saat berkomunikasi dalam sebuah aplikasi tentunya sangat penting. Dalam hal ini Telegram jauh lebih unggul, karena memungkinkan penggunanya membuat obrolan rahasia yang dapat dihilangkan oleh penggunanya sendiri.

Selain itu Telegram juga memiliki fitur secret chat yang lebih ketat keamanannya dibandingkan WhatsApp. Sebab aplikasi ini akan memberitahu kamu jika seseorang mengambil tangkapan layar percakapan. Sedangkan WhatsApp juga dibekali oleh enskripsi end to end sebagai jaminan privasi. So, mau pilih aplikasi yang mana nih?

RECOMMENDED BY EDITOR