Brilio.net - Kehadiran 5G di Indonesia sudah di depan mata. Jaringan seluler generasi kelima ini menawarkan pengalaman baru yang memanjakan para penggunanya.

Jaringan 5G digadang-gadang bisa membuat pengguna menikmati koneksi internet yang lebih kencang dari pendahulunya. Kecepatan jaringan 5G disebut bisa 10-20 kali lebih cepat dibandingkan 4G.

Bukan hanya menawarkan koneksi internet super cepat, 5G juga berpotensi mengubah hidup kamu dan banyak sektor lainnya di dunia. Kehadiran 5G bakal melenyapkan berbagai hal kesulitan yang biasanya kamu alami saat menggunakan koneksi internet 4G di smartphone.

Apa saja itu? Yuk simak informasinya di bawah ini, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (29/5).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Buffering saat streaming.

hal menjengkelkan sirna 5G datang © 2021 Shutterstock

foto: shutterstock.com

Pernah mengalami buffering saat lagi asik streaming video di smartphone? Momen menyebalkan ini nggak akan lagi kamu rasakan dengan jaringan 5G.

Kemampuan streaming tanpa lag ini berkat kemampuan download dan upload data 5G yang jauh lebih cepat dibanding pendahulunya. Karakteristik 5G yang bersifat enhance mobile broadband ini bisa menghasilkan kecepatan hingga kisaran Gigabit per second (Gbps). Sementara pada jaringan 4G, kecepatan throughput-nya masih terbatas pada kisaran Megabit per second (Mbps).

Dengan internet stabil dari 5G, kamu bisa streaming video dan film berkualitas tinggi seperti 4K, bahkan 8K, tanpa ada gangguan lagi.

2. Lag saat bermain VR dengan smartphone.

hal menjengkelkan sirna 5G datang © 2021 Shutterstock

foto: shutterstock.com

Bukan hanya saat streaming video, lag atau latensi tinggi kerap terjadi ketika bermain virtual reality (VR) dengan smartphone. Latensi atau jeda waktu memang jadi salah satu kelemahan VR dan augmented reality (AR) yang bisa mengurangi pengalaman saat menggunakannya.

Dengan kecanggihan teknologi 5G, jeda waktu ini akan dikurangi menjadi hanya beberapa milidetik (milisecond/ms). Untuk perbandingannya, latensi pada internet 5G bisa mencapai 1 ms, sementara pada 4G latensinya bisa mencapai 30 ms. Jadi, kamu bisa menikmati pengalaman bermain VR secara real-time dan realistis.

3. Sulit mengontrol IoT di rumah.

hal menjengkelkan sirna 5G datang © 2021 Shutterstock

foto: shutterstock.com

Jaringan 5G dapat membantu meningkatkan penerapan teknologi Internet of Things (IoT) di rumah jadi lebih tanpa batas. Jaringan ini bisa membuat setiap perangkat terhubung dengan internet dan lebih mudah dikontrol.

Smartphone yang sudah mendukung jaringan 5G akan bisa terhubung ke banyak perangkat sekaligus. Dengan begitu, kamu bisa mengontrol berbagai perangkat IoT di rumah, termasuk menyalakan lampu, hanya melalui smartphone.

4. Tak bisa nge-game kelas konsol di smartphone.

hal menjengkelkan sirna 5G datang © 2021 Shutterstock

foto: shutterstock.com

Dibandingkan teknologi pendahulunya, latensi dari jaringan internet 5G sangat jauh lebih rendah. Berkat salah satu kelebihan 5G ini, kamu bisa menikmati layanan cloud gaming.

Cloud gaming memungkinkanmu bermain berbagai game konsol seperti Xbox atau PlayStation secara real-time melalui smartphone. Untuk bisa bermain game kelas konsol di smartphone, harus didukung dengan kecepatan konektivitas data yang tinggi dan latensi rendah. Di sinilah teknologi 5G berperan menghadirkan pengalaman bermain cloud gaming yang mulus.

Semua kelebihan teknologi 5G bisa kamu rasakan langsung dengan smartphone yang sudah mendukung jaringan 5G. Salah satunya adalah Oppo A74 5G.

Menariknya, Oppo A74 5G menjadi perangkat pertama di Indonesia yang memboyong platform Qualcomm Snapdragon 480 5G. Chipset ini menghadirkan peningkatan 100 persen dibanding prosesor generasi sebelumnya.

Prosesor ini membuat OPPO A74 5G dapat mengunduh film atau file penting hanya dalam waktu hitungan detik. Oppo A74 5G juga sudah didukung jaringan 5G di pita frekuensi radio 2,3 GHz yang sempat jadi uji coba operator seluler.

foto: Oppo Indonesia

Nggak kalah menarik, Oppo A74 5G memiliki kecepatan refresh rate 90Hz dan 180Hz touch sampling rate yang cocok untuk bermain game. Kapasitas penyimpanan RAM LPDDR4X 6GB dan memori internal 128GB, semakin mendukung performa Oppo A74 5G.

Selain itu, smartphone 5G terjangkau ini juga dilengkapi baterai 5.000mAh dengan fast charging 18W. Dengan fast charging tersebut, perangkat ini bisa terisi 68 persen dalam 60 menit.

Masih penasaran sama kecanggihan Oppo A74 5G? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

RECOMMENDED BY EDITOR