Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Gadget
Lola Lolita (brl/red)

02 Juli 2019 07:01

Sebelum reparasi, ini cara mengatasi laptop yang tersiram air

Tak perlu panik, cukup ikuti beberapa tips berikut ini..

Sebelum reparasi, ini cara mengatasi laptop yang tersiram air

View Image



foto: pixabay.com

Brilio.net - Keteledoran yang kerap diciptakan terkadang bisa merusak barang-barang kesayangan kita. Salah satunya adalah tidak sengaja menumpahkan air ketika sedang bekerja dan air tersebut membasahi barang elektronik yang sedang dipakai.

Seperti yang diketahui, air bisa membuat barang elektronik rusak seketika. Misalnya saja laptop, tentunya ini akan membuat setiap orang panik, pasalnya laptop menjadi salah satu barang sangat penting, di mana data-data penting tersimpan di dalamnya. 

Jika tidak cepat diatasi, maka akan berdampak buruk bagi laptop, misalnya saja bagian keyboardnya tidak berfungsi lagi. Serta bisa berisiko merusak bagian-bagian penting seperti motherboard. Layar pun tak kalah bahaya karena panel layar sangat mudah konslet jika terkena air.

Nah bagi kamu yang mengalami hal ini jangan panik dan langsung dibawa ke reparasi, ada pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan, seperti apa? Berikut lansiran brilio.net dari merdeka.com, Selasa (2/7).

1. Lepas kabel charger.

Loading...

Jika laptop masih tercharger, maka segera dilepas, karena air akan menghantarkan arus listrik yang lebih tinggi dan mengakibatkan setruman. Akibatnya, komponen utama seperti motherboard bisa terkena efek korosi dari tumpahan air.

Catatan: jika laptop terkena air saat di-charge dan langsung mati, jangan sambungkan kabel charger ke unit laptop. Jangan coba-coba untuk menyalakan laptop via tombol power karena otomatis akan menghantarkan arus listrik.

2. Balik posisi laptop.

Tahap selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membalik posisi laptop. Hal ini dilakukan untk membuang air yang masuk ke celah keyboard. Tunggu hingga 1-2 jam agar semua air keluar.

3. Bersihkan bagian yang basah.

Sembari membalikkan laptop, coba perhatikan bagian yang basah seperti lubang kabel USB, lubang charger, layar, kamera layar, dan bagian kecil lainnya yang berpotensi terkena tumpahan air.

Kamu bisa membersihkan bagian tersebut dengan cotton bud atau kapas. Lakukan secara teliti.

4. Letakkan di dalam beras.

Meletakkan barang elektronik di beras, hal ini tentunya sudah tidak asing lagi. Biasanya orang melakukan trik ini untuk handphone. Kamu bisa juga menyimpan laptop di dalam beras. Hal ini mengingat beras adalah bahan yang bisa mengeringkan laptop dan setidaknya bisa menghisap cairan keluar.

5. Pergi ke reparasi.

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan jika upaya di atas tidak berhasil, segera bawa laptop ke reparasi resmi.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Brilio News Gadget Laptop Tips
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE