Brilio.net - Secara resmi Samsung merilis jajaran handphone Galaxy A Series terbaru mereka. Dilansir dari news.samsung.com, secara resmi Samsung mengundang siapa saja yang ingin menyaksikan perilisan handphone terbaru mereka pada Event bernama Galaxy A Event.

Beberapa handphone Samsung Galaxy A Series yang akan muncul adalah A53 dan A73. Kedua HP dari Samsung ini memiliki spesifikasi yang berbeda. Baik dari segi chipset maupun sektor camera yang dibekalkan.

Dilansir dari GSMArena, Samsung Galaxy A53 sudah dijual secara tidak resmi di negara lain seperti Siberia. Untuk membahas spesifikasi lengkap dari Samsung A53 dan A73, berikut brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (17/3), spesifikasi Samsung Galaxy A53 dan A73.

Spesifikasi Samsung Galaxy A53 dan A73.

Samsung Galax A53 dan A73 berbagai sumber


foto: 91mobiles.com

Pada sektor layar, kedua handphone dari Samsung ini memiliki perbedaan dan kesamaan. Persamaan dari kedua handphone ini sudah menggunakan Refresh rate 120Hz yang akan lancar ketika digunakan bermain sosial media. Sedangkan perbedaan dari kedua handphone ini terletak pada ukuran layar yang dibawakan.

Samsung Galaxy A53 akan dibekali dengan layar AMOLED 6,52 inch, sedangkan Samsung Galaxy A73 akan dibekali dengan layar AMOLED 6,7 inch.

Pada sektor performa, Samsung A73 akan dibekali dengan chipset dari Snapdragon yaitu Qualcomm Snapdragon 750G 5G (8 nm). Dengan dibekali dengan chipset yang satu ini, support jaringan dari Samsung Galaxy A73 sudah dapat digunakan untuk internetan dengan jaringan 5G.

Sedangkan pada Samsung Galaxy A53, chipset yang akan digunakan adalah Exynos 1200. Dengan chipset dari Samsung ini, performa Samsung Galaxy A53, dapat digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi berat tanpa hambatan.

Pada sektor kamera kedua handphone dari Samsung ini memiliki resolusi yang berbeda. Samsung Galaxy A73 akan dibekali dengan modul quad camera. 108 MP wide, 8 MP telephoto, 12 MP ultrawide, dan 5 MP macro. Kamera dari Samsung Galaxy A73 dapat digunakan untuk merekam video hingga 4K@30fps.

Sedangkan pada Samsung Galaxy A53 memiliki modul yang sama dengan Samsung Galaxy A73. Dengan modul quad kamera yang memiliki resolusi 64 MP wide, 12 MP ultrawide, 5 MP macro, dan 5 MP depth. Kamera ini dapat merekam video hingga 4K@30fps.

Pada bagian depan, Samsung Galaxy A73 dibekali dengan kamera 32 MP wide yang dapat merekam video hingga 4K@30fps. Sedangkan Samsung Galaxy A53 memiliki kamera dengan resolusi yang sama yaitu 32 MP wide yang dapat merekam video hingga 4K@30fps.

Kapasitas baterai dari kedua handphone Samsung ini memiliki kapasitas yang sama yaitu 5000 mAh. Namun jenis baterai dan kecepatan charging dari kedua HP ini memiliki perbedaan. Samsung Galaxy A73 hadir dengan jenis baterai Lithium-ion battery dengan kecepatan charging 33W, sedangkan Samsung Galaxy A53 memiliki jenis baterai Lithium-Polymer dengan kecepatan charging 25W.

Untuk harga dari Samsung Galaxy A53 dan Samsung Galaxy A73 diperkirakan mencapai Rp 5,7 jutaan untuk Samsung Galaxy A53, dan Rp 6,3 jutaan untuk Samsung Galaxy A73.