Brilio.net - Smartphone tak bisa dipisahkan dari keseharian kita, terutama saat pandemi. Gadget satu ini sangat membantu terutama saat bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Apalagi kemampuan tethering ke laptop jadi penyelamat bagi mereka yang tak punya koneksi Wi-Fi di rumah.

Dengan tethering, kamu bisa menyambungkan koneksi internet smartphone ke gadget lain seperti laptop, komputer, dan perangkat lain yang memadai. Sayangnya, tethering menguras baterai smartphone dengan cepat.

Jika tidak diatasi, baterai smartphone bisa berkurang kapasitasnya dan menjadi tidak awet. Nah, agar WFH tetap nyaman tanpa kendala, ada beberapa rahasia menghemat baterai yang bisa dicoba.

Berikut rahasia menghemat baterai HP saat tethering ke laptop, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (26/10).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Matikan GPS.

rahasia menghemat baterai © 2021 brilio.net

foto: Shutterstock.com

Seringkali kita lupa mematikan fitur GPS saat di rumah. Celakanya, fitur ini akan terus bekerja di balik layar dan menguras baterai. Smartphone akan secara berkala meng-update lokasi dan juga memakan bandwith internet yang digunakan untuk tethering.

Saat tethering ke laptop, pastikan fitur ini dalam kondisi off. Caranya mudah, kamu bisa mematikan fitur GPS lewat menu pengaturan atau lewat bar notifikasi.

2. Jangan nyalakan WiFi.

rahasia menghemat baterai © 2021 brilio.net

foto: Shutterstock.com

Fitur Wi-Fi jika tidak digunakan bisa menguras baterai. Smartphone akan terus-terusan mencari jaringan nirkabel. Alhasil, baterai akan terkuras cepat. Saat tethering, fitur ini tidak diperlukan.

Caranya gampang sekali. Tinggal masuk ke menu pengaturan dan cari opsi jaringan. Tap di bagian Wi-Fi dan matikan fitur tersebut.

3. Redupkan cahaya layar.

rahasia menghemat baterai © 2021 brilio.net

foto: Shutterstock.com

Tingkat kecerahan layar berbanding lurus dengan borosnya baterai. Saat tethering, turunkan kecerahan layar agar baterai jadi lebih hemat. Toh, saat di dalam ruangan, layar smartphone tak butuh tingkat kecerahan yang tinggi.

Untuk mengatur kecerahan layar smartphone, kamu bisa melakukannya lewat akses cepat di bar notifikasi. Selain itu, juga bisa lewat menu pengaturan.

4. Pastikan smartphone tidak panas.

rahasia menghemat baterai © 2021 brilio.net

foto: Shutterstock.com

Tethering bisa mengakibatkan smartphone cepat panas. Hal ini bisa terjadi saat smartphone kesusahan mencari signal. Karena terus-menerus bekerja, prosesor smartphone bisa mengeluarkan panas berlebih.

Untuk mengatasinya, letakkan smartphone di area dingin atau minimal suhu ruangan. Jika perlu, gunakan cooler khusus atau kipas yang menempel di smartphone. Jangan lupa, hindarkan smartphone dari cahaya matahari langsung saat tethering.

5. Gunakan smartphone dengan baterai besar.

rahasia menghemat baterai © 2021 brilio.net

foto: Oppo Indonesia

Demi tethering nyaman, smartphone dengan kapasitas baterai besar jadi kuncinya. Nah, salah satu pilihan yang tepat agar WFH makin nyaman adalah Oppo A16. Kapasitas baterai Oppo A16 sebesar 5.000 mAh (typical) sangat mumpuni diajak WFH seharian.

Perangkat ini hanya berbobot 190 gram sehingga nyaman digenggam sepanjang hari. Bagian penutup atas perangkat ini terbuat dari bahan aluminium yang juga berfungsi untuk meredam panas. Desainnya juga sudah dirancang khusus untuk lebih baik lagi menangkap signal internet.

Mengusung desain stylish, ponsel ini menawarkan body ramping yang cocok untuk anak muda. Oppo menghadirkan Oppo A16 varian 4/64 GB dengan pilihan warna Space Silver dan warna baru yakni Pearl Blue yang diklaim menjadi salah satu tren warna di tahun ini. Warna ini memberikan kesan elegan dan timeless pada Oppo A16.

Perangkat A16 4/64 dilengkapi fitur perlindungan baterai yang berfungsi menjaga agar tidak terjadi pengisian daya dengan arus berlebihan. Selain itu juga dilengkapi dengan Super Nighttime Standby. Artinya, selama 8 jam waktu tidur (dari 23:00 hingga 07:00), apabila perangkat dalam keadaan menyala hanya akan mengonsumsi daya sebesar 1,21%.

Nah penasaran dengan kelebihan dari fitur smartphone ini? Oppo A16 ini bisa kamu dapatkan di jaringan penjualan luring Oppo Store atau secara daring melalui aplikasi Oppo Store dan jaringan Oppo Official Store lainnya. Untuk informasi lebih lengkap kamu bisa klik di sini.

(brl/lak)

RECOMMENDED BY EDITOR