Brilio.net - Pesatnya perkembangan teknologi yang ada saat ini membawa konsekuensi yang begitu besar pada industri gadget dan elektronik. Orang-orang yang berkecimpung di industri tersebut berlomba-lomba untuk menghadirkan inovasi-inovasi baru dan unik. Kamera, misalnya.

Kini, perangkat memotret yang satu ini telah hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Setiap ukuran pun dibekali dengan kemampuan untuk mengambil gambar dengan resolusi tinggi. Terbaru, kini telah hadir sebuah kamera berukuran sangat kecil. Kamera OmniVision OV6948 ini memiliki ukuran sebesar butiran pasir.

Dikutip dari laman Ubergizmo, Selasa (29/10), OmniVision OV6948 merupakan kamera dengan ukuran 0,575 x 0,575 x 0,232 milimeter kubik atau kurang dari 1 milimeter. Dengan ukurannya yang begitu kecil itu, ia pun memegang rekor dunia Guinness untuk 'The Smallest Commercially Available Image Sensor'.

kamera terkecil © 2019 brilio.net

Loading...

foto: hindustantimes.com

Ukuran boleh kecil, tapi kamera ini mampu memotret gambar berwarna dengan resolusi sebesar 40 ribu piksel. Sensor kameranya juga bisa memotret tampilan sudut lebar 120 derajat dan memberikan kedalaman bidang dengan jangkauan hingga 30 mm. Hal tersebut dimungkinkan karena ia memiliki chip back-side illuminated RGB Bayer.

Sayangnya, kamera super mini tersebut tidak dirancang untuk ditempatkan dalam ponsel pintar. Rencananya, ia bakal dipakai untuk keperluan medis. Pasalnya, dari segi ukuran, kamera ini dapat dipasang di alat bedah yang dapat dimasukkan ke dalam tubuh manusia guna membantu jalannya proses operasi.

kamera terkecil © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Dengan bantuan kamera ini, harapannya para ahli bedah dapat melihat dan memastikan melihat apakah yang mereka kerjakan telah benar.

Tak hanya itu, konsumsi daya baterai yang rendah pada kamera ini juga dapat meminimalisasi panas. Dengan demikian, ahli bedah pun tak perlu terburu-buru dalam melakukan prosedur operasi.

RECOMMENDED BY EDITOR