Brilio.net - Kecanggihan kamera pada smartphone kini menjadi salah satu pertimbangan utama pengguna. Terlebih bagi para kreator konten, performa kamera yang disematkan pada smartphone merupakan fitur wajib yang harus dimiliki. Maklum, dengan kamera yang mumpuni, hasil jepretan atau perekaman video juga bakal jauh lebih berkualitas.

Alasan ini pula yang membuat Oppo menyiapkan perangkat terbaru, Reno5 yang akan diluncurkan pada 12 Januari 2021. Seperti pendahulunya, Reno5 yang masuk dalam jajaran Reno Series menawarkan sederet fitur unggulan, khususnya dari sisi kemampuan videografi. Selain itu perangkat ini juga menawarkan pengisian daya yang lebih cepat dan tampilan perangkat yang lebih stylish terutama untuk warna fantasy silver. Nggak tanggung-tanggung, rencananya Oppo bakal meluncurkan tiga varian Reno5 sekaligus, yakni Reno 5 (4G), Reno5 (5G), dan Reno5 jenis lain yang hingga kini masih dirahasiakan.  

Oppo Reno5 © 2021 brilio.netPR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto dalam acara Pre-Launch Oppo Reno5 di Jakarta, Kamis (7/1/2021). (@yans_brilio)

“Reno5 cocok untuk mereka yang aktif di media sosial. Rentang usia 25 sampai 35 tahun, dan suka bersosialisasi juga memiliki mobilitas tinggi serta punya ketertarikan dengan fitur kamera baik untuk fotografi maupun videografi,” ujar PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto dalam acara Pre-Launch Oppo Reno5 di Jakarta, Kamis (7/1/2021).

Kemampuan kamera Reno5 tak lepas dari deretan teknologi yang disematkan seperti AI Highlight Video, AI Mixed Potrait, Dual-view Video, AI Color Potrait, AI Monochrome Video, Image Clear Engine (ICE), AI Scene Enhancement, Ultra-Clear 108MP Image, Ultra-Night Selfie Mode, Ultra-Dark Mode, dan Night Flare Potrait.  

Loading...

Kemampuan berbagai teknologi canggih tersebut semakin tangguh dengan dukungan performa empat kamera belakang. Kamera utama beresolusi 64MP dengan bukaan diafragma hingga f/1.7. Lalu ada juga kamera ultra-wide angle 8MP (f/2.2), kamera makro 2MP Macro (f/2.4), kamera monochrome 2MP (f2.4). Sementara untuk kamera depan (selfie) yang terletak di pojok kiri atas layar beresolusi 44MP.

Oppo Reno5 © 2021 brilio.netFitur AI Mixed Portrait yang menghadirkan efek video dengan eksposur ganda (Dok. Oppo)

Selain itu, pada Reno5 juga sudah dibenamkan editor video pintar eksklusif Oppo Soloop yang sekarang dapat diakses dari antarmuka kamera dan menawarkan fitur terbaru yang lebih menarik untuk membuat video potret dengan mudah.

Dari sisi dimensi, Reno5 yang mengusung layar AMOLED 6,4 inci dengan resolusi 2.400 x 1.080 piksel, refresh rate 90Hz, touch sampling rate 180Hz, dan kerapatan piksel 410 ppi ini memiliki rasio bodi ke layar mencapai 91,7 persen. Selain itu layar Reno5 dilindungi Corning Gorilla Glass 5.

Selain kecanggihan pada kamera dan sejumlah fitur yang dibenamkan, Reno5 juga mengedepankan sisi desain. Hal ini tidak terlepas dari teknologi desain yang membalut perangkat ini di mana menggunakan proses diamond spectrum sehingga Reno5 untuk varian fantasy silver dapat memproyeksikan ribuan warna jika dilihat dari sudut yang berbeda.

Oppo Reno5 © 2021 brilio.net@yans_brilio

Ditambah lagi Reno5 juga memanfaatkan teknologi Reno Glow yang menciptakan efek visual berkilau dengan sentuhan gradasi yang lebih halus pada penutup belakang perangkat.

Dari sisi perangkat keras, Reno5 (4G) ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 720G SoC dengan proses fabrikasi 8nm yang menawarkan konfigurasi RAM 8GB dan ROM 128GB. Sementara untuk Reno5 (5G) memboyong chipset Snapdragon 765G. Kedua varian Reno5 ini berbasis OS Android 11 dengan tampilan Color OS 11.1. 

Oppo Reno5 © 2021 brilio.net@yans_brilio

Sedangkan dari sisi tenaga, baik Reno5 4G dan 5G dipasok baterai berkekuatan 4.310 mAh yang didukung fitur 50W Flash Charge yang diklaim mampu terisi penuh hanya dalam waktu 48 menit. 

Nah yang nggak kalah seru nih, Reno5 juga cocok untuk para gamer. Hal ini dimungkinkan karena Reno5 menyematkan fitur Gamer Mode yang memungkinkan pengguna benar-benar fokus dalam permainan dengan memblokir pesan dan menonaktifkan layar dan tombol telepon.

Selain itu mode ini juga akan menyembunyikan bilah status, tombol navigasi dan gesture, menonaktifkan layar mati, menonaktifkan floating windows, assistive ball, quick return button, dan smart sidebar untuk memastikan pengalaman bermain game tanpa gangguan.

Oppo Reno5 © 2021 brilio.netDok. Oppo

Sayangnya, dalam acara pre-launch Oppo Reno5, pihak Oppo masih merahasiakan satu varian yang juga bakal diluncurkan berbarengan dengan dua versi lainnya. Yang jelas menurut Aryo, Reno5 versi misterius ini hanya ada di Indonesia.   

“Untuk Reno5 yang misterius itu memang masih kita rahasakan. Yang jelas, varian ini hanya ada di Indonesia dan tidak ada di negara lain,” pungkas Aryo.

Rencananya, Oppo Reno5 hadir dengan dua pilihan warna, Fantasy Silver dengan finishing mate dan Starry Black dengan finishing glossy. Soal harga? Tunggu saja. Pihak Oppo  mengingatkan kembali konsumen untuk menyaksikan Oppo Reno5 Launch Event pada 12 Januari 2021 pukul 18.45 WIB di Youtube OPPO Indonesia. Pantengin ya, jangan sampai terlewat!

RECOMMENDED BY EDITOR