Brilio.net - Kreativitas tak mengenal batas. Ungkapan yang mampu menggambar anak muda zaman sekarang. Mereka memiliki kebebasan untuk mengekspresikan diri yang ada dalam benaknya. Salah satu cara yang menjadi tren saat ini adalah membuat video viral.

Begitu banyak platform media sosial yang mampu menjadi wadah kreativitas dari anak muda. Dari video yang hanya ditonton segelintir orang hingga miliaran pasang mata, bisa terjadi karena ide cemerlang anak muda. Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa membuat video viral itu rumit. Padahal kenyataannya nggak rumit kok!

Kamu bisa membuat video viral sendiri. Ide video tersebut bisa muncul dari hal-hal sederhana yang terjadi di keseharianmu. Nggak percaya? Ini dia 10 ide membuat video viral yang bisa kamu coba sekarang juga dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (27/10).

1. Wawancara.

gatsby video Istimewa

foto: pexels.com

Kamu bisa membuat video berkonsep wawancara dengan narasumber. Video tipe ini mampu menarik banyak penonton karena topik yang dibahas menarik maupun sosok narasumber yang terkenal. Nggak cuma penonton yang mendapat ilmu dan informasi baru, kamu dan narasumber juga dapat pengetahuan baru.

2. How to atau tutorial.

gatsby video Istimewa

foto: creatingchange.net.au

Video ini berupa tayangan yang memberikan pengetahuan di mana mampu menyelesaikan sebuah permasalahan. Video cara membuat sesuatu atau semacam tutorial ini banyak dicari karena mampu memudahkan penonton. Salah satu contohnya adalah membuat video tutorial membuat kue. Kamu bisa mencari ide lain sesuai minatmu, lho!

3. Prank.

gatsby video Istimewa

foto: YouTube.com

Video bertema prank atau aksi usil seseorang ini kerap ditonton banyak orang karena sifatnya menghibur. Kamu bisa melakukan hal serupa dengan melakukan aksi jebakan atau prank ke temanmu. Contohnya melakukan prank text kepada temanmu atau diam-diam merekam aksi jahil secara diam-diam. Reaksi alami yang tak terduga justru jadi daya tariknya.

4. Dokumenter pendek.

gatsby video Istimewa

foto: auvad.com

Kamu senang mengangkat sebuah isu yang nyata terjadi di masyarakat? Konsep video ini cocok banget untukmu. Buatlah video dokumenter. Selain berkarya, kamu juga bisa menunjukkan pada masyarakat luas mengenai realitas yang sedang terjadi. Pastikan cerita yang kamu pilih itu cukup menarik, sehingga banyak orang yang akan menonton video karyamu.
 
5. Challenge.

gatsby video Istimewa

foto: YouTube.com

Selain prank, kamu juga bisa seru-seruan lewat misi tantangan atau challenge. Kamu bisa merekam aksi seru saat melakukan tantangan. Tantangan yang ada ini bikin penasaran penonton! Apakah kamu berhasil menyelesaikan tantangan atau gagal begitu saja? Salah satu tantangan yang sempat viral seperti mannequin challenge, baby shark challenge dan lain-lain. Kamu bisa jajal bareng teman-temanmu biar makin meriah.

6. Karaoke/cover song.

gatsby video Istimewa

foto: shutterstock

Kamu yang seneng bermain musik, bisa membuat videomu saat bernyanyi dan memainkan alat musik. Langkah sederhana yang mudah kamu lakukan adalah karaoke atau mengcover lagu. Kamu bisa memilih lagu yang sedang hits dan booming untuk menarik massa lebih banyak menonton videomu.

7. Event.

gatsby video Istimewa

foto: pexels.com

Vlogging adalah salah satu cara mudah untuk memulai membuat video. Kamu bisa merekam kejadian yang ada dalam hidupmu sehari-hari. Dari aktivitas sehari-hari hingga momen spesial seperti ulang tahun atau pernikahan bisa jadi bahan videomu. Kamu bisa membagikan rasa bahagia yang kamu alami lewat video. Rekaman yang kamu buat ini bisa jadi kenangan berharga untuk masa depan pula.

8. Q&A video.

gatsby video Istimewa

foto: shutterstock

Jika kamu tak memiliki ide untuk membuat sebuah video viral. Kamu bisa membuat video tanya jawab atau biasa dikenal video Q&A. Lewat video tersebut, kamu bisa mengajak penonton untuk ikut terlibat denganmu. Keterlibatan penonton terlihat dari pertanyaan yang diberikan penonton kepada pembuat video. Kamu pun bisa membalas pertanyaan penonton lewat video. Rasa penasaran penonton akan terjawab lewat video Q&A.

9. Main game.

gatsby video Istimewa

foto: calvinayre.com

Nggak cuma vlog tentang keseharian yang menarik untuk ditonton. Tak sedikit pula yang tertarik untuk menonton seseorang sedang main game. Kegiatan tersebut jadi tontonan seru saat orang dalam video sedang bermain game yang menantang dan butuh strategi. Orang akan merasa senang dan terhibur dengan aktivitasmu bermain game. Sembari bermain game, kamu juga bisa membagi tips dan strategi untuk menyelesaikan misi atau permainan hingga berhasil. Keren nggak tuh? Kamu jadi tambah pemahaman untuk lolos dari level games sulit karena vlog gaming.

10. House/Room tour.

gatsby video Istimewa

foto: YouTube.com

Jika biasanya penonton hanya melihat satu sisi bagian saja lewat kamera. Penonton akan merasa penasaran dengan sisi lainnya. Lewat video house tour atau room tour ini penonton bisa melihat sekelilingmu lebih luas. Video konsep room tour ini jadi salah satu yang harus kamu coba untuk menarik penonton.

Ide video di atas cukup mudah untuk dibuat, kan? Kamu juga bisa menciptakan videomu sendiri dengan kreativitas dan minatmu. Kamu yang gemar merekam video, menari, menyanyi, atau hair styling bisa mengembangkan semua ide cemerlangmu di ajang GATSBY CREATIVE AWARDS ke-12! Ajang tahunan ini diselenggarakan oleh GATSBY Jepang untuk menemukan jiwa-jiwa kreator muda dari kalangan pelajar dan mahasiswa se-Asia.

gatsby video gatsby

Lewat ajang GATSBY CREATIVE AWARDS ini kamu bisa menyalurkan kreativitasmu dan bersaing dengan pelajar dan mahasiswa se-Asia. Pada ajang tahun 2017 ini tema yang diangkat meliputi Be Cool, Be Fun, dan Be Yourself. Kompetisi ini memiliki beberapa kategori meliputi, yaitu:
1.    COMMERCIAL
2.    DANCE
3.    MUSIC
4.    HAIRSTYLE

Setiap tahun terdapat satu tim berbakat yang akan dipilih menjadi pemenang pada setiap kategori. Hadiah menarik siap menanti tim pemenang tiap kategori di mana mendapat kesempatan untuk terbang ke acara final GATSBY CREATIVE AWARDS ke-12 di Jepang! Tak cuma terbang ke Jepang, tim terpilih juga memiliki kesempatan untuk merebut hadiah tunai hingga 300 ribu Yen di finalnya! Wah keren banget hadiahnya! Tunggu apalagi? Segera cari infonya di sini.