Brilio.net - Para penikmat musik pasti ngerti Disc Jockey (DJ), bahkan di antaranya pasti ada yang menggemarinya. Di Indonesia banyak sekali bermunculan DJ-DJ muda yang menyita perhatian karena kemampuannya. Salah satunya DJ Jevin yang piawai meracik musik.

Tapi, sebenarnya bukan hanya DJ yang bisa mengolah musik, kamu juga bisa loh. Bahkan kamu pun tidak perlu peralatan lengkap dan mahal untuk menggubah musik sebagaimana yang perlengkapan yang biasa dipergunakan DJ. Tidak perlu DJ mixer, midi controller, atau juga media player hingga media penyimpan data seperti kepingan CD dan lainnya.

Kecanggihan dan kemajuan teknologi yang kini berkembang pesat membuat banyak orang bisa menjadi DJ secara instan. Mereka bisa me-remix lagu tanpa harus bersusah payah belajar terlalu lama layaknya sebuah DJ profesional. Peralatannya pun cukup smartphone android yang kini sudah banyak beredar di pasaran. Hasil yang kamu hasilkan dari remix lagu pun bisa sangat memuaskan, tergantung bagaimana menggunakan semua menu yang ada.

Untuk menjadi seorang DJ instan, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

1. Instal aplikasi untuk remik lagu.

alat dj amatir Istimewa

Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu pilih, mulai dari yang gratis, hingga yang harus bayar. Aplikasi itu di antaranya adalah FI Studio Mobile versi 1.2, Caustic 3, Nanoloop, hingga G-Stomper Studio.

2. Tahu genre atau aliran musik.

alat dj amatir Istimewa

foto: it.virtualdj.com

Menjadi DJ instan bukan berarti tidak tahu sama sekali tentang musik. Setidaknya kamu harus tahu dasar-dasar ilmu musik. Seperti grib, key, atau chord progression atau kamu tahu harus dari mana akan memulai.

3. Perlu budget.

alat dj amatir Istimewa

foto: mixvibes.com

Memang ada aplikasi DJ android yang gratis, namun fitur yang disediakan tidak selengkap aplikasi yang berbayar. Tapi dipastikan harga yang kamu bayar jauh lebih rendah dibanding membeli peralatan yang biasa dipergunakan DJ di sebuah kafe atau club disco. Kamu tinggal pilih aplikasi yang sesuai dengan budget dan keinginanmu. Tapi sebelum membeli yang berbayar, alangkah baiknya jika kamu coba yang gratis dulu.

Kalau ingin lebih tahu banyak soal caranya jadi DJ, kamu bisa lihat video-video tutorialnya yang sudah banyak di internet. Tapi eits... berikut ini brilio.net kasih contoh karya anak bangsa yang asyik banget. Sebuah karya kolaborasi MOVE dengan musik hasil remix DJ Jevin Julian, DJ Indonesia tulen yang cukup banyak menelurkan karya. Video ini menggunakan konsep project mapping yang memukau, siapa tahu bisa bikin kamu makin semangat menjadi DJ profesional.