Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Gadget
Yani Andriansyah (brl/red)

25 Agustus 2019 16:45

Ngampooz, aplikasi yang bisa mengatasi beragam masalah warga kampus  

Aplikasi ini juga berdampak positif terhadap pelestarian lingkungan lho.

Ngampooz, aplikasi yang bisa mengatasi beragam masalah warga kampus   

View Image



Foto-foto: Brilio.net/@yans_brilio

Brilio.net - Sudah jadi rahasia umum jika kehidupan kampus selalu dipenuhi dengan berbagai aktivitas. Mulai dari kegiatan akademik hingga segala macam aktivitas seperti membuat acara baik yang bersifat hiburan maupun yang mendukung perkuliahan.

Nah seringkali civitas akademi merasa ribet mengurusi berbagai kebutuhan akademik. Apalagi berkaitan dengan kegiatan acara. Ya misalnya saja membuat undangan, mempublikasikannya, hingga menyetak sertifikat acara, termasuk menentukan venue untuk kegiatan.

Dulu berbagai kebutuhan itu selalu dilakukan secara manual. Tapi kini, di tengah perkembangan teknologi, berbagai kebutuhan tersebut tidak lagi menjadi halangan. Semua bisa dilakukan secara digitalisasi.     

Ngampooz © 2019 brilio.net

Terlebih saat ini sudah ada aplikasi yang yang dapat membantu berbagai macam kebutuhan akademik mulai dari elemen mahasiswa, dosen, hingga kampus itu sendiri. Namanya Ngampooz (baca: Ngampus). Aplikasi besutan PT Ngampooz Pintar Sejahtera yang mulai diiluncurkan Agustus 2018 ini memang dibuat untuk mengataasi berbagai persoalan terkait kegiatan akademik di kampus.

Loading...

Saat ini Ngampooz sudah digunakan beberapa Universitas serta lembaga pelatihan. Mereka merasa terbantu dalam pembuatan acara, publikasi, registrasi, absensi hingga publikasi e-sertifikat.

“Beberapa partner juga merasa pendapatan acaranya meningkat saat menggunakan Ngampooz karena aplikasi ini telah mendigitalisasi beberapa kebutuhan yang sebelumnya dilakukan secara manual,” ujar CEO dan Founder Ngampooz Ainur Rony dalam acara relaunch Ngampooz di kawasan Hotel Morrissey, Jakarta, Sabtu (24/8).  

Ngampooz © 2019 brilio.netCEO dan Founder Ngampooz Ainur Rony

Awalnya aplikasi ini untuk mengatasi masalah dalam manajemen tiket dan publikasi sertifkat acara di kampus. Kemudian, seiring perkembangan, aplikasi ini pun dikembangkan untuk menjawab permasalahan dalam proses Akreditasi, Validasi Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) serta penyusunan Beban Kerja Dosen (BKD).

Sebagai sebuah platform berbasis digital, Ngampooz mempunyai fitur unggulan bernama E-Certificate (sertifikat digital). Di mana sertifikat sebuah acara yang biasanya berbentuk fisik atau cetak digantikan sepenuhnya menjadi bentuk digital.

Hal ini tentunya akan sangat memudahkan bagi para peserta dalam banyak hal. Tidak hanya di sisi user, fitur ini juga sangat memudahkan dan menguntungkan bagi partner karena dapat mengurangi budget acara untuk cetak sertifikat. Itu salah satu manfaatnya.

Ngampooz © 2019 brilio.netE-Sertifikat yang bisa menghemat bugdet kegiatan kampus

Sejak pertama diluncurkan tercatat lebih dari 400 events dilaksananakan dengan memanfaatkan aplikasi ini. Aplikasi ini telah membantu lebih dari 115 partner aktif yang terdaftar di dalam mendigitalisasi acaranya.

Ternyata hal itu memberikan dampak sosial terhadap lingkungan sekitar dengan adanya fitur E-Certificate. Tercatat sudah lebih dari 140 ribu E-Certificate yang telah dikeluarkan dengan menggunakaan aplikasi ini. Angka ini setara dengan 200 lebih batang pohon besar yang dijadukan bahan baku kertas. Artinya, aplikasi ini telah membantu efisiensi budget event mencapai hamper Rp1 miliar. 

“Perkembangan aplikasi ini dari pertama kali release benar-benar luar biasa. Sampai saat ini, Ngampooz sudah memiliki lebih dari 120 ribu user. Jika dipukul rata-rata kurang lebih ada 10 ribu user baru yang terdaftar di Ngampooz setiap bulan,” ujar Gatot Wicaksono, Co-founder Ngampooz.

Ngampooz © 2019 brilio.netWendi Usino, Dosen Cyber Communication Universitas Budi Luhur (tengah) merasakan manfaat Ngampooz

Hal ini pun diakui Wendi Usino, Dosen Cyber Communication Universitas Budi Luhur. Menurutnya, dulu banyak kampus saat membuat event seringkali kebingungan. Cost yang harus dikeluarkan kampus mulai dari menyetak undangan, sertifikat hingga pendaftaran cukup besar sehingga usaha yang dilakukan harus lebih besar.

Bahkan efisiensi yang bisa diraih mencapai 50 persen dari perkiraan budget sebelumnya. “Setelah menggunakan aplikasi ini, kita nggak perlu lagi nyetak sertifikat dan distribusinya mudah,” ujar Wendi.

Selain itu lenjut Webdi saat pendaftaran, kampus sudah bisa memprediski jumlah peserta kegiatan. Dengan begitu mereka bisa mempersiapkan gedung atau venue yang disesuaikan dengan kapasitas perserta. “Banyak hal bermanfaat yang kami rasakan saat menggunakaan aplikasi ini,” lanjut Wendi. 

Nah yang cukup menarik, aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan dosen untuk pendapatan tambahan melalui fitur open class. Dosen juga bisa mengajar mahasiswa lain di luar kampusnya melalui fitur ini dengan menentukan materi open class secara berbayar.

“Aplikasi ini membuka peluang bagi dosen untuk membagi pengetahuan atau ilmunya keluar kampus dan bisa menghasilkan uang tambahan,” tutup Wendi. 

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Aplikasi Kampus Berprestasi Pendidikan Kuliah Dosen
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE