Brilio.net - Perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Samsung kembali mendobrak pasar smartphone kelas premium dengan merilis perangkat baru, Samsung A52. Perangkat yang secara resmi diluncurkan akhir Maret 2021 lalu ini membawa sejumlah komponen modern dengan fitur mumpuni untuk mendukung aktivitas sehari-hari pengguna.

Smartphone berbasis Android 11 ini mengusung desain fisik modern dengan visualisasi pada layarnya. Performa ruang pacu juga gahar. Tak ayal smartphone ini pun menjadi pilihan kelas menengah yang menginginkan smartphone canggih berkelas. Kini Samsung A52 juga hadir dalam versi 5G yang kabarnya dibanderol pada kisaran Rp 4,9 jutaan.

Mau tahu lebih lengkap tentang keunggulan ponsel cerdas ini? Simak ulasan Samsung A52 harga dan spesifikasi terbaru.

1. Desain dan warna

Samsung A52 Spek © 2021 brilio.net

Bentuk bodi Samsung A52 mengusung diagonal 159.9 x 75.1 x 8.4 mm dan memiliki bobot hingga 189 gram. Jadi selain membuat tampilannya begitu slim, juga terasa ringan ketika digenggam. Selain itu, pilihan warnanya cukup variatif, antara lain warna Awesome Black, Awesome White, Awesome Violet, dan Awesome Blue yang begitu elegan. Menariknya Galaxy A52 ini telah mendapat sertifikasi IP67 yang membuat perangkat ini mampu bertahan di dalam air pada kedalaman hingga 1 meter selama 30 menit.

2. Layar

Samsung A52 Spek © 2021 brilio.net

Sementara itu, layar Samsung A52 memiliki tingkat ketajaman yang sangat tinggi untuk sekelas perangkat premium kelas menengah. Bukan tanpa alasan mengingat Samsung telah mengandalkan panel Super AMOLED Full HD+ pada layarnya yang berukuran 6.5 inci dengan tingkat kecerahan hingga 800 nits. Pada sektor layarnya Galaxy A52 juga menggunakan pelindung layar Corning Gorilla Glass 5 yang sangat efektif untuk mencegah goresan layar dari benda tajam.

3. Performa

Samsung A52 Spek © 2021 brilio.net

Beranjak ke segmen dapur pacu, smartphone ini telah mendapat bekalan beberapa komponen yang memiliki kemampuan super andal untuk menjamin kinerja program secara maksimal. Prosesornya mengusung chipset Snapdragon 720G dengan kecepatan CPU hingga 2.3 GHz. Sehingga, akan menjamin aktivitas kinerja dari tiap komponen saling terintegrasi dalam satu sistem secara cepat.

Belum lagi dengan RAM 8 GB untuk menjamin kinerja multitasking yang responsif sehingga pengguna mendapat pengalaman membuka setiap program atau aplikasi tanpa kendala. Memori penyimpanan juga hadir dengan dua pilihan, yakni 128 GB dan 256 GB yang bisa diekspansi dengan kartu SD hingga 1TB. Sementara untuk jantung operasionalnya, smartphone ini mempercayakan pada platform OS Android 11 dengan user interface One UI 3.1 yang dinilai sangat fleksibel guna memudahkan pengguna dalam mencari setiap menu.

4. Kamera

Samsung A52 Spek © 2021 brilio.net

Kamera smartphone ini hadir dengan membawa 4 lensa sebagai kamera utama dan belakang yang mana masing-masing memiliki peran. Keempat lensa tersebut memiliki tingkat resolusi 64 MP sebagai lensa utamanya, 12 MP (ultra-wide), 5 MP lensa makro, dan 5 MP sebagai sensor kedalaman.

Menariknya, kamera pada smartp[hone ini sanggup merekam video dengan kualitas hingga 4K. Sehingga, akan menghasilkan video yang terkesan sangat realistis. Begitu juga dengan kamera depan yang beresolusi 32 MP, bisa digunakan untuk merekam video 4K.

5. Harga

Samsung A52 Spek © 2021 brilio.net

Harga Samsung A52 2021 terbaru berdasarkan situs resmi Samsung Indonesia, dibanderol Rp 4.999.000. Nominal yang cukup mahal namun bila disandingkan dengan spek, fitur, dan segmentasi pasarnya, jelas angka pada harga smartphone ini cukup sebanding.