Brilio.net - Baru-baru ini, Samsung Electronics Co., Ltd memperkenalkan produk gadget teranyar Samsung Galaxy S20 dalam acara “Galaxy Unpacked 2020” di Palace of Fine Arts, San Fransisco, Amerika Serikat. Produk ini diklaim sebagai smartphone seri flagship pertama Samsung yang secara keseluruhan mengusung konektivitas 5G dan teknologi kamera berbasis Artificial Intelligence (AI), yang diciptakan untuk kebutuhan komunikasi masa depan.

Salah satu kecanggihan smartphone ini adalah arsitektur kamera terbaru yang menggabungkan AI dengan image sensor terbesar dari Samsung untuk menghasilkan kualitas foto yang menawan. Tak heran jika perangkat ini disebut-sebut bisa mengubah pengalaman penggunanya saat mengabadikan dan menikmati berbagai keseruan dunia.

“Memasuki dekade baru ini, 5G akan mengubah cara kita berkomunikasi dan menikmati dunia secara keseluruhan,” ujar TM Roh, President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics dalam keterangan resmi yang diterima Brilio.net baru-baru ini.

Selain kamera, Samsung S20 juga akan membuat pengalaman penggunanya melakukan apapun yang disukai melalui smartphone lebih mudah dan lebih baik seperti menikmati musik yang disiapkan khusus untuk penggunanya di setiap momen, menyaksikan video dengan tampilan terbaik dan memainkan gim console-style di manapun.

Loading...

Saat peluncuran perdana di negeri Paman Sam, Samsung memperkenalkan tiga seri sekaligus yakni Galaxy S20, Galaxy S20+, dan Galaxy S20 Ultra. Di mana masing-masing perangkat memiliki warna-warna menawan. Untuk seri Galaxy S20 dibalut tiga warna berbeda yakni Cosmic Grey, Cloud Blue, Cloud Pink. Begitu juga dengan Galaxy S20+ yang juga dibalut warna Cosmic Grey, Cloud Blue, dan Cosmic Black. Sementara Galaxy S20 Ultra dibalut warna Cosmic Grey dan Cosmic Black.

Merunut seri Galaxy terakhir yakni Galaxy S10, seharusnya produk terbaru yang diluncurkan ini diberi nama Galaxy S11. Namun ada makna tersendiri kenapa Samsung mengusung seri Galaxy terbarunya dengan nama S20. Nama ini sendiri digunakan untuk menandai satu dekade (10) tahun tepatnya Samsung telah memasarkan seri Galaxy S. Galaxy S20+ dan Galaxy S20 Ultra disebut-sebut sebagai perangkat pertama yang dapat mendukung spektrum jaringan sub-6 dan mmWave.

Sedangkan Galaxy S20 mendukung spektrum jaringan sub-6. Ketiga seri Galaxy S20 dapat beroperasi di jaringan 5G non-standalone (NSA) dan standalone (SA). Ketiga model pada seri Galaxy S20 dari Samsung ini memiliki beberapa perbedaan, seperti pada ukuran layar, jumlah kamera, dan kapasitas baterai.

Smartphone ini menawarkan layar sentuh AMOLED berukuran 3.2 inci. Sistem operasi Android yang digunakan pada handphone ini adalah OS Android Cupcake 1.5.

Dikabarkan perangkat ini akan tersedia di Indonesia mulai 6 Maret 2020. Nah, buat kamu yang penasaran seperti apa kecanggihan produk teranyar Samsung ini, berikut lima keunggulan Samsung Galaxy S20.  

2 dari 3 halaman

1. Layar memukau dan responsif untuk bermain gim

Samsung Galaxy S20 mengusung layar Dynamic Amoled 2X Capacitive Touchsreen. Layar ini ini disebut-sebut mampu membuat tampilan warna layar smartphone menjadi lebih tajam, vibran, serta nyaman untuk scrolling maupun mengetik.

Dengan layar Dynamic Amoled 2X Capacitive, kamu juga akan mendapatkan pengalaman cinematic viewing yang telah mempunyai HDR 10+ certified display. Teknologi eye strain reduction pada smartphone Samsung Galaxy S20 juga mampu mengurangi blue light pada layar hingga 18% lebih baik dari seri Galaxy sebelumnya, Galaxy S10 tanpa mengurangi kualitas layar.

Selain itu, layar smartphone Samsung Galaxy S20 juga dibekali dengan 120 Hz Display Support (up to FHD resolution). Yang lebih menarik, smartphone Samsung Galaxy S20 punya 240 Hz touch sensitivity. Dengan touch sensitivity sebesar itu, layar smartphone Samsung Galaxy S20 akan menjadi lebih responsif untuk bermain gim.

Adapun, smartphone Samsung Galaxy S20 hadir dengan layar 6.2 inci dan beresolusi 1440x3200 pixels. Selain itu, layar smartphone Samsung Galaxy S20 mengusung 20:9 ratio (563 ppi density). Untuk perlindungan, layar smartphone Samsung Galaxy S20 dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 6.

2. Bodi yang elegan dan modern

Smartphone Samsung Galaxy S20 dirancang dengan aneka inovasi desain terbaru. Salah satunya adalah Infinity-O-display, sehingga lubang kamera smartphone Samsung Galaxy S20 berada di tengah sisi atas, bukan pojok kanan seperti seri Galaxy pendahulunya, yakni Samsung Galaxy S10.

Perlu diketahui, smartphone Samsung Galaxy S20 mempunyai dimensi 151.7x69.1x7.9 mm (5.97x2.72x0.31 inci) dengan bobot 163 gram. Smartphone Samsung Galaxy S20 diketahui akan hadir dalam 3 varian warna, yakni Cosmic Grey, Cloud Blue, dan Cloud Pink.

Sebagai informasi, smartphone Samsung Galaxy S20 dirancang dengan perlindungan Gorilla Glass 6 pada bagian Glass Front dan Glass Back serta menggunakan Aluminium Frame. Selain itu, smartphone Samsung Galaxy S20 juga telah mempunyai IP68 dust/water resistant (up to 1.5 meter untuk 30 menit).

3. Kamera selfie yang keren

Smartphone Samsung Galaxy S20 dibekali dengan dual camera selfie yang keren. Spesifikasi lengkap kamera depan smartphone Samsung Galaxy S20 yakni resolusi 10 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/3.2", 1.22µm, Dual Pixel PDAF.

Selain itu, smartphone Samsung Galaxy S20 juga dilengkapi fitur Single Take sehingga kamu tidak perlu mengambil foto atau video berulang kali untuk mencari angle yang tepat. Dengan fitur Single Take, kamu bisa mendapat opsi foto atau video dari beragam angle serta efek.

Cukup tekan tombol shutter sekali saat menggunakan fitur Single Take, dan AI akan menganalisisnya untuk menghasilkan 14 foto ataupun video yang berbeda. Perlu diketahui, fitur Single Take membutuhkan waktu minimal 3 detik untuk mengambil foto atau video serta maksimal 10 detik.

Kualitas video yang dapat dihasilkan kamera selfie smartphone Samsung Galaxy S20 adalah 2160p@30/60fps dan 1080p@30fps. Selain itu, terdapat pula fitur dual video call serta auto-HDR.

3 dari 3 halaman

4. Didukung triple kamera belakang yang berkualitas

Smartphone Samsung Galaxy S20 mempunyai triple kamera di bagian belakangnya. Spesifikasinya terdapat kamera  12 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.76", 1.8µm, Dual Pixel PDAF, OIS. Lalu ada juga kamera 64 MP, f/2.0, (telephoto), 0.8µm, PDAF, OIS, 3x hybrid optical zoom, dan kamera 12 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1.4µm, AF, Super Steady video

Triple camera ini mempunyai space zoom. Kamera sekelas profesional yang mampu memperbesar objek hingga 10 kali. Meski begitu, gambar yang dihasilkan tetap jernih dan tidak ada noise. Menariknya, triple kamera belakang smartphone ini  juga mampu melakukan hingga 30x zoom. Selain itu, smartphone Samsung Galaxy S20 juga didukung fitur Night Mode dengan sensor 3x lebih banyak. Fitur Night Mode ini akan mendukung kamu untuk mengabadikan gambar yang tetap jernih meski dilakukan di malam hari.

Hebatnya, fitur Night Mode ini mampu menggabungkan hingga 30 gambar secara praktis untuk menghasilkan foto jernih dengan noise minimal ketika malam hari. Dilengkapi HDR video sehingga kamu pun bisa membuat video yang cerah dan kaya warna ketika malam hari.

Untuk kualitas video, Samsung Galaxy S20 diklaim sebagai smartphone pertama yang mampu meningkatkan resolusi kamera hingga kualitas 8K. Sebagai informasi, dengan kualitas ini berarti kamu dapat membuat video yang punya resolusi 4x lebih tinggi dari UHD serta 16x lebih tinggi dari FHD. Terdapat juga fitur Super Steady yang akan membuat kamu lebih stabil memegang smartphone Samsung Galaxy S20 saat membuat video.

Kualitas video yang dapat dihasilkan triple camera di bagian belakang smartphone Samsung Galaxy S20 adalah 4320p@24fps, 2160p@30/60 fps, 1080p@30/60 fps, 1080@30/60/240 fps, serta 720p@960 fps. Selain itu, terdapat pula fitur HDR10+, dual-video rec, stereo sound rec, serta gyro-EIS & OIS.

5. Prosesor tangguh dan dukungan RAM LPDDR5

Smartphone Samsung Galaxy S20 menggunakan prosesor ataupun SOC (system on chip) buatan produsen asal Korea Selatan tersebut, yakni Exynos 990. Ini merupakan pertama kalinya prosesor Exynos 990 digunakan pada smartphone seri Galaxy dari Samsung. Spesifikasinya, Chipset: Exynos 990 (7 nm+), CPU: Octa-core (2x2.73 GHz Mongoose M5 & 2x2.60 GHz Cortex-A76 & 4x2.0 GHz Cortex-A55), dan GPU: Mali-G77 MP11

Sedangkan untuk sistem operasi, smartphone Samsung Galaxy S20 menggunakan Android 10.0 yang dibalut dengan One UI 2. Selain itu, Samsung Galaxy S20 merupakan smartphone pertama yang memakai RAM LPDDR5 sebesar 8 GB.

Dengan spesifikasi tersebut, tentulah bermain gim menggunakan smartphone Samsung Galaxy S20 akan menjadi semakin menyenangkan. Kamu pun bisa menjalankan berbagai gim yang punya grafis tinggi ataupun aktivitas multi-tasking lainnya tanpa hambatan.

Apalagi, dengan kapasitas penyimpanan internal sebesar 128 GB yang terdapat pada smartphone Samsung Galaxy S20 akan mempermudah kamu dalam menyimpan apa saja. Kapasitas penyimpanan internal yang sangat lega tersebut akan membuat kamu lebih praktis menyimpan berbagai file, musik, video, ataupun koleksi game favorit di smartphone Samsung Galaxy S20.

Dibanderol dengan harga Rp 12.999.000, smartphone Samsung Galaxy S20 saat ini sudah mulai bisa dipesan secara pre-order di website resminya. Tertarik membeli?

RECOMMENDED BY EDITOR