Brilio.net - Sebagai salah satu perusahaan teknologi besar di dunia, OPPO selalu menghadirkan inovasi produk setiap waktunya. Nggak heran kalau produsen smartphone asal Negeri Tirai Bambu tersebut sering dijadikan pilihan termasuk masyarakat Indonesia.

Masuk ke Indonesia pada tahun 2013 silam, OPPO menghadirkan perangkat dengan spesifikasi yang mumpuni. Tak hanya unggul dalam aspek kinerjanya saja, namun juga memproduksi perangkat dengan desain dan tampilan luar yang premium. Bahkan OPPO juga berhasil membuat terobosan teknologi 5G, kecerdasan buatan hingga pencitraan dan VOOC fastcharger demi memberikan pengalaman baru pada konsumen.

Namun sebelum sukses menjual gawai pintar seperti saat ini, OPPO rupanya telah lebih dulu memproduksi beragam perangkat teknologi, di antaranya seperti MP3 Player, DVD, Disc Player, eBook, hingga LCD TV. Yups, 17 tahun berdiri beberapa produk OPPO yang lalu ternyata jadi salah inspirasi desain untuk produk barunya earphone TWS, yakni OPPO Enco X.

Nah, ingin tahu seperti apa evolusi earphone sebelum OPPO Enco X? Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (23/8).

1. OPPO pada awalnya fokus ke sektor multimedia dengan OPPO MP3 X3 (2005).

evolusi earphone sebelum OPPO Enco X © 2022 brilio.net

foto: oppo.com

Sebelum sukses menjual smartphone, OPPO dahulunya merupakan produsen yang fokus membuat alat-alat pendidikan dan MP3 player. Salah satu produknya yaitu OPPO MP3 X3 yang diperkenalkan pada 2005. OPPO MP3 X3 merupakan pemutar musik berjenis MP3 yang memiliki desain menarik kala itu.

Salah satu ciri khasnya dapat dilihat melalui desain cincin bintangnya, yang menunjukkan perpaduan harmonis antara keterampilan teknis dan estetika. Produk inilah yang kemudian desainnya menjadi inspirasi dari sebuah stereo bluetooth earphone premium, OPPO Enco X.

2. Masuk ke dunia handphone dengan OPPO A103 (OPPO Smiley).

evolusi earphone sebelum OPPO Enco X © 2022 brilio.net

foto: oppo.com

Pada 2006, perusahaan yang didirikan oleh Tony Chen ini mulai mengembangkan sayap bisnisnya ke produksi handphone. Saat itu perangkat yang dijual baru sebatas feature phone. Lalu tahun 2008 menghadirkan produk OPPO A103. Perangkat ini dikenal dengan OPPO Smiley lantaran pada bagian belakang kamera dari ponsel ini menghadirkan bentuk emoticon senyum yang ikonik.

3. Gandeng ahli akustik dari Eropa Utara untuk Enco X.

evolusi earphone sebelum OPPO Enco X © 2022 brilio.net

foto:  oppo.com

OPPO Indonesia resmi meluncurkan OPPO Enco X, inovasi earphone nirkabel premium yang mampu memberikan pengalaman terbaik bagi pecinta teknologi dan audio. Nah, rupanya produk ini merupakan hasil pengembangan OPPO bersama Dynaudio. Dynaudio merupakan brand audio speaker HiFi terkemuka asal Denmark yang telah berdiri sejak tahun 1977.

Untuk menghadirkan audio yang presisi secara digital, OPPO mengeksplorasi 30 jenis bahan berbeda dan 152 komponen, serta memulai 120 modifikasi struktural di laboratorium akustik terbesar di Dynaudio. Desain dan pengaturan OPPO Enco X dilakukan oleh tim ahli akustik Dynaudio yang dipimpin oleh kepala ahli akustik Daniel Emonts.

4. Teknologi terkini seperti Low Latency Bluetooth.

evolusi earphone sebelum OPPO Enco X © 2022 brilio.net

foto: oppo.com

Enco X juga didukung fitur canggih seperti Low Latency Bluetooth. Dengan teknologi ini memungkinkan proses streaming audio dalam resolusi yang lebih tinggi melalui Bluetooth dan memberikan range suara yang lebih detail. Selain itu Low Latency Bluetooth juga menghadirkan stabilitas yang lebih baik, optimasi ultra low latency dalam level system yang rendah, serta pengurangan latensi yang lebih kuat.

5. Mikrofon peredam bising dengan algoritma.

evolusi earphone sebelum OPPO Enco X © 2022 brilio.net

foto: oppo.com

OPPO dengan produk IoT-nya semakin memanjakan pelanggan. Produk ini didesain agar seamless dengan smartphone buatannya. OPPO Enco X dilengkapi dengan tiga mikrofon panggilan peredam bising, filter adaptif, dan pendeteksi angin. Produk ini memastikan bahwa suara kamu ditransmisikan dengan sempurna dalam panggilan telepon. Yang lebih menarik, TWS OPPO Enco X ini juga dibekali baterai yang cukup oke, tahan sekitar 5,5 jam tanpa ANC dan 4 jam ketika ANC aktif.

Sementara jika digabungkan dengan baterai pada casing-nya, total daya tahan baterainya mencapai 24 jam. TWS ini juga telah didukung teknologi pengisian nirkabel (wireless charging) sehingga kamu dapat terus mendengarkan musik saat mengisi baterai.

Earphone Enco X menampilkan desain agronomis yang inovatif, dengan berat 4.8gr dengan earbuds tip dalam 2 tingkat ukuran, untuk memastikan stabilitas dan kenyamanan pengguna. Nggak hanya itu, earphone ini tahan terhadap hujan atau keringat. Dengan IP54 tahan terhadap debu dan air. Earphone ini dapat menemani kamu melewati angin kencang, hujan, hingga berolahraga. Tak perlu khawatir, perangkat Enco X juga memiliki kontrol sentuh yang nyaman dan dapat disesuaikan dengan aplikasi loh.

Nah, ingin tahu lebih lanjut lagi bagaimana IoT OPPO memudahkan hidupmu? Klik di sini.

(brl/lak)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/lak)