Brilio.net - Beli barang baru tapi palsu alias “KW” atau pilih preloved (seken) tapi orisinil? Pertanyaan ini kerap muncul dalam benak banyak orang. Tidak sedikit dari mereka yang bingung saat ingin berbelanja barang yang diincar. Apalagi jika barang tersebut merupakan produk branded.   

Sebagian mungkin memilih barang baru meski KW. Yang penting bisa bergaya. Tapi tidak sedikit juga yang lebih memilih barang ori walaupun kondisinya seken. Nah buat Sobat Brilio yang suka berburu barang-barang ori, kini ada lho aplikasi yang menawarkan berbagai produk yang dijamin keasliannya.

Caranya lewat lelang online menggunakan platform Youb.id. Bukan cuma sekadar ikut lelang, tapi platform ini juga mengajak kamu untuk berdonasi. Tak heran jika aplikasi besutan PT Tria Ventura ini disebut sebagai aplikasi berbasis socioentrepenuer yaitu penggabungan antara aktivitas ekonomi yang berdampak sosial.

Lelang Online © 2019 brilio.net Chief Executive Officer Youb.id Viar Hendiar (kiri) dan Aris Maryadi, Chief Technology Officer (CTO) Youb.id.

Aplikasi ini merupakan platform digital ekonomi dengan aktivitas lelang online customer to customer (C2C) yang menawarkan konsep keamanan dan kenyamanan dan juga donasi sosial. Karena itu aplikasi ini juga memiliki kanal Youb.id Fundraising untuk donasi.     

Di dalam aplikasi ini, konsumen bakal mendapatkan pengalaman lelang beragam kategori barang, seperti produk fashion (pakaian, aksesoris wanita dan pria), elektronik, gadget, barang-barang koleksi, produk otomotif, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa memanfaatkan aplikasi ini pangguna bisa mengunduhnya melalui Apple AppStore atau Google Play Store. Setelah itu pengguna harus registrasi. Chief Executive Officer Youb.id Viar Hendiar menyatakan pihaknya mengembangka Youb.id dan Youb.id Fundraising sejak 2018 lalu dan mulai on air di Google Play Store pada Januari 2019.

Lelang Online © 2019 brilio.net Dua gitar merek Ibanez yang juga dilelang dalam aplikasi Youb.id. Salah satunya (kiri) gitar 70s Ibanez Les Paul Custom, yang pernah digunakan Baron, mantan personel GIGI. 

“Secara prinsip hampir semua jenis atau kategori barang dapat dilelang di platform Youb.id, asal tidak termasuk dalam barang dan item yang dilarang dilelang. Seperti barang yang mengandung unsur pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (hak cipta, merek dagang, hak desain, dan hak paten),” ujar Viar saat soft launching aplikasi ini di Jakarta, Minggu (27/10).

Ia menambahkan, data-data pribadi dalam bentuk apa pun, benda peninggalan bersejarah, budaya, atau temuan arkeologi tidak dapat dilelang dalam aplikasi ini. Selain itu jenis barang yang juga masuk “daftar hitam” lelang adalah obat-obatan serta produk medis dan farmasi lainnya, kartu identitas dan dokumen resmi, perangkat lunak atau keras untuk decoding/dekripsi maupun nomor seri pembuka program/akses tidak sah, dan lain-lain.

Untuk memberikan kenyamanan pengguna, platform ini memiliki sistem yang membuat lelang maupun donasi berlangsung aman tanpa celah kecurangan, penipuan, serta pengguna atau penawaran fiktif. Di aplikasi ini member dapat melakukan kegiatan lelang secara aktif, baik sebagai pelelang (seller) maupun sebagai penawar (bidder) dan pembeli (buyer). 

“Youb.id menawarkan pengalaman aktivitas lelang online yang seru dan fleksibel bagi seluruh anggotanya, dengan jaminan keamanan transaksi dalam pembayaran serta pengiriman barangnya,” ujar Aris Maryadi, Chief Technology Officer (CTO) Youb.id.

Lelang Online © 2019 brilio.net Diecast buldozer, salah satu item yang dilelang dalam aplikasiYoub.id.

Untuk keamanan transaksi, Youb.id menggandeng payment gateway Midtrans yang sudah teruji keandalannya. Cara lain, tersedia pula ragam saluran pembayaran lain, seperti transfer bank ke virtual account. Kemudian pembayaran via ATM di jaringan ATM Prima, ATM Bersama, dan ALTO.

Aris menjamin seluruh proses pembayaran melalui Youb.id lebih transparan dan terhindar dari kemungkinan kecurangan, apalagi penipuan. “Kami sangat menjaga privasi dan keamanan pengguna. Misalnya sistem keamanan internet menggunakan SSL (Secure Socket Layer) dengan enkripsi 256 bit, selain bekerja sama dengan payment gateway Midtrans,” ujar Aris.

Ada beberapa keunggulan aplikasi ini di antaranya pengiriman barang dilakukan Youb.id sendiri. Tujuannya agar pengiriman barang hasil lelang kepada pemenang dapat dipantau secara langsung. Selain itu fasilitas yang yang ditawarkan juga memudahkan penjual dengan adanya pola pick up oleh shipper dari Youb.id.

Proses lelang pun dilakukan dengan cara transparan dan tak ada istilah “kongkalikong” antar peserta lelang untuk menaikkan harga barang. Karena itu berbagai notifikasi proses lelang disampaikan secara otomatis. Fungsinya untuk mengingatkan member akan transaksi ataupun aktivitas pelelangan. Tersedia juga opsi buy now yang memungkinkan penawar langsung memenangi lelang dengan harga tertentu yang ditetapkan penjual, tanpa menunggu masa akhir lelang. 

Jadi, masih tetap mau pilih barang baru tapi KW atau yang orisinil meski preloved alias seken?