Brilio.net - IG atau Instagram kini sudah bukan aplkiasi media sosial yang asing bagi banyak kalangan. Mulai orang tua, remaja, hingga anak-anak menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini kerap menghadirkan fitur-fitur menarik yang selalu diperbarui secara berkala.

Seiring dengan kehadiran aplikasi Instagram memunculkan beberapa fenomena dan istilah seperti baru, seperti selebgram dan influencer. Mereka biasanya memiliki follower atau pengikut yang banyak. Akun selebgram maupun influenser ditandai dengan centang biru di IG.

Sebenarnya centang biru merupakan tanda verifikasi yang diluncurkan Instagram untuk memastikan bahwa akun tersebut asli dan mencegah penipuan yang dilakukan akun palsu. Namun, Instagram hanya menverifikasi orang-orang yang dianggap cukup penting bagi seseorang.

Umumnya saat ini centang biru banyak melekat pada akun Instagram selebriti. Mungkin sebagian dari kamu juga penasaran bagaimana cara mendapatkan centang biru tersebut. Apa saja syarat serta cara untuk mendapatkannya?

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (18/12), syarat dan cara untuk kamu yang ingin mendapatkan centang biru.

Loading...

Syarat dapatkan centang biru di IG.

Syarat umum akun Instagram mendapatkan centang biru adalah dengan mendapatkan pengikut atau follower dalam jumlah banyak. Ya, dengan menjadi terkenal secara online, misal menjadi influencer bisa membuat akunmu difollow banyak akun. Berikut untuk figur yang akan diverifikasi akunnya oleh pihak Instagram.

1. Selebriti.

foto: brilio.net

Seperti kita tahu deretan akun artis hampir sebagian besar memverifikasi akun Instagramnya untuk mendapatkan centang biru. Sebagai tokoh terkenal akun yang terverifikasi juga akan memudahkan para fans dan penggemarnya dalam mencari akun asli selebriti tersebut. Hal ini juga menghindari para oknum nakal yang membuat akun palsu dan dimanfaatkan untuk sebuah keuntungan pribadi.

2. Atlet dan seniman.

foto: brilio.net

Begitu banyak atlet dan seniman yang juga memiliki akun Instagram. Mereka berpeluang untuk mendapatkan centang biru ini. Tetapi syaratnya kamu harus menjadi salah satu altet atau seniman ternama yang dikenal oleh banyak orang. Misalnya saja atlet badminton, Jonatan Christie yang merupakan salah satu atlet cukup populer di Indonesia. Ia juga mendapatkan verifikasi di akun Instagram pribadinya.

3. Merek terkenal.

foto: freepik.com

Saat ini kebanyakan merek produk terkenal baik lokal maupun internasional semuanya memiliki akun Instagram. Mereka menggunakannya untuk pengembagan dan pemasaran bisnis agar dikenal masyarakat secara luas. Nah, merek terkenal ini telah menverifikasi akun Instagramnya agar konsumer tidak tertipu dengan akun-akun palsu yang memanfaatkan.

4. Tokoh masyarakat atau pemerintahan.

foto: brilio.net

Syarat selanjutnya yaitu tokoh masyarakat dan tokoh pemerintahan seperti presiden dan jajarannya ke bawah. Hal tersebut bertujuan agar para tokoh terhindar dari pemalsuan akun.

5. Akun hits.

foto: brilio.net

Untuk menjadi akun yang hits mungkin bisa dibilang gampang-gampang susah. Kamu bisa membuat akun yang menarik dengan konten-konten yang minati oleh banyak orang. Seperti akun lelucon, akun informasi ataupun akun yang memberikan berbagai referensi pada pengguna lainnya. Intinya akun tersebut sering diperbincangkan oleh publik.

6. Akun dengan lonjakan follower yang dan like cepat.

foto: freepik.com

Biasanya akun dengan lonjakan follower dan like cepat bisa dialami oleh para kontestan pencarian bakat. Banyak orang yang sengaja mencari akun Instagram mereka untuk sekadar stalking ataupun bahkan turut mengikutinya. Dengan demikin para pemilik akun itu juga dapat memiliki peluang untuk bisa mendapatkan centang biru.

7. Selebgram.

foto: brilio.net

Kini bermunculan para figur yang disebut selebgram atau orang yang begitu populer dikalangan Instagram. Mereka ini juga berkesempatan untuk mendapatkan centang biru, menghindari hal-hal yang dapat merugikan mereka.

8. Akun pribadi yang banyak diduplikat oleh akun palsu.

foto: freepik.com-

Jika akun Instagrammu banyak diduplikasi oleh orang lain mungkin kamu juga akan mendapatkan kemudahan untuk diverifikasi mendapatkan centang biru. Sebab akun pribadi yang banyak di duplikasi pihat lain akan menimbulkan kerugian serta memeberikan keuntungan pihak akun palsu.

Cara dapatkan centang biru di IG.

foto: freepik.com

Berikut cara mendapatkan centang biru di Instagram, yang bisa kamu coba untuk akunmu.

1. Masuk dan buka profil akun Instagram kamu. Setelah itu klik bilah tiga baris di sudut kanan atas.

2. Setelah mengklik tiga bilah di kanan atas kamu bisa melihat opsi Pengaturan, yang terletak di bagian bawah tampilan layar. Setelah itu klik Pengaturan dan pilih Permintaan Verifikasi.

3. Ya pengguna yang ingin diverifikasi dan mendapatkan centang biru di Instagram hanya perlu mengisikan data diri seperti username, nama lengkap, dan melampirkan foto identitas diri seperti KTP, SIM, ataupun paspor. Setelah kamu melampirkan foto, kamu bisa pilih kirim.

Sebagai informasi meski kamu telah mencoba mengirimkan permintaan untuk diverifikasi, namun tidak menjamin bahwa akun kamu akan diverifikasi oleh pihat Instagram. Pengguna juga akan diberitahu oleh Instagram apakah pengajuan itu diterima atau ditolak. Instagram juga menegaskan jika pengajuan ini gratis alias tidak dipungut biaya.

RECOMMENDED BY EDITOR