Brilio.net - Ponsel pintar Google Pixel selalu memberikan fitur yang terbaik, apalagi pada bagian kamera seri terbaru ponsel dari Perusahaan Google, seri Google Pixel 6. Banyak juga fitur-fitur terbaru yang layak dicoba di ponsel ini, terutama fitur Magic Eraser pada bagian kamera.

Magic Eraser adalah fitur yang membuat pengguna dapat mengedit foto dan menghilangkan benda yang tak diinginkan di dalam foto. Dengan ini, tentu saja fitur Magic Eraser menjadi fitur yang berguna bagi pencinta fotografi dan menggairahkan bila digunakan secara general.

Saat ini karena Magic Eraser dirilis menjadi fitur eksklusif untuk seri Google Pixel 6, ada trik untuk menggunakannya pada ponsel Android lain, dengan catatan ponsel tersebut harus telah di-update ke sistem operasi Android 12. Bila sudah update ke OS Android 12, fitur baru dari Google ini bisa diakses dengan file APK yang dapat diunduh.

Sebelum mengetahui caranya, ketentuan yang harus dipenuhi untuk mendapat fitur Magic Eraser adalah pengguna harus melakukan sideloading versi aplikasi Google Photos terbaru. Selain itu, ketentuan lain adalah pengguna harus meng-update perangkat OS-nya ke Android 12.

Langkah-langkah untuk mendapatkan fitur Magic Eraser untuk pengguna non-pixel di Android 12 sebagai berikut, seperti dilansir brilio.net dari smartprix, Selasa (2/11).

1. Download aplikasi Split APKs Installer (SAI) yang ada di Play Store.

2. Download APKs file Google Photos, karena Google Photos regular tidak bisa untuk mendapat fitur ini.

3. Buka aplikasi SAI, ketuk 'Install APKs' dan pilih 'System file picker'. Kamu akan disuguhkan pilihan untuk memberikan akses file dari ponselmu.

4. Cari dan pilih Google Photos.apks yang baru saja diunduh. Google Photos akan membeberkan file baru atau recent file, namun ini juga akan ada di folder Downloads.

5. Ketuk Install dan izinkan SAI untuk menginstal file tak dikenal.

6. Pilih 'Update' pada waktu di system install prompt.

7. Buka Google Photos dan fitur Magic Eraser sudah bisa digunakan. Kamu bisa mengaksesnya dengan pergi ke tombol Edit waktu melihat-lihat gambar di Google Photos.

Selebihnya, Magic Eraser untuk saat ini bisa diinstal di ponsel Android 12 non-pixel. Namun perlu diketahui, hal ini mungkin akan berubah kemudian. Ada kemungkinan aplikasi Google Photos menghapus fitur ini. Kemungkinan lain adalah Google akan menghentikan fitur ini dalam sisi server.