Brilio.net - Perkembangan teknologi telah membawa perubahan besar dalan kehidupan. Beragam software multimedia terus diciptakan untuk membantu setiap pekerjaan.

Sekadar diketahui, software adalah suatu perangkat lunak berupa program komputer yang berfungsi untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Bisa juga diartikan sebagai data yang diprogram dan disimpan dalam bentuk aplikasi termasuk program komputer, dokumentasi, dan berbagai informasi yang ada bisa dibaca dan ditulis komputer.

Dari jenisnya, software dibagi menjadi lima, yakni freeware (perangkat lunak gratis), shareware (menawarkan jangka waktu tertentu sebelum berbayar), firmware (perangkat lunak yang ada dalam memory read only), commercial software (software berbayar), dan free software (perangkat lunak bebas).

Namun jenis software tidak sama lho, dengan macam-macam software. Nah, sebagai tambahan informasi, berikut macam-macam software aplikasi beserta fungsinya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (17/4).

-1. Software browser.

Macam-macam software berbagai sumber

Loading...

foto: freepik.com

Software browser lebih dikenal dengan mesin pencari atau search engine. Fungsi software browser adalah untuk mencari informasi menggunakan salah satu aplikasi search engine, misalnya mencari informasi di Google.

Dengan menggunakan software browser, semua informasi yang kamu butuhkan dapat ditemukan dengan mudah dan cepat. Beberapa software browser misalnya:

- Google Chrome

Google Chrome adalah sebuah peramban web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium.

- Windows Internet Explorer

Windows Internet Explorer adalah peramban web dan perangkat lunak yang gratis dari Microsoft dan disertakan dalam setiap rilis sistem operasi Microsoft Windows sejak 1995.

-2. Software jaringan.

Macam-macam software berbagai sumber

foto: freepik.com

Software jaringan adalah software yang digunakan untuk memantau segala aktivitas yang berhubungan dengan komunikasi jaringan antar device yang terhubung. Sehingga dengan melalui software jaringan, segala aktivitas dan komunikasi yang dilakukan dapat dipantau dengan jelas. Apakah terdapat tindakan yang seharusnya dilakukan atau tidak.

Dengan adanya software ini, semua komputer atau host akan terhubung sehingga keamanan penggunaan data pun mudah dipantau. Software jaringan yang sering digunakan adalah Microsoft Network Monitor, Nmap, WireShark, Angry IP Scanner, Dude, Open NMS, dan software lainnya.

-3. Software antivirus.

Macam-macam software berbagai sumber

foto: freepik.com

Software antivirus merupakan software yang digunakan untuk melindungi perangkat dari virus. Tujuan dari software ini adalah mendeteksi dan menghapus virus yang ada perangkat komputer.

Software antivirus ini merupakan aplikasi yang penting dan harus ada pada setiap perangkat komputer. Sebab virus-virus yang biasanya ada di komputer dapat merusak data, bahkan datanya bisa dicuri atau dihapus.

Jika software antivirus sudah ter-install dalam perangkat komputer kita, maka aplikasi ini secara otomatis akan mendeteksi adakah virus yang berbahaya.

Contoh software antivirus yang bisa digunakan adalah Avast Free Antivirus, Bitdefender Antivirus Free Edition, Avira Free Antivirus, Kaspersky Free Antivirus, AVG Free Antivirus, dan 360 Total Security, Smadav dan masih banyak lagi.

-4. Software perkantoran.

Macam-macam software berbagai sumber

foto: freepik.com

Software perkantoran sering kali dibutuhkan dalam menjalankan pekerjaan. Beragam software ini juga digunakan dalam berbagai bidang. Software perkantoran biasanya terdapat dalam satu paket sehingga terdapat banyak fungsi yang bisa dilakukan. Seperti presentasi, pengolahan data, pembuatan dokumen, grafis, hingga komunikasi. Salah satu vendor software perkantoran yang banyak digunakan adalah Microsoft, seperti:

Microsoft Word.

Microsoft Word adalah sebuah program aplikasi untuk pengolahan data yang biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat kabar, membuat label surat, membuat table pada dokumen, dan lan-lain.

Microsoft Excel.

Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sederhana sampai yang lebih kompleks.

Microsoft PowerPoint.

Microsoft PowerPoint adalah nama dari proprietary komersial program presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft. Ada banyak pilihan tema dan pengaturan untuk membuat bahan presentasi.

Microsoft Outlook.

Microsoft Outlook atau Microsoft Office Outlook adalah sebuah program personal information manager dari Microsoft, dan bagian dari suite Microsoft Office. Walaupun biasanya hanya digunakan untuk mengirim dan membaca surat, program ini juga memiliki fungsi kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal.

Bila digunakan bersama dengan Microsoft Exchange Server, Outlook dapat menyediakan akses kotak surat, kalender, dan jadwal bersama.

-5. Software PDF Reader.

Macam-macam software berbagai sumber

foto: freepik.com

Dokumen dalam bentuk Portable Document Format (PDF) membutuhkan software khusus agar dokumen tersebut dapat dibaca. Sehingga penggunaan software PDF Reader sangat dibutuhkan bagi setiap orang yang memiliki dokumen berekstensi PDF.

Dengan adanya software PDF Reader ini pengalaman dalam membaca, mengedit (menandai) dokumen, dan mengirim dokumen menjadi lebih mudah.

Beberapa contoh software PDF Reader yang dapat digunakan secara bebas adalah Adobe Acrobat DC, Foxit PhantomPDF, Soda PDF Anywhere, Nuance Power PDF, Perfect Ultimate PDF, PDF Xchange Editor, Foxit Reader dan bahkan software browser.

-6. Software Video Editor.

Macam-macam software berbagai sumber

foto: freepik.com

Software Video Editor digunakan untuk mengedit video. Tujuannya agar video yang dihasilkan menarik dan sesuai dengan keinginan. Aplikasi ini juga sangat berguna bagi mereka yang bekerja dalam bidang video editor maupun videografis.

Contoh software video editor mudah hingga advance yang banyak digunakan adalah Camtasia Studio 8, Adobe Premiere Pro, Sony Vegas, Windows Movie Maker, Corel Video Studio X7, Cyberlink PowerDirector, Lightworks, OpenShot dan sebagainya.

-7. Software Audio Editor.

Macam-macam software berbagai sumber

foto: freepik.com

Software Audio Editor adalah jenis software yang digunakan untuk menghasilkan kualitas audio yang terbaik. Sehingga audio ini dapat digunakan untuk melengkapi video, lagu, musikalisasi, atau recorder lainnya.

Beberapa contoh software audio editor di antaranya adalah Adobe Audition (Khusus Windows dan MacOS), Ableton Live, Audacity, Reaper, Cubase, Nuendo, Pro Tools, Logic Pro, Sonar, Presonus Studio One, serta software audio editor lainnya.

-8. Software Desain Grafis.

Macam-macam software berbagai sumber

foto: freepik.com

Saat ini, beragam desain grafis dapat diedit dengan menggunakan software atau aplikasi. Banyak software desain grafis yang dapat digunakan dengan mudah, bahkan oleh pemula.

Beberapa software desain grafis yang banyak digunakan adalah Corel Draw, Photoshop, Adobe Illustrator, Inkscape, Adobe InDesign dan masih banyak lagi.

-9. Software Downloader.

Macam-macam software berbagai sumber

foto: freepik.com

Software downloader digunakan untuk mempermudah mengunduh pada suatu file atau data tertentu. Sehingga proses mendownload data atau file lebih cepat dan mudah dilakukan.

Banyak cara agar dapat melakukan proses download yang cepat. Salah satunya dengan menggunakan software downloader ini. Beberapa contoh dari software downloader yang sering digunakan adalah IDM, Free Download Manager, EagleGet, Folx, FlashGet, Download Accelerator Plus, dan lain sebagainya.

RECOMMENDED BY EDITOR