Brilio.net -  Layanan jejaring sosial Facebook, Instagram dan WhatsApp dilaporkan down secara global pada Senin (4/10) sejak pukul 23.06 WIB. Masalah ini telah terjadi lebih dari 6 jam dan belum kembali pulih. Para warganet pun langsung mengeluhkan layanan Facebook, Instagram dan WhatsApp down melalui media sosial Twitter.

Hingga saat ini hari Selasa (5/10) keluhan warganet tersebut menjadi trending topik di Indonesia dan dunia. Para warganet mengeluhkan WhatsApp down dengan mencuitkan tagar #Instagramdown hingga lebih dari 100 ribu kali.

Melihat hal ini pihak Facebook, Instagram dan WhatsApp akhirnya beri penjelasan. Mereka juga menyatakan permintaan maaf lewat media sosial Twitter. Dilansir brilio.net dari akun Twitter @Facebook, @InstagramComms dan @WhatsApp Selasa (5/10), ketiganya menjelaskan bahwa sedang memperbaiki konektivitas layanan agar bisa segera kembali normal.

Facebook melalui akun Twitter-nya menjelaskan terkait gangguan yang sedang dialami. Pihaknya juga mengatakan bahwa sebagian pengguna mengalami masalah saat mengakses aplikasi Facebook. Tak hanya itu, mereka juga menyampaikan permintaan maaf atas masalah tersebut melalui akun Twitter.

penjelasan Facebook, Instagram & WhatsApp © berbagai sumber

foto: Twitter/@Facebook

"Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami. Kami sedang berupaya agar semuanya kembali normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," jelas pihak Facebook.

Begitu pula dengan jejaring media sosial Instagram. Lewat akun resminya di Twitter, pihaknya menjelaskan tentang masalah yang terjadi. Sebelumnya, pihak Instagram menyampaikan bahwa ada kendala di Instagram. Sehingga dampaknya aplikasi Facebook tidak bisa diakses. Namun kini, pihaknya menjelaskan bahwa aplikasi Instagram perlahan sudah bisa pulih.

penjelasan Facebook, Instagram & WhatsApp © berbagai sumber

foto: Twitter/@InstagramComms

"Instagram perlahan tapi pasti kembali sekarang – terima kasih telah berurusan dengan kami dan maaf telah menunggu!" tulis pihak Instagram.

Sementara WhatsApp melalui akun Twitter-nya juga memberi penjelasan terkait gangguan yang terjadi. Pihaknya juga menyampaikan permintaan maaf sekaligus ucapan terima kasih kepada pengguna WhatsApp yang telah bersabar menunggu.

penjelasan Facebook, Instagram & WhatsApp © berbagai sumber

foto: Twitter/@WhatsApp

"Mohon maaf untuk semua yang belum bisa menggunakan WhatsApp hari ini. Kami mulai perlahan dan hati-hati membuat WhatsApp berfungsi kembali. Terima kasih banyak atas kesabaran Anda. Kami akan terus memberi Anda informasi terbaru ketika kami memiliki lebih banyak informasi untuk dibagikan," jelas pihak WhatsApp.

 

INFOGRAFIS FACEBOOK INSTAGRAM WHATSAPP DOWN berbagai sumber