Brilio.net - Game Mobile Legends sangat populer di kalangan gamers. Terbukti, di Indonesia, jenis permainan eSport ini memiliki sekitar 30 juta pengguna bulanan aktif. Selain menawarkan banyak hero legendaris yang dapat dimainkan dalam berbagai macam mode permainan, Mobile Legends tampil dengan grafis terbaik yang membuat pengalaman pengguna dalam bermain selalu mengasyikan.

Jadi nggak heran jika banyak turnamen yang mempertandingkan game ini baik di kalangan gamers profesional maupun amatir. Nah, di awal tahun ini, MET, organisasi pengelola turnamen eSports terbaik di Asia kembali menggelar kompetisi Mobile Legends: Bang Bang Professional League–Indonesia (MPL–Indonesia) Season 3. Oh iya, asal tahu saja ya, MPL merupakan kasta tertinggi turnamen Mobile Legends.

Mobile Legends © 2019 brilio.net

Tahun ini, penyelenggaraan kompetisi lebih besar dan spektakuler. Total hadiahnya mencapai USD 120 ribu (hampir setara Rp 1,7 miliar). Nggak heran jika MPL Season 3 ini menarik perhatian ratusan tim untuk bertarung demi mendapatkan gelar tim Mobile Legends terbaik di Indonesia.

“Kami senang bisa meramaikan dunia eSports Indonesia yang dinamis. Kami yakin bahwa penggemar di Indonesia dapat turut merasakan keseruan persaingan antar pemain profesional Mobile Legends,” ujar Indonesian eSports Manager Moonton Lius Andre saat jumpa pers di Djakarta Teater, Selasa (15/1/2019) seraya menandakan dimulainya kompetisi ini.  

Mobile Legends Smartfren  © 2018 brilio.net

Di musim ketiga ini, banyak hal baru yang ditawarkan di antaranya turnamen ini didukung studio profesional terbaik serta teknologi level broadcast yang canggih. Hal itu tentu akan membuat suasana pertandingan jauh lebih seru dari gelaran tahun sebelumnya.

“Kami berkomitmen menyajikan turnamen MPL Indonesia Season 3 yang menarik, profesional, dan menjunjung tinggi fair play,” ujar Head of Marketing MET, Reza Ramadhan.

Babak utama MPL Season 3 ini akan diikuti 12 tim terbaik di Indonesia. Enam tim terbaik di MPL Season 2 berhak mendapatkan undangan langsung ke turnamen utama. Sementara enam sisanya harus diperebutkan di fase kualifikasi. Beberapa tim terbaik di antaranya seperti EVOS, RRQ, Louvre, dan lain akan berkompetisi menjadi yang terbaik tahun ini.

Mobile Legends © 2019 brilio.net

Kualifikasi MPL Season 3 ini terbagi menjadi dua fase. Fase pertama adalah kualifikasi online, di mana maksimal 512 tim dari seluruh Indonesia akan bertanding dengan konsep bracket single elimination best of one hingga babak 32 besar. Dalam babak 32 besar, format pertandingan akan berubah menjadi best of three, namun tetap dengan single elimination bracket.

Delapan tim terbaik dari kualifikasi online berhak maju ke fase final kualifikasi. Pada fase ini, delapan tim dari kualifikasi online sudah ditunggu oleh tim peringkat tujuh dan delapan dari MPL Season 2, dan 10 tim tersebut akan dibagi menjadi dua grup untuk bertanding dalam format round robin best of three. Kemenangan 2-0 akan memberikan tiga poin, kemenangan 2-1 memberikan dua poin, sementara kekalahan dengan skor 1-2 akan memberikan satu poin. Tiga tim terbaik dari masing-masing grup berhak maju ke regular season babak utama.

Selain itu, tahap kualifikasi pada season ini akan dilakukan di studio bertaraf internasional. Tahap kualifikasi online telah berlangsung pada 9 hingga 13 Januari 2019 lalu. Tahap selanjutnya adalah final dari kualifikasi yang akan diadakan pada 24 sampai dengan 27 Januari 2019. Regular season sendiri akan dimulai pada 16 Febuari hingga 31 Maret 2019.