Brilio.net - Pada 2018 lalu platform video singkat TikTok didapuk sebagai aplikasi terbaik di Indonesia versi Google Play. Aplikasi ini bahkan disebut-sebut sebagai aplikasi yang cukup menghibur. Hal ini pun disampaikan langsung oleh pihak TikTok melalui Instagram.

"Aplikasi ini juga terpilih sebagai aplikasi terbaik di Google Play untuk kategori aplikasi paling menghibur," demikian disampaikan TikTok melalui keterangan tertulis.

Dilansir brilio.net dari liputan6.com, tidak hanya itu, aplikasi TikTok juga dinobatkan sebagai salah satu aplikasi terbaik di Google Play dalam kategori paling menghibur di sejumlah negara. Negara-negara yang dimaksud antara lain adalah Australia, Brasil, Kanada, Prancis, Jerman, Hong Kong, India, Jepang, Korea, Timur Tengah dan Afrika Utara (MENA), Meksiko, Rusia, Taiwan, Thailand, Turki, Inggris, dan Amerika Serikat.

Pada tahun 2019, TikTok berhasil menduduki peringkat tertinggi dalam jumlah unduhan dan statistik. TikTok bahkan mengalahkan Facebook, Messenger, dan Instagram. Mengutip laman Ubergizmo, Senin (20/1), di Q4 2019 TikTok tercatat menjadi aplikasi paling populer kedua setelah Whatsapp dengan sekitar 220 juta unduhan.

Tak hanya dari jumlah unduhan saja, pendapatan TikTok berhasil meningkat secara signifikan. Sementara itu, Whatsapp mengantongi lebih dari 250 juta unduhan, Facebook lebih dari 150 jutaan dan Instagram lebih dari 100 juta unduhan di seluruh dunia.

Loading...

Masih menurut laporan Sensor Tower yang dikutip GSMArena, pendapatan TikTok juga meningkat 540 persen dibanding tahun lalu. Meski begitu, pendapatan paling besar berasal dari Tiongkok di mana aplikasi TikTok menawarkan in-app purchases.

Aplikasi milik ByteDance kini menjadi aplikasi terpopuler di dunia. Dilansir dari liputan6.com, yang mengutip dari laporan perusahaan riset pasar aplikasi Sensor Tower, secara total aplikasi TikTok sudah diunduh lebih dari 1,5 miliar kali di App Store dan Google Play. TikTok juga menjadi aplikasi non-gaming kedua yang paling banyak diunduh pada 2019, tepat di bawah WhatsApp yang jadi aplikasi terpopuler di dunia.

Melihat kepopulerannya sekarang ini, apa sih keunggulan dari TikTok? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (21/1).

1. Tidak ada iklan pada aplikasi TikTok.

keunggulan TikTok Istimewa

foto: vox.com

Kelebihan aplikasi TikTok dibandingkan dengan aplikasi lainnya adalah tidak adanya iklan. Hal ini tentunya memberikan kemudahan bagi penggunanya. Pasalnya dengan tidak adanya iklan pengguna bisa dengan mudah tak tidak merasa terganggu ketika menggunakan aplikasi TikTok. Kenyaman ini pula yang membuat pelanggan TikTok tak beralih dan tetap setia menggunakan TikTok.

2. Tidak perlu akun untuk melihat video di aplikasi TikTok.

keunggulan TikTok Istimewa

foto: cpomagazine.com

Tidak seperti aplikasi lainnya, dimana kamu harus memiliki akun terlebih dahulu untuk bisa menyaksikan beberapa video di dalamnya. TikTok tak meminta kamu untuk membuat akun terlebih dahulu untuk menyaksikan ribuan video di dalamnya. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi kamu yang malas untuk membuat akun baru.

3. Memiliki filter beragam.

keunggulan TikTok Istimewa

foto: digitalcrew.com

Kreativitasmu bisa diasah melalui TikTok. Kamu bisa memanfaatkan berbagai filter yang tersedia untuk membuat video semakin menarik dan kece. Sangat menyenangkan bisa membuat berbagi video dengan beragam filter, pengguna pun menjadi tidak bosan.

4. Menyajikan video singkat.

keunggulan TikTok Istimewa

foto: learningliftoff.com

TikTok menyediakan video dengan durasi 15 detik saja. Pengguna harus benar-benar mengasah kreativitasnya dalam durasi 15 detik tersebut. Tak hanya itu saja, hal ini juga menguntungkan bagi yang suka menyaksikan video di TikTok. Pasalnya video singkat tersebut bisa menghemat kuota. Jadi aman banget kan?

5. Memiliki challenge.

keunggulan TikTok Istimewa

foto: thejakartapost.com

TikTok memiliki kelebihan lainnya, jika kamu perhatikan ada saja yang menarik dari TikTok, mulai dari gerakan dance hingga challenge lainnya. Membuat kamu juga ikut tertantang untuk membuatnya bukan? Nah challenge ini hanya ada di TikTok. Menariknya lagi setiap challenge berhasil viral.

6. Memiliki beragam musik.

keunggulan TikTok Istimewa

foto: nbcnews.com

Coba perhatikan, TikTok selalu menyajikan musik-musik terbaru yang menarik bukan? Aplikasi populer satu ini memang menawarkan kepada penggunanya untuk bebas memilih musik yang meraka suka, sehingga suasana menjadi semakin hidup.

Aplikasi populer lainnya

Dilansir brilio.net dari liputan6.com, secara angka, pendapatan TikTok mencapai angka USD 40 juta pada Desember 2019. Hal ini membuat TikTok jadi aplikasi non gaming nomor 7 dengan pendapatan tertinggi. Adapun aplikasi-aplikasi lain yang juga terpopuler di dunia adalah WhatsApp, diikuti TikTok, Facebook, Messenger, Instagram.

Nah selain TikTok ada aplikasi lainnya juga sangat populer di tahun 2019, yakni CoD Gim Paling Populer. Dilansir brilio.net dari liputan6.com, Dalam periode antara 1 Oktober hingga 31 Desember 2019, Call of Duty menjadi aplikasi gim paling populer. Hal ini dilihat dari jumlah unduhnya mencapai lebih dari 180 juta kali. Uniknya, setengah unduhan CoD berasal dari perangkat iOS dan separuhnya lagi dari perangkat Android.

Sementara di posisi kedua aplikasi gim terpopuler ada Sand Balls yang diunduh sekitar 90 juta kali. Gim lain yang juga populer diunduh adalah Brain Out, PUBG Mobile, dan Garena Free Fire.

RECOMMENDED BY EDITOR