Brilio.net - Tak dapat dipungkiri, WhatsApp saat ini merupakan salah satu aplikasi pesan yang paling banyak penggunanya di dunia. Meskipun begitu, WhatsApp sendiri merupakan layanan gratis dan dapat digunakan selama kamu terkoneksi internet.

Namun, pada 2020, bakalan ada jutaan pengguna yang berpotensi kehilangan akses ke aplikasi milik Facebook tersebut. Dikutip brilio.net dari laman bantuan di web perusahaan, Jumat (13/12), WhatsApp tidak akan bisa lagi dipakai di smartphone yang menjalankan iOS dan Android lawas.

Adapun OS yang tidak mendukung WhatsApp lagi, yakni perangkat yang masih menjalankan iOS 8 atau sebelumnya. Sementara itu, perangkat Android yang sudah tidak bisa memakai WhatsApp adalah smartphone yang menjalankan Android 2.3.7 atau sebelumnya.

watsapp tak bisa diakses Istimewa foto: gadgetsnow.com



Dari sisi pengguna Android, berhentinya layanan WhatsApp di perangkat lama OS milik Google ini tidak akan berpengaruh besar kepada pengguna.

Google sendiri saat ini sudah meluncurkan Android 10, yang jumlah smartphone yang memakai Android 2.3.7 ini sudah tidak banyak lagi.

watsapp tak bisa diakses Istimewa foto: Pixabay

 

Namun, untuk perangkat iOS ini dapat berpotensi mempengaruhi lebih banyak pengguna karena iOS 8 tidak setua Android 2.3.7.

Dengan batasan 'usia' OS Android dan iOS, ini mungkin saatnya yang tepat untuk mempertimbangkan upgrade perangkat yang digunakan.