Brilio.net - Saat ini jam tangan tak hanya lagi sebagai penanda waktu tapi juga sebagai item fashion yang dapat menunjang penampilan. Melihat kebutuhan jam tangan yang sudah semakin luas, membuat para perusahaan jam tangan selalu memperbaharui jam tangan yang sesuai kebutuhan masyarakat.

Seperti halnya dengan salah satu perusahaan elektronik, Samsung yang terus berinovasi dengan smartwatch andalannya. Kali ini, inovasi terbaru itu dimaksimalkan lewat produk Samsung Galaxy Watch3.

Smartwatch terbaru ini didesain secara eksklusif, baik dari segi fitur maupun penampilan. Selain itu, Samsung Galaxy Watch3 dilengkapi berbagai fitur kesehatan terbaru dan dirancang untuk mendukung berbagai aktivitas dan gaya hidup para penggunanya. Diintegrasikan dengan mulus ke dalam ekosistem Galaxy, Galaxy Watch3 siap membantu penggunanya hidup lebih sehat, berkomunikasi lebih lancar, dan mendapatkan yang terbaik dari teknologi yang ada.

Head of Product Marketing IT and Mobile, Samsung Electronics Indonesia, Denny Galant mengatakan bahwa saat ini masyarakat sudah mulai sadar akan pentingnya kesehatan. Lewat smartwatch ini pihaknya ingin memudahkan masyarakat dalam menunjang gaya hidup sehat dalam fitur-fitur yang beragam.

“Kita menghadirkan fitur-fitur kebugaran yang ditanamkan dalam Galaxy Watch3, seperti fitur Blood Oxygen yang membantu mengidentifikasi tingkat saturasi oksigen darah dan melacak fungsi paru-paru dari waktu ke waktu, ataupun analisis kemajuan latihan, dan program latihan yang mudah dilakukan walau berada di dalam rumah," tuturnya kepada media dalam acara Launching Samsung Galaxy Watch3 di Jakarta, Selasa (15/9).

Lantas seperti apa sih keunggulan lainnya dari Galaxy Watch3 ini? Berikut ulasannya.

1. Desain premium.

Galaxy Watch3 © 2020 brilio.net

Galaxy Watch3
© 2020 brilio.net/Syifa

Berbeda dari seri Galaxy Watch sebelumnya, Galaxy Watch3 ini dibuat konsep luxury timepiece, di mana pengguna bisa menggunakan smartwatch ini dalam segala kegiatan dan juga tetap nyaman untuk dipakai sepanjang hari.

Dengan desain yang tak lekang waktu, jam ini dibuat dengan material premium seperti stainless steel dan kulit berkualitas tinggi. Galaxy Watch3 juga akan tersedia dalam bahan titanium yang tahan lama sekaligus elegan.

Galaxy Watch3 juga kembali menyajikan rotating bezel yang populer dari model jam terdahulu. Cukup memutar bezelnya untuk berpindah antar widget, membuka aplikasi, dan memeriksa notifikasi.

2. Desain lebih tipis dan ringan.

Galaxy Watch3 © 2020 brilio.net

Galaxy Watch3
© 2020 brilio.net/Syifa

Dibandingkan dengan Galaxy Watch terdahulu, Galaxy Watch3 14% lebih tipis, 8% lebih kecil dan 15% lebih ringan. Tampilan layar juga dapat dikustomisasi untuk merefleksikan gaya personal masing-masing pengguna seutuhnya.

3. Tersedia ribuan tema yang bisa disesuaikan dengan karakter pengguna.

Galaxy Watch3 © 2020 brilio.net

Galaxy Watch3
© 2020 brilio.net/Syifa

Tersedia lebih dari 80.000 tampilan layar yang dapat dipilih di Galaxy Store, atau pengguna juga dapat mendesain tampilan layarnya sendiri. Juga terdapat 40 konfigurasi berbeda untuk mempersonalisasi tampilan layar pengguna dengan informasi yang diinginkan.

4. Mengedepankan fitur yang menunjang kesehatan.

Galaxy Watch3 © 2020 brilio.net

Galaxy Watch3
© 2020 brilio.net/Syifa

Kini Galaxy Watch 3 menawarkan pengalaman baru dalam pemantauan kesehatan dan kebugaran. Fitur Blood Oxygen dapat mengukur dan memantau saturasi oksigen, untuk kebutuhan kebugaran dan kesehatan. Fitur Running Abalysis menawarkan feedback secara real time sepanjang sesi lari, juga laporan enam faktor pasca olahraga, yang akan membantu memperbaiki postur, meningkatkan performa, dan mengurangi cedera.

Untuk memantau kemajuan cardio sepanjang sesi olahraga, Galaxy Watch3 juga dilengkapi pembacaan VO2max, yang mengukur konsumsi oksigen saat berolahraga dengan intens. Ada pula fitur sleep core yang dapat mengatur tidur lebih baik.

5. Latihan fitnes di rumah dengan smartwatch.

Galaxy Watch3 revisi © 2020 brilio.net

Galaxy Watch3
© 2020 brilio.net/Syifa

Saat di rumah pun, pengguna Galaxy Watch3 tetap dapat berolahraga dan memonitor hasilnya. Terdapat akses langsung ke fitness studio lengkap melalui Samsung Health, yang memiliki koleksi lebih dari 120 video latihan yang berbeda. Cukup pilih salah satu latihan di smartphone Galaxy, tampilkan di Samsung Smart TV, dan Galaxy Watch 3 akan mengurus sisanya dan secara otomatis memantau sesi latihan.

6. Berkomunikasi langsung lewat smartwatch.

Galaxy Watch3 © 2020 brilio.net

Galaxy Watch3
© 2020 brilio.net/Syifa

Kemudahan lainnya menggunakan smartwatch ini adalah saat pengguna akan berkomunikasi tak perlu dengan smartphone lagi. Cukup dengan fitur telepon di smartwatch sudah bisa terkoneksi. Pengguna juga dapat memberikan balasan pesan dari Galaxy Watch3, dan dengan mudah melihat emoticon dan foto langsung di pergelangan tangan, ataupun mengecek chat story terdahulu.

Pengguna juga dapat memainkan musik kesukaan dari smartphone atau mengarahkan pemutaran slide di laptop dan smartphone memakai rotating bezel. Selain itu, dengan mengaktifkan Gesture control, pengguna bahkan dapat menggunakan gerakan tangan sederhana seperti mengepal dan membuka kepalan tangan untuk menerima telepon, atau memutar pergelangan tangan untuk mematikan suara alarm atau telepon masuk.

7. Warna.

Galaxy Watch3 revisi © 2020 brilio.net

Galaxy Watch3 
© 2020 brilio.net/Syifa

Saat membeli jam tangan, hal yang juga diperhatikan adalah warnanya. Untuk Galaxy Watch3 ini terdapat tiga pilihan warna yakni Mystic Bronze, Mystic Silver, dan Mystic Black.

8. Harga.

Galaxy Watch3 revisi © 2020 brilio.net

Galaxy Watch3
© 2020 brilio.net/Syifa

Untuk harganya sendiri, beragam tergantung ukuran dan warna. Galaxy Watch3 Stainless Steel telah tersedia di Indonesia dalam ukuran 41mm dan 45mm. Varian Galaxy Watch3 41mm tersedia dalam warna-warna apik, harganya dibanderol Rp. 5.999.000, sementara varian Galaxy Watch3 45mm dengan harga Rp 6.299.000. Dan untuk pertama kalinya menggunakan bahan titanium, Galaxy Watch3 Titanium 45mm akan tersedia pada tanggal 25 September 2020 dengan harga Rp 8.499.000.