Brilio.net - TikTok saat ini menjadi salah satu media sosial favorit banyak orang. Menariknya, TikTok sekarang bukan sekadar media sosial tapi juga platform e-commerce. Tentu, fitur ini disambut baik terutama bagi para pemilik usaha UMKM ataupun brand besar.

Oleh sebab itu, saat ini banyak pebisnis yang memasarkan produknya lewat live streaming di TikTok. TikTok live menjadi tren baru dan banyak digunakan sebagai sarana pemasaran langsung. Penjual dapat langsung menjelaskan produk atau mereview produk yang ingin dipasarkan. Pada live tersebut, penjual dapat langsung berinteraksi dengan calon pembeli dari kolom komentar. Sebagai platform digital, tentu TikTok live memiliki syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. 

TikTok Live Bisa jadi sumber cuan bagi kamu yang memulai bisnis baru. Berbekal pede di depan kamera, kamu bisa memasarkan produkmu dengan mudah. Nah, jangan kehabisan kreativitas berikut beberapa ide konten livestream TikTok untuk jualan auto raup cuan. Yuk simak pembahasannya seperti yang diulas brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (20/1).

1. Video tutorial.

ide Live TikTok untuk jualan © berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Cara menjual produk di TikTok livestream yang terbukti menarik perhatian calon pelanggan adalah video tutorial. Sekilas, video tutorial terlihat hanya bisa digunakan untuk konten yang berhubungan dengan kecantikan (makeup tutorial), tapi tidak demikian. Misalnya, perusahaan yang bergerak di bidang kuliner atau kesehatan juga dapat membuat konten bertema tutorial. 

Membuat konten tutorial untuk live streaming memudahkan pembuatan konten soft selling. Selama live berjualan dapat melakukan tutorial dengan menjelaskan produk-produk yang digunakan, sehingga bersifat lebih mengajak dan meyakinkan.

2. QnA.

ide Live TikTok untuk jualan © berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Berbeda dengan video tutorial yang merupakan ide konten soft selling, ide konten QnA untuk live streaming TikTok menjurus ke promosi hard selling. Cara melakukannya cukup mudah, hanya perlu menunggu penonton meminta penjual merekomendasikan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Selain hard selling, konten QnA sebenarnya juga bisa dilakukan dengan metode soft-selling. Caranya mirip, namun penjual tidak memulai live dengan terang-terangan berpromosi. Penjual bisa memulai live seperti QnA biasa, dan jika ada yang meminta rekomendasi produk, barulah penjual merekomendasikan produk jualannya.

3. Review produk.

ide Live TikTok untuk jualan © berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Lalu, ide konten TikTok live streaming selanjutnya adalah konten review produk. Ide yang satu ini bisa dibilang salah satu jenis konten yang paling sering digunakan untuk live streaming.

Sebelum live, pastikan ada talking points yang akan dibahas. Semisal, jika akan review baju pastikan ada informasi akan ukuran, ketersediaan, pilihan warna, dan lain sebagainya. Pastikan untuk mereview produk secara jujur ya. Sekalinya penonton merasa dibohongi, produkmu tentu akan mendapatkan penilaian yang negatif.

4. Tips and Trik.

ide Live TikTok untuk jualan © berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Sekilas konten tips and trik ini mirip dengan video tutorial. Akan tetapi, konten live TikTok yang satu ini lebih spesifik dan seringkali tidak terpikirkan oleh kebanyakan orang. Para penjual dapat menggunakan ide konten ini memasarkan produk jualan saat sedang live TikTok.

Isi konten tips dan trik bisa diriset terlebih dahulu sebelum live di depan penonton. Pastikan isi konten benar-benar membantu dalam menggunakan produk yang kamu pasarkan. Semakin halus kamu memasukkan produk, semakin berpotensi konten ini untuk viral dan ditonton orang banyak.

5. Konten komedi yang menghibur.

ide Live TikTok untuk jualan © berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Para pengguna TikTok memang terkenal sangat kreatif. Hal ini juga terlihat saat sedang berjualan di Live TikTok. Tidak hanya sekedar mempromosikan dagangannya, para penjual ini bahkan terkadang menampilkan sisi komedi sehingga para penontonnya terhibur.

Momen Live TikTokmu akan semakin seru dan tanpa kendala dengan menggunakan OPPO Reno 8 4G. Dilengkapi sensor Ultra-Sensing Selfie yang gunakan Sony IMX 709 berkekuatan 32 MP (f/2.4). Kedua kamera tersebut telah dilengkapi fitur Gyro-EIS supaya rekaman video lebih stabil. Smartphone ini mendukung perekaman video hingga 1080p@30fps.

Selain Ultra-Sensing Selfie, Reno 8 4G juga dibekali dengan aneka fitur fotografi lainnya untuk meningkatkan keseruan pengguna ketika melakukan kegiatan swafoto, baik itu sendiri maupun bersama teman. Salah satunya yakni fitur Selfie HDR yang diklaim dapat meningkatkan detail warna pada setiap hasil foto selfie.

ide Live TikTok untuk jualan © berbagai sumber

foto: OPPO

Selain itu perangkat ini juga dibekali dengan fitur Bokeh Flare Portrait untuk menghasilkan foto dengan efek latar belakang cahaya yang ciamik. Nggak perlu khawatir kehabisan baterai saat sedang mengabadikan foto, OPPO Reno 8 4G memiliki kapasitas baterai 4.500 mAh. Meskipun hanya memiliki baterai dengan kapasitas demikian, baterai ini dinilai memiliki ketahanan yang mumpuni.

Terlebih dari segi isi daya, ponsel ini sudah gunakan Charging SuperVOOC 33W yang sanggup isi daya hingga full dalam 70 menit. Pengecasan itu sudah gunakan port pengecasan modern USB Type-C 2.0 dengan dukungan Reverse Charging dan antarmuka OTG (on the go). Oppo Reno8 4G menawarkan dua pilihan warna yaitu Starlight Black dan Dawnlight Gold. Tertarik memiliki OPPO Reno 8 4G? Klik di sini untuk informasi lebih lengkapnya.

(brl/lak)

RECOMMENDED BY EDITOR