Brilio.net - Kabar gembira datang untuk pengguna iPhone dan Android. Tepatnya pada Selasa (26/10), Product Manager Paul Dunlop, menginformasikan bahwa pengguna iPhone bisa mentransfer file atau semua data WhatsApp ke Android hanya dengan bantuan sebuah kabel.

Seperti diketahui, beralih ke telepon baru bisa menjadi pengalaman yang meragukan, terutama jika kamu pindah ke sistem operasi yang sama sekali berbeda. Dipicu oleh hal ini, kedua raksasa teknologi ini membuat proses pencadangan data WhatsApp ini lebih mudah.

Dengan rilisnya Android 12 baru-baru ini, pihak iPhone menambahkan kemampuan untuk mentransfer semua kebutuhan penggunanya dengan menghubungkan iPhone mereka dengan ponsel Android baru dengan menggunakan sebuah kabel. Dengan izin dari pengguna, Android secara otomatis mencocokkan dan memasang aplikasi yang sama dari Google Play, dan memungkinkan pengguna membawa riwayat SMS dan iMessage dengan mudah, bersama dengan foto, video, kontak, kalender, dan lainnya.

iPhone kini bisa transfer data WhatsApp ke Android, begini caranya berbagai sumber

foto: Android

Tidak hanya itu, iPhone juga telah menerapkan cara ini untuk WhatsApp. Jadi mulai kemarin, pengguna sudah bisa dengan aman mentransfer riwayat obrolan dan kenangan dari akun WhatsApp mereka dari iPhone ke Android. "Kami bekerja sama dengan tim WhatsApp untuk membangun serangkaian kemampuan baru, semuanya dirancang untuk memudahkan peralihan dari iPhone ke Android dan membawa riwayat WhatsApp Anda," sebut Paul Dunlop yang dilansir brilio.net dari laman resminya, Rabu (27/10).

Hal ini juga dikonfirmasi oleh Android lewat akun Twitternya, "Jangan biarkan memori WhatsApp Anda menjadi sejarah, bawalah bersamamu. Sekarang Anda dapat mentransfer data ke ponsel Android Anda, yang diperlukan hanyalah kabel Lightning USB-C."

Untuk mengetahui cara mentransfer data WhatsApp dari iPhone ke Android, berikut rangkuman brilio.net dari laman resminya.

iPhone kini bisa transfer data WhatsApp ke Android, begini caranya berbagai sumber

foto: Android

1. Sediakan kabel USB-C ke Lightning untuk memulai.

2. Sambungkan ke ponsel.

3. Ketika diminta saat menyiapkan perangkat Android baru, pindai kode QR di iPhone untuk meluncurkan WhatsApp dan pindahkan semua percakapan, media, dan lainnya ke perangkat baru.

Untuk menghindari terjadinya masalah saat proses transfer dan melindungi data pengguna, pihak iPhone menjelaskan, "Tim kami telah bekerja bahu membahu dengan WhatsApp untuk memastikan data Anda tetap terlindungi selama proses transfer, sehingga tidak ada orang lain yang dapat mengakses informasi dan file WhatsApp Anda."

Perlu diketahui bahwa riwayat obrolan WhatsApp pengguna hanya akan disalin dari iPhone ke ponsel Android baru. "Kami akan secara otomatis memastikan Anda tidak menerima pesan baru di perangkat lama saat transfer sedang berlangsung," lanjutnya dalam sebuah pernyataan.

Kemampuan transfer ini rupanya juga tersedia di perangkat Samsung Galaxy dan sekarang di semua ponsel Pixel, dan akan tersedia di smartphone baru yang diluncurkan dengan Android 12. Jadi pengguna tidak akan pernah kehilangan apa yang paling penting bagi mereka saat berpindah data.