Brilio.net - Seperti yang diketahui, Selasa (14/9) lalu Apple sudah merilis produk-produk barunya. Produk-produk tersebut antara lain iPad, iPad Mini, Apple Watch Series 7, iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.

Hari ini Senin (20/9), Apple kembali merilis produk barunya yaitu iOS 15 dan iPadOS 15. iOS 15 akan bisa dinikmati oleh pengguna iPhone 13, sedangkan iPadOS 15 bisa dimanfaatkan oleh pengguna Apple seperti iPad Pro 12.9 inci (generasi kelima), iPad Pro generasi keempat, iPad Pro generasi ketiga, dan iPad Pro generasi kedua.

1. Cara mendownload iOS 15 dan iPadOS 15.

Apple rilis iOS 15 dan iPadOS 15 Apple

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: Apple

Dalam waktu yang tidak lama lagi, pengguna Apple akan bisa melihat permintaan untuk pembaruan iOS 15 di iPhone yang kompatibel. Tentu saja kamu punya pilihan untuk tidak memperbarui perangkatmu. Kalau kamu tidak mendapatkan informasi download, lakukan langkah manual: Settings> General> Software Update lalu ketuk "Download and Install."

Sebagai informasi, pastikan kamu memiliki baterai lebih dari 80 persen atau ponselmu sudah terisi daya. Juga, ini merupakan praktik yang aman untuk membuat cadangan datamu sebelum kamu menginstal pembaruan baru.

2. Fitur-fitur Apple iOS 15.

Apple rilis iOS 15 dan iPadOS 15 Applefoto: Apple

> Tidak hanya kompatibel dengan iPhone 6s dan versi terbaru, iOS 15 baru juga memperkenalkan Audio Spasial untuk FaceTime agar terdengar lebih "alami dan nyaman." Fitur ini juga menambahkan mode mikrofon baru yang dapat memisahkan suara pengguna dari kebisingan latar belakang. Dengan tampilan grid baru, pengguna dapat melihat lebih banyak wajah secara bersamaan saat FaceTime Group.

> Selain itu, Apple juga memperkenalkan 'SharePlay' untuk FaceTime yang memungkinkan pengguna mendengarkan lagu di Apple Music, menonton film dan acara bersama-sama. Fitur ini juga akan memungkinkan berbagi layar. Ketersediaan SharePlay sendiri akan tersedia di iPhone, iPad, dan Mac. FaceTime juga mendapatkan pilihan untuk membuat tautan sehingga pengguna dapat menggunakan lintas platform di seluruh web dan perangkat non-iOS.

> iOS 15 juga hadir dengan fitur 'Fokus' baru untuk mengubah apa yang ingin kamu perhatikan. iOS 15 baru memberikan tampilan baru pada notifikasi. Ikon profil pada notifikasi kini lebih besar. Sebuah 'Ringkasan Pemberitahuan' baru akan memberikan ringkasan dari semua pemberitahuan "non-waktu-kritis" pada waktu yang dipilih hari itu.

> Pembaruan perangkat lunak yang baru ini juga mempunyai fitur Teks Langsung yang secara otomatis mengenali teks dalam gambar, termasuk tulisan tangan, dan membuatnya dapat dipilih. Pengguna juga bahkan bisa menyalin dan menempelkannya. Dengan pembaruan baru ini, aplikasi Apple Maps sekarang memiliki lebih banyak detail seperti penyeberangan dan jalur sepeda. Beberapa kota AS juga akan melihat pengalaman kota 3D di aplikasi.

> AirPods Pro juga mempunyai mode percakapan baru yang secara otomatis akan meningkatkan volume percakapan. Terdapat fitur Cari Milik Saya di sekitar bahkan saat ada dalam casing. Aplikasi cuaca juga punya perombakan desain.

> Apple juga telah mengumumkan fitur baru untuk iCloud yang disebut iCloud+. Penyimpanan cloud ini akan menawarkan layanan privasi internet baru, iCloud Private Relay, tanpa biaya tambahan. Semua anggota iCloud akan ditingkatkan ke iCloud+ dan rencananya dapat dibagikan dengan Grup Berbagi Keluarga. Menurut Apple, pengguna juga akan mendapatkan penyimpanan iCloud+ gratis tanpa batas untuk cadangan sementara perangkat baru hingga tiga minggu bahkan jika mereka tidak memiliki penyimpanan di akun iCloud mereka.

> Apple Mails mempunyai perlindungan privasi email yang menyembunyikan alamat IP pengguna, lokasi, dan menonaktifkan pelacak. iOS 15 juga memperkenalkan tiga fitur baru ke aplikasi Kesehatan. Pengguna sekarang dapat berbagi data kesehatan mereka dengan keluarga, pengasuh, atau tim perawatan. Fitur 'Tren' yang baru akan menampilkan metrik kesehatan mereka dan fitur 'Kestabilan Berjalan' akan menampilkan metrik baru untuk mengelola risiko jatuh dengan lebih efisien.

> Aplikasi Apple TV sekarang akan menampilkan baris "For All of You" yang akan menyertakan kumpulan acara dan film berdasarkan minat orang-orang tertentu atau seluruh rumah tangga.

3. Fitur-fitur Apple iPadOS 15.

Apple rilis iOS 15 dan iPadOS 15 Apple

foto: Apple

Dengan iPadOS 15, iPad akhirnya mendapatkan widget layar beranda dan 'Perpustakaan Aplikasi' yang dapat menyembunyikan halaman dan mengaturnya kembali. Pembaruan perangkat lunak baru juga menghadirkan pintasan multitasking yang dengan mudah memungkinkan pengguna beralih di antara aplikasi dalam tampilan terpisah. Juga akan ada 'Rak' di bagian bawah yang akan menampilkan semua aplikasi yang dibuka. iPadOS 15 juga menambahkan catatan cepat yang dapat pengguna manfaatkan secara paralel dengan aplikasi dan situs pihak ketiga, serta dengan mudah menyeret dan mencatat tautan dan teks. Selain itu, pengguna juga akan mendapatkan 'Tag' yang akan membantu mereka mengkategorikan catatan sesuai pilihannya.

Perlu diketahui Apple iOS 15 dan iPadOS 15 merupakan perangkat yang kompatibel. iOS 15 yang baru ini cocok dengan iPhone 6s dan model yang lebih baru. Sedangkan iPadOS 15 baru kompatibel dengan iPad mini 4 dan yang lebih baru, iPad Air 2 dan yang lebih baru, iPad generasi ke-5 dan yang lebih baru, dan semua model iPad Pro. Tentunya ini menjadi kabar baik untuk pengguna perangkat-perangkat tersebut. Sekali lagi, kamu punya pilihan untuk tidak memperbarui iOS 15 dan iPadOS 15.

(brl/far)

RECOMMENDED BY EDITOR