Brilio.net - Instagram baru saja mengumumkan sebuah fitur baru bernama Stories. Fitur tersebut dianggap menjiplak fitur Stories milik SnapChat karena nyaris tidak mempunyai perbedaan sama sekali.

Menurut penjelasan yang disampaikan anak perusahaan Facebook tersebut, Stories memungkinkan pengguna membagikan video atau foto yang akan terhapus otomatis setelah 24 jam. Fitur ini sebenarnya tidak asing, karena jejaring sosial saingan Instagram, SnapChat sudah menerapkan fitur ini jauh-jauh hari.

Tak heran, jika banyak kalangan menilai Instagram menjiplak mentah-mentah fitur yang sudah jadi ciri khas SnapChat itu. Bahkan, CEO Instagram tidak sungkan mengakui jika fitur tersebut terinspirasi SnapChat Stories.

"Mereka layak mendapatkan semua kredit," ujar Kevin Systrom yang dikutip brilio.net dari tech crunch, Kamis (4/8).

"Ini bukan soal siapa yang menciptakan. Ini soal format dan bagaimana kamu menerapkannya dalam versimu sendiri," imbuhnya.

Loading...

Lalu apa sebenarnya perbedaan antara Instagram Stories dengan Snapchat Stories?

Secara mendasar, tidak ada bedanya. Facebook memang sejak lama mengincar SnapChat dan ingin membeli aplikasi tersebut. Perilisan fitur ini seperti upaya Facebook mewujudkan keinginan mereka yang gagal mengakuisisi SnapChat.

Untuk mengakses Instagram Stories, pengguna bisa mengklik ikon plus di pojok kiri atas aplikasi. Seperti pada SnapChat, kamu bisa membagikan foto atau video berdurasi 10 detik lengkap dengan tambahan coretan dan emoji. Kamu juga bisa membagikan file dari roll kamera dan menyimpannya, persis fitur Memories yang ada di SnapChat.

Yang membedakannya, Instagram belum memiliki fitur paling menarik pada SnapChat, yaitu filter kamera. Namun hal itu bukanlah menjadi masalah besar. Sebelumnya, Facebook telah membeli aplikasi filter foto MSQRD yang nggak kalah keren dengan filter di SnapChat. Jadi bisa dibilang penerapan filter foto tersebut hanyalah menunggu waktu.

Selain itu, Instagram Stories juga bisa dilihat oleh siapapun meski tidak menjadi follower, asalkan akun tersebut tidak di-private. Sebaliknya, di SnapChat, kamu tidak akan bisa melihat aktivitas akun seseorang jika tidak berteman.

Bagaimana? Kamu suka dengan fitur terbaru Instagram?

RECOMMENDED BY EDITOR