Brilio.net - Hadirnya transportasi online, baik mobil maupun motor (lebih dikenal dengan ojek online atau ojol), telah membawa perubahan signifikan dalam kehidupan sehari-hari. Kemudahan yang ditawarkan ojek online memberi keuntungan bagi orang yang menggunakan jasanya.

Namun dalam perkembangannya, jasa yang hadir berkat kemajuan teknologi ini juga tidak terlepas dari permasalahan. Seringkali permasalahan yang muncul berubah menjadi sebuah drama bagi penumpang maupun driver ojek online.

Sudah banyak drama yang menghiasi perjalanan ojek online hingga saat ini. Mulai dari drama kocak antara penumpang dengan driver, drama miskomunikasi yang bikin jengkel, hingga drama yang berkaitan dengan keselamatan penumpang dan driver ojek online.

Eits, tapi tenang aja, kini sudah ada terobosan baru sebagai solusi untuk mengatasi drama-drama tersebut, lho. Mau tahu apa saja? Berikut terobosan solusi lima drama driver dan penumpang ojek online, seperti sudah dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (13/12).

1. Titik jemput nggak akurat.

Ini terobosan solusi 5 drama driver & penumpang transportasi online berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Salah satu drama yang paling sering dialami driver dan penumpang ojek online adalah lokasi penjemputan yang cukup sulit dijangkau atau tidak terlacak di maps. Tidak jarang juga driver kesulitan menuju lokasi karena masih belum terbiasa dengan daerah tersebut.

Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut, Grab kini punya fitur baru berupa Lokasi Penjemputan Detail. Lebih dari 1,8 juta points of interests (POI) telah dimasukkan ke dalam aplikasi Grab di Indonesia sehingga menjadikan penjemputan lebih mudah. Fitur ini semakin aman dengan dilengkapi fitur Bagikan Lokasi Perjalanan. Setiap penumpang dapat membagikan tautan yang terhubung pada perjalanannya bersama Grab kepada orang-orang terdekat dan dapat dipantau secara real-time.

Selain itu, fitur baru lainnya seperti Pesan Foto & Pesan Suara di GrabChat juga memungkinkan penumpang dan driver untuk mengirimkan foto dan pesan suara dalam aplikasi GrabChat. Dua fitur baru ini hadir untuk memudahkan komunikasi dan meningkatkan kemudahan serta kenyamanan para penumpang. Jadi, nggak ada lagi deh salah pesan karena miskomunikasi.

2. Perubahan tujuan.

Ini terobosan solusi 5 drama driver & penumpang transportasi online berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Meski bukan yang paling sering terjadi, mengubah tujuan perjalanan secara tiba-tiba saat naik transportasi online kerap menjadi drama yang harus dihadapi penumpang. Ya, jika biasanya penumpang harus memesan ulang untuk mengubah tujuan perjalanan, kini kamu bisa langsung mengubah tujuan perjalanan, bahkan ketika sudah berada di tengah perjalanan.

Dengan fitur Ganti Tujuan Perjalanan dari Grab, memungkinkan setiap penumpang mengubah tujuan perjalanan kapan saja, termasuk saat kamu sudah dalam perjalanan bersama driver. Perjalananmu pun semakin mudah dan nyaman karena fleksibilitas yang dimiliki Grab.

Nggak cuma itu, ketika kamu salah memasukkan alamat penjemputan atau antar, kamu juga bisa membatalkan pesanan lewat fitur Batalkan Kapan Saja. Fitur ini memungkinkan penumpang untuk membatalkan pemesanan setelah proses pencarian armada dimulai dan sebelum mendapatkan driver.

3. Penyalahgunaan nomor pribadi penumpang.

Ini terobosan solusi 5 drama driver & penumpang transportasi online berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Rasa aman ketika berkendara menggunakan transportasi online menjadi salah satu pertimbangan penting yang menjadi perhatian setiap penumpang. Beberapa insiden pelecehan melalui telepon yang terjadi karena penyalahgunaan nomor pribadi penumpang semakin meningkatkan kewaspadaan.

Menjawab rasa kekhawatiran tersebut, sekarang Grab punya fitur terbaru yang dapat menyamarkan nomor telepon pribadi setiap penumpang. Melalui fitur uji coba yang telah diluncurkan di Jakarta ini, baik driver dan penumpang tidak akan memiliki akses untuk melihat nomor telepon pribadi masing-masing. Dalam empat minggu masa uji cobanya, jumlah insiden pelecehan melalui telepon telah mengalami penurunan hingga 70%.

4. Tidak adanya kontak yang bisa dihubungi saat kondisi darurat.

Ini terobosan solusi 5 drama driver & penumpang transportasi online berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Ketika kamu menggunakan jasa ojek online ketika pulang larut malam, mungkin ada sedikit rasa kekhawatiran yang muncul. Khususnya bagi penumpang cewek. Kondisi malam hari yang lebih sepi dan rawan ini semakin memperbesar peluang tindakan kriminal.

Dalam kondisi darurat ini, tidak jarang kamu tak bisa melakukan banyak hal selain berdiam diri karena takut. Nah, kini Grab menghadirkan fitur Tombol Darurat (SOS) yang membuat penumpang dapat menambahkan tiga kontak darurat dalam aplikasi. Fitur pengingat otomatis dalam fitur terbaru Grab ini juga dapat dinyalakan agar aplikasimu dapat langsung memberitahu kontak darurat saat mendeteksi pola perjalanan yang tidak biasa.

5. Kesejahteraan pengemudi atau driver.

Ini terobosan solusi 5 drama driver & penumpang transportasi online berbagai sumber

foto: Instagram/@grabid

Saat menggunakan ojek online, kamu akan bertemu berbagai macam driver. Tidak jarang, kamu menemukan driver unik yang menggugah rasa empati seperti driver yang sudah tua namun tetap semangat mencari pesanan hingga malam hari.

Mengetahui hal tersebut, Grab menghadirkan Grab Benefits untuk setiap driver untuk mendukung mobilitas dan performa driver. Mulai dari perlindungan asuransi perjalanan pribadi, servis kendaraan, diskon makan, hingga layanan potong rambut.

Selain itu, Grab juga memberikan kemudahan bagi driver dalam memberikan jasa. Seperti fitur Pesan Suara di GrabChat untuk kemudahan komunikasi dengan penumpang. Semakin fleksibel, kini driver juga dapat menggunakan fitur Pilih Tujuan Anda. Fitur ini membantu driver dapat mengambil pesanan pelanggan yang sejalan dengan tujuan arah pulang driver. Fitur-fitur ini hadir tidak lain karena kesejahteraan driver juga sama pentingnya dengan kepuasan penumpang.

Meski kerap menjadi drama yang dialami saat menggunakan transportasi atau ojek online, nyatanya sekarang semua drama itu sudah ada solusinya. Lewat terobosan terbaru dari Grab, kamu bisa mengucapkan selamat tinggal pada semua drama-drama tersebut.

Fitur-fitur terbaru ini merupakan terobosan Grab melalui kampanye #MajuLebihDekat untuk selalu lakukan kemajuan demi meningkatkan kualitas pelayanan baik bagi driver maupun penumpang. Grab sebagai salah satu penyedia jasa transportasi online terbesar di Asia Tenggara, menegaskan komitmennya untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang menyeluruh berkat fitur-fitur yang membuat perjalanan lebih aman, lebih mudah, dan lebih menguntungkan. Mau tahu lebih jelas fitur-fitur terbaru dari Grab? Yuk cek video berikut ini.

 

RECOMMENDED BY EDITOR