Brilio.net - Jejaring sosial WhatsApp, Instagram, dan Facebook semuanya mengalami down dalam waktu lama Senin (4/10) malam hingga Selasa (5/10) pagi.

Ketiga aplikasi tersebut dimiliki oleh Facebook, dan akibatnya menggunakan infrastruktur yang sama dan semua berhenti berfungsi dengan baik sekitar pukul 23.00 WIB.

WhatsApp adalah yang pertama gagal - awalnya versi web, kemudian aplikasi telepon, sebelum Facebook dan Instagram mengikuti, membuat pengguna tidak dapat melihat pesan atau unggahan mereka di tiga jejaring sosial.

Situasi down juga tidak terkonsentrasi di satu wilayah, dengan laporan masalah di seluruh AS, Inggris dan Eropa, serta Amerika Latin dan juga Asia. Artinya terjadi di seluruh dunia.

Seperti biasa selama situasi down tersebut, pengguna mengira bahwa internet sedang down, atau ada masalah dengan perangkat. Namun, jejaring sosial lain seperti Twitter, TikTok, dan Telegram tetap beroperasi seperti biasa.

Terakhir kali tiga jaringan milik Facebook mati adalah pada 19 Maret 2021 dan pada kesempatan itu butuh beberapa jam bagi situs untuk mendapatkan kembali fungsi yang semestinya.

Sistem internal Facebook yang digunakan oleh karyawan juga ikut down. Perusahaan tidak mengatakan apa yang mungkin menyebabkan situasi down, dan meskipun situs web dan aplikasi dapat mengalami situasi down adalah hal yang normal, namun dalam skala global jarang terjadi.

Doug Madory, direktur analisis internet untuk Kentik Inc., mengatakan tampaknya rute DNS Facebook yang memberi tahu seluruh internet cara menjangkau properti mereka tidak tersedia.

Madory mengatakan sepertinya rute DNS yang disediakan Facebook untuk dunia jaringan telah ditarik. Sistem Nama Domain (DNS) adalah elemen integral dari bagaimana lalu lintas di internet diarahkan. DNS menerjemahkan alamat seperti "facebook.com" ke alamat IP seperti 123.45.67.890. Jika catatan DNS Facebook hilang, tidak ada yang bisa menemukannya.

Facebook sedang mengalami krisis besar yang terpisah setelah pelapor Frances Haugen, mantan manajer produk Facebook, memberi The Wall Street Journal dokumen internal yang mengungkap kesadaran perusahaan akan kerugian yang disebabkan oleh produk dan keputusannya. Haugen tampil pada acara "60 Minutes" pada hari Minggu.

Cerita Journal, yang disebut "The Facebook Files," melukiskan gambaran perusahaan yang berfokus pada pertumbuhan dan kepentingannya sendiri atas kepentingan publik. Nick Clegg, wakil presiden kebijakan dan urusan publik perusahaan, menulis kepada karyawan Facebook dalam sebuah memo hari Jumat bahwa "media sosial memiliki dampak besar pada masyarakat dalam beberapa tahun terakhir, dan Facebook sering menjadi tempat di mana banyak perdebatan ini dimainkan."

Twitter, sementara itu, menimpali dari akun Twitter utama perusahaan, memposting "halo semua orang" sebagai lelucon dan meme tentang situasi down Facebook membanjiri platform.

Bagaimana tahu Whatsapp down?

Cara termudah untuk memverifikasi apakah WhatsApp sedang tidak aktif untuk Anda, adalah dengan mencoba mengirim pesan melalui aplikasi. Anda akan melihat bahwa tidak ada tanda centang biasa untuk mengatakan bahwa pesan telah terkirim, tetapi simbol jam untuk menunjukkan bahwa pesan sedang menunggu pengiriman.

Mengapa WhatsApp turun?

WhatsApp hanya mengakui ada masalah, tanpa mengungkapkan mengapa layanan itu down.

"Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami masalah dengan WhatsApp saat ini," cuit WhatsApp. "Kami sedang bekerja untuk mengembalikan semuanya menjadi normal dan akan mengirimkan update di sini sesegera mungkin."

Apa yang terjadi dengan Facebook dan Instagram?

Seperti WhatsApp, Facebook dan Instagram belum bisa mengupdate feed di aplikasi mereka. Padahal mereka sudah mengeluarkan pesan lewat Twitter.

"Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami," cuit Facebook. "Kami sedang berusaha untuk mengembalikan semuanya normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini."

INFOGRAFIS FACEBOOK INSTAGRAM WHATSAPP DOWN berbagai sumber