Brilio.net - Sistem operasi Android kembali munculkan gebrakannya dengan meluncurkan Android 10. Sebagai penerus dari Android 9 (Pie), sistem operasi ini dikabarkan akan menghadirkan kemudahan terbaru untuk para penggunanya. Meski sistem Android 10 yang sebelumnya dikenal sebagai Android Q ini baru bisa dinikmati oleh pengguna Google Pixel, dikatakan akan segera bisa dinikmati oleh lebih banyak perangkat dalam waktu dekat.

Tahun 2020 disebutkan sebagai tahun yang diwajibkan Google untuk semua smartphone untuk menggunakan Android 10. Dikutip brilio.net pada Sabtu (18/1) dari economictimes, Google akan tetap memberikan dukungan untuk Android 9 (Pie). Dukungan ini diberikan dalam bentuk pembaruan fitur sampai dengan Agustus 2020 setelah meluncur Android 11.

Di sisi lain, untuk kamu pengguna Android 9 ke bawah, Google tidak akan memberikan pembaruan fitur. Pembaruan ini baru akan diberikan jika ditemukan celah keamanan yang membuat pengguna bertemu dengan risiko tindak kejahatan seperti hacker. Hal ini diperkirakan untuk meningkatkan penggunaan sistem operasi Android terbaru yang memiliki kesan lebih lambat untuk diterapkan produsen ponsel.

Kehadiran Android 10 tentu menjadi kabar segar untuk para pengguna. Tentu diharapkan sistem terbaru ini bisa menutupi kekurangan yang ditemukan pada sistem pendahulunya. Meskipun Google selalu mengklaim OS terbaru selalu memberikan sistem yang lebih baik dari sebelumnya.

Nah untuk kamu yang sudah nggak sabar untuk menggunakan Android 10, simak deh beberapa fitur baru yang hadir. Berikut ulasan brilio.net pada Sabtu (18/1) seperti dilansir Gizmodo.com.

Loading...

1. Smart Replies.

Fitur baru Android 10 © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Smart Replies sudah ditemukan pada sistem sebelumnya. Namun dengan kehadiran sistem operasi terbaru, akan ada pembaruan juga yang akan ditampilkan. Kalau sebelumnya kamu menggunakan smart replies untuk memilih pesan yang sudah ditentukan, berbeda dengan yang dihadirkan pada Android 10. Pada sistem operasi terbarunya, fitur smart replies akan mengenali tautan Google Maps, video YouTube, dan URL lain yang disematkan dalam pesan. Hal ini juga memungkinkan kamu untuk pindah ke aplikasi yang relevan langsung dari pop-up notifikasi.

2. Dark mode.

Fitur baru Android 10 © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Tren mode gelap atau dark mode ternyata menjamur dimana-mana. Tapi ternyata hadirnya dark mode tidak hanya sekadar untuk style baru saja. Mode ini juga berfungsi untuk mengurangi penggunaan baterai lho.

Selain itu mungkin kamu perlui menggunakan gadget seharian, yang dapat membuat mata menjadi lelah. Nah dengan tampilan dark mode, akan mengurangi beban mata karena terpapar cahaya HPmu.

Melalui kehadiran Android 10, kamu sudah bisa mengaktifkan tema gelap ini. Untuk cara mengaktifkannya cukup mudah, kamu hanya perlu masuk ke dalam Settings. Kemudian pilih Display dan nyalakan Dark Theme. Viola! Setelah kamu mengikuti langkah tersebut, seluruh sistem dan aplikasi Google akan menyesuaikan menjadi dark mode.

3. Mengatur notifikasi menjadi hening.

Fitur baru Android 10 © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Banyaknya tumpukan kerjaan mungkin akan membuat HP-mu ramai diserbu berbagai notifikasi. Baik itu berupa chat atau email, tentu jika notifikasi itu muncul secara berlebihan bisa mengganggu konsentrasimu. Keadaan ini membuat sistem operasi Android 10 menawarkan cara untuk menangani suara notifikasi.

Ya, kini notifikasi hening dihadirkan untuk menjadi solusi permasalahanmu yang satu ini. Eits tidak hanya membuat notifikasi menjadi hening dengan mode getar lho. Android 10 juga akan membuat layar smartphone mu tidak menyala. Pasti kamu akan lebih berkonsentrasi tanpa gangguan cahaya dari notifikasi yang masuk.

4. Berbagai jaringan WiFi jadi lebih mudah.

Fitur baru Android 10 © 2020 brilio.net

foto: pixabay.com

Kebutuhan menggunakan internet semakin meningkat, kehadiran WiFi pun jadi lebih di buru. WiFi biasanya dijadikan sebagai solusi untuk menghemat kuota. Memasukkan password untuk mengakses internet, tak jarang kita masih sering gagal untuk menikmatinya. Terkadang ejaan password yang terlalu rumit membuat kita harus mencoba beberapa kali untuk menggunakan WiFi.

Tapi sepertinya kamu harus mengucapkan perpisahan dengan cara itu. Android 10 akan menghadirkan kemudahan untuk kamu berbagi jaringan internet WiFi. Kamu hanya perlu membagikannya melalui QR code yang ada di HP. Tinggal sekali scan, kamu sudah akan bisa mengakses lebih mudah.

5. Live caption video.

Fitur baru Android 10 © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Fitur live caption video hadir dalam sistem operasi Android 10. Tampilan yang satu ini akan membuatmu lebih tertarik untuk mengamatinya. Karena live caption video bisa membantumu untuk lebih memahami apa suara yang dihasilkan dalam video tersebut melalui keterangan yang dimunculkan. Keterangan ini muncul seperti sebuah subtitle pada film. Jadi dengan live caption video kamu tetap bisa memahami maksud videonya tanpa suara.

Oiya menariknya lagi, fitur ini juga bisa diaktifkan walaupun pengguna tidak tersambung dengan koneksi internet. Wah jadi akan lebih mudah dipahami siapa pun dalam kondisi bagaimanapun kan?

6. Mengelola privasi jadi lebih mudah.

Fitur baru Android 10 © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Tak hanya tampilan yang semakin kekinian, hadirnya Android 10 juga mendukung keamanan menjadi lebih terjamin. Android 10 bisa membuat pengaturan privasi HPmu sejalan dengan apa yang kamu akses melalui laman akun Google di web. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara masuk ke setting, kemudian memilih privasi dan tingkat lanjut. Kamu akan dapat mengakses opsi kontrol aktivasi, seperti web. Fitur ini bisa membuat kamu memilih cara yang lebih baik untuk Google melacak penggunanya.

7. Sound Amplifier.

Fitur baru Android 10 © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Sistem operasi Android 10 memberikan beragam kelebihan dalam fitur-fitur yang dihadirkan. Dalam juga memberikan pembaruan dari segi kualitas audio. Kali ini Google menyematkan Sound Amplifier dalam salah satu fitur yang dihadirkan Android 10. Walaupun seperti yang kita tahu, pada Android 6 dan ke atas sudah disediakan sebagai unduhan terpisah. Fitur ini akan membuatmu meminimalisir suara-suara yang cukup mengganggu. Selain itu ia juga mampu meningkatkan suara-suara yang lebih penting di sekitarmu.

8. Mengecek kapan baterai habis.

Fitur baru Android 10 © 2020 brilio.net

foto: pixabay.com

Sering kali kita kehabisan baterai di tengah-tengah melakukan kegiatan. Kalau kita membawa power bank, tentu akan menyelamatkan HPmu dari kondisi lowbatt. Tapi, akan lebih membantu kalau kita bisa mengetahui kapan baterai akan habis kan? Kamu tidak akan kaget kalau tiba-tiba HP mati.

Nah untuk mengatasi hal ini, Android 10 akan menghadirkan informasi kapan HP-mu akan mati. Kamu akan mendapatkan informasi perkiraan berapa lama lagi bateraimu akan bertahan. Jadi hal ini akan lebih membantu dari informasi persentase baterai, karena kamu bisa mengantisipasi beberapa waktu sebelum HP akan mati.

9. Pembaruan Panel Share.

Fitur baru Android 10 © 2020 brilio.net

foto: pixabay.com

Pada Android 10 panel share akan mendapatkan pembaruan. Tak hanya membuka lebih cepat karena beberapa tweak rekayasa, panel share juga diatur lebih canggih untuk mempromosikan orang-orang dan aplikasi yang sering kamu bagikan. Kamu juga bisa melihat apa yang sebenarnya kamu bagikan di percakapan bagian atas. Jadi hal itu berupa gambar, Android 10 bisa menampilkan thumbnail kecil di samping berbagai opsi berbagi. Gimana menarik kan?

10. Mudah untuk mengganti warna aksen HP.

Fitur baru Android 10 © 2020 brilio.net

foto: pixabay.com

Salah satu keunggulan Android 10 juga bisa membuatmu semakin betah dalam menggunakan HP. Kalau selama ini kamu bosan dengan tampilan HP yang hanya hitam putih, sekarang kamu bisa mengubahnya dengan warna yang lebih menarik. Ada pilihan range warna yang ditampilkan Android 10.

Dengan pembaruan ini, tentu akan membuatmu tidak cepat bosan dengan tampilan Androidmu. Untuk mencoba fitur ini kamu perlu masuk settings kemudian memilih about phone. Setelah itu pilih opsi build number beberapa kali.

Nah kalau sudah, masuk ke system kemudian advanced, selanjutnya pilih developer options. Nah pilihlah theming dan dilanjutkan dengan memilih accent color. Dan kamu bisa memilih warna sesuai yang kamu mau.

RECOMMENDED BY EDITOR