Brilio.net - Kamu mungkin senang melihat barang elektronik yang memiliki fungsi sama, namun dengan harga yang lebih murah. Tapi jangan sekali-kali kamu terlena dengan murahnya harga itu. Pasalnya selain ponsel ilegal alias ponsel BM, ada juga ponsel KW atau yang disebut juga dengan istilah supercopy. Dua ponsel ini masih banyak beredar di sejumlah pusat perbelanjaan di Indonesia.

Agar kamu tak terjebak, kamu perlu tahu bagaimana ciri-ciri ponsel KW tersebut. Brilio.net sudah melansir dari Merdeka.com pada Senin (9/9), yang bertanya langsung kepada pedagang ponsel di pusat perbelanjaan Jakarta Pusat.

Salah satu penjual bernama Dodit menjelaskan bahwa ponsel KW biasanya tidak ada kartu garansi dan bentuk charger-nya gepeng.

"Kalau ponsel BM dan KW, kartu garansi nggak ada, dari segi charger juga bukan charger bawaan. Charger-nya dia itu charger Vietnam yang bukan bulat tapi gepeng," tuturnya memaparkan.

Sementara itu, Adi, penjual smartphone di pusat perbelanjaan ponsel serupa, membeberkan ciri-ciri ponsel KW dari sisi kualitasnya.

Loading...

"Contohnya kalau ponsel tahan air, yang KW tidak. Dari segi kecerahan layar, kalo AMOLED terlihat terang dan adaptif sedangkan yang ponsel KW lebih redup. Software-nya sendiri rakitan, jadi pasti ada kendala di sana," ucap Adi menjelaskan.

RECOMMENDED BY EDITOR