Brilio.net - Hayo, mana nih yang nggak bisa bedain mana itu headset, handsfree, earphone dan teman-temannya? Perangkat-perangkat ini tentu sudah nggak asing lagi dong buat kamu.

Setiap mendengarkan musik atau film dari laptop atau PC biasanya menggunakan alat yang satu ini. Ya kan?

Tapi, masih ada lho yang menganggap benda-benda ini punya satu nama. Mau bentuknya gimana pun, pokoknya kalau buat ditaruh kuping itu headset.

Nah, buat kamu yang belum tahu juga berikut ini penjelasan singkat beda headset, handsfree, earphone dan headphone yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (27/10):


1. Headset.

beda headset © 2016 brilio.net

foto: jbhifi

Headset merupakan gabungan dari headphone dan mikrofon atau lebih jelasnya memiliki 2 device, yaitu untuk input untuk berkomunikasi dan output (untuk mendengarkan). Headset biasanya dipasangkan dengan PC dan di gunakan untuk video chat, video call, skype dll.


2. Headphone.

beda headset © 2016 brilio.net

foto: walmart

Headphone memiliki bentuk mirip dengan headset namun tidak dilengkapi dengan mikrofon. Jadi hanya bisa untuk mendengarkan saja tidak bisa untuk berkomunikasi.

Headphone juga biasanya digunakan untuk keperluan pekerjaan profesional, seperti editing audio atau video.


3. Earphone.

beda headset © 2016 brilio.net

foto: a4c

Memiki fungsi sama dengan headphone, namun memiliki bentuk yang lebih simpel. Hanya perlu menyumbatkannya pada telinga kita dan bisa dibawa kemana-mana.


4. Handsfree.

beda headset © 2016 brilio.net

foto: bbc

Handsfree perangkat yang merupakan gabungan dari earphone dan mikrofon dan biasanya di dalamnya juga dilengkapi dengan fungsi kontrol tambahan.

Nah, sekarang gimana? Kamu sudah tahu kan bedanya? Jangan salah sebut lagi ya..