Brilio.net - Steker adalah alat yang berfungsi mengantarkan listrik ke stop kontak. Umumnya steker memiliki dua kaki, tapi nggak jarang pula ada yang memiliki tiga kaki. Perangkat yang memiliki steker dengan tiga kaki biasanya laptop. Nah, memangnya fungsi satu kaki tersisa di steker apaan, sih?

Sebagaimana dikutip brilio.net dari lama Today I Found Out, Selasa (2/8), steker dengan tiga kaki itu terdiri dari tiga sebutan per bagian, yakni bagian kaki kanan terhubung dengan kawat "hot", kaki kiri terhubung dengan kawat "neutral", dan kaki ketiga adalah "ground". Baik neutral dan ground terkoneksi dengan sumber listrik. Perbedaan keduanya adalah bahwa neutral melengkapi sirkuit dengan kawat hot/panas, dan biasanya membawa beberapa jumlah arus, sedangkan ground biasanya tak membawa apa pun dan tak terhubung ke sirkuit sama sekali (kecuali jika terjadi sesuatu yang nggak beres).

BACA JUGA: 10 Pengorbanan yang sering dilakukan cowok saat ngejar gebetan

steker 3 kaki © 2016 brilio.net

Steker dengan tiga kaki.-foto: bukittinggipasar.wordpress.com

Loading...

Ground digunakan untuk menghubungkan bagian-bagian konduktif eksternal dari perangkat ke sumber listrik. Dengan demikian, sebetulnya kaki steker ketiga ini nggak terlalu penting. Makanya, nggak heran dong, kamu tetap bisa menancapkan steker dengan tiga kaki ke stop kontak dengan steker adaptor yang terdiri dari dua kaki aja.

steker 3 kaki © 2016 brilio.net

Steker adaptor dengan dua kaki.-foto: omjoni.com

Tapi kaki steker ground ini memiliki manfaat yakni kalau ada yang nggak beres dengan arus listrik yang mengalir, dia akan bereaksi. Misalnya saat kaki steker untuk kabel hot dan neutral bermasalah seperti isolasi menipis, maka kaki ground ini menyelamatkanmu supaya nggak terluka parah atau berakibat fatal saat menyentuh perangkat yang dialiri listrik melalui steker tersebut.

Lantas apakah steker dengan dua kaki itu nggak aman? Steker ini tetap aman karena biasanya punya setidaknya dua lapisan isolasi antara komponen konduktif dari perangkat terkait dan setiap bagian dari perangkat yang bisa kamu sentuh. Selain itu, perangkat listrik pastinya sudah dilapisi bahan-bahan yang nggak konduktif atau mengantarkan listrik. Jadi, kamu nggak khawatir tersengat listrik.

RECOMMENDED BY EDITOR