Brilio.net - Kamu suka internetan gratis pakai Wi-Fi di tempat umum seperti di kafe? Hati-hati nih guys, kejahatan cyber ternyata bisa mengancam lho, saat kamu pakai Wi-Fi umum. Apa pun yang kamu akses dari laptop maupun smartphone menggunakan Wi-Fi umum, kemungkinan besar kini bisa 'diintip' hacker lho.

Banyak kasus cyber yang berujung saldo di rekening bank tersedot atau bahkan menggunakan kartu kredit kita tanpa diketahui. Nggak hanya itu, informasi pribadi kita juga bisa diakses oleh hacker untuk mendapatkan keuntungan. Serem ya?

Nah, perusahaan keamanan cyber terkemuka di dunia, Symantec Corporation mengungkapkan kalau sebenarnya hacker bisa menyadap serta meretas informasi hanya lewat jaringan Wi-Fi.

Biar aman saat berinternet gratis dengan Wi-Fi umum, kamu harus tahu tipsnya dong. Berikut tips aman berinternet gratis dengan koneksi Wi-Fi umum seperti dilansir brilio.net dari Norton by Symantec, Kamis (6/4).


1. Jangan connect Wi-Fi secara otomatis.

tips aman internetan  © 2017 berbagai sumber

foto: yourstory.com


Biasanya, laptop atau smartphone kita selalu secara otomatis menyambung dengan jaringan Wi-Fi yang tersedia. Nah, yuk mulai sekarang atur gadgetmu biar nggak tersambung secara otomatis dengan jaringan Wi-Fi umum.


2. Gunakan Wi-Fi legal.

tips aman internetan  © 2017 berbagai sumber

foto: reliablenetworks.co.uk


Saat sedang berinternet, pastikan menggunakan Wi-Fi yang legal. Memang sih harus tahu passwordnya dulu, tapi kan malah aman saat berinternet.

Lebih baik gunakan Wi-Fi legal daripada risiko menjadi korban kejahatan cyber. Ya nggak?


3. Jangan tinggalin gadget.

tips aman internetan  © 2017 berbagai sumber

foto: deliciousthemes.com


Saat sedang di kafe, ada baiknya kamu nggak meninggalkan laptop atau smartphone meski sebentar. Selain bisa diakses hacker, barang-barangmu juga bisa hilang.

Ada baiknya kalau memang kepepet banget, titip dengan pekerja kafe atau di kasir dan gadget dalam keadaan sleep atau mati.


4. Jangan akses M-Banking di tempat umum.

tips aman internetan  © 2017 berbagai sumber

foto: actionsecuritynow.com


Kalau kamu memang hobi belanja online, ada baiknya nggak menggunakan Wi-Fi umum saat akan membayar dengan M-Banking. Lebih amannya, saat ingin mengakses M-Banking gunakan internet sendiri, setelah selesai transaksi baru gunakan Wi-Fi umum kembali.


5. Tetap jaga rahasia.

tips aman internetan  © 2017 berbagai sumber

foto: pixabay.com


Kalau kamu tetap ingin nggak mau diketahui apa yang sedang diakses, jangan gunakan Wi-Fi gratis di tempat umum. Orang yang memberikan akses Wi-Fi gratis juga bisa melihat apa yang kamu akses lho.

Duh, bahaya kan?


6. Matikan fitur File Sharing.

tips aman internetan  © 2017 berbagai sumber

foto: techiwarehouse.com


Mulai yuk untuk nggak menyimpan data-data pribadi yang sensitif di dalam laptopmu. Data-datamu bisa diakses dengan menggunakan fitur File Sharing yang tersedia pada pengaturan jaringan internetmu lho.

Jangan lupa dimatikan fitur ini ya, saat sedang berinternet dengan Wi-Fi umum.


7. Bijaksana dan kurangi gunakan Wi-Fi umum.

tips aman internetan  © 2017 berbagai sumber

foto: fortune.com


Kalau memang paket internetmu sedang habis, nggak usah terlalu memaksa untuk internetan dengan fasilitas Wi-Fi umum. Ada banyak kejahatan yang sedang mengintaimu lho.

Kadang-kadang saat iseng, kita suka melihat jaringan Wi-Fi yang nggak terkunci. Dan kamu pasti dong tergiur dengan jaringan internet gratis ini. Padahal kamu nggak tahu, bisa saja itu buatan hacker untuk menjebakmu.