Brilio.net - Game tentunya menjadi permainan yang cukup menghibur, bahkan tak sedikit yang ketagihan untuk memainkan game online. Terlebih sekarang ini orang bisa dengan mudah memainkan berbagai macam game seru di gadget. Namun siapa sangka ada sebuah game online yang cukup berbahaya, berjudul Scary Granny membuat pemainnya benar-benar ketakutan.

Dilansir brilio.net dari liputan6.com, dari hasil penelitian keamanan Perusahaan teknologi bernama Wandera baru-baru ini mendapati bahwa Scary Granny telah terinfeksi malware. Ternyata game Scary Granny merupakan game tiruan dari platform game populer di Android bernama Granny. Game ini sendiri sudah diinstal sebanyak 100 juta kali oleh pengguna.

Dilansir brilio.net dari liputan6.com yang mengutip dari laman Forbes, Rabu (3/7), Wandera menemukan bahwa game Scary Granny ada di toko aplikasi Google Play.

Ketika pengguna mengunduh game tersebut, game tidak langsung beraksi melainkan menunggu beberapa hari, sebelum beraksi layaknya penyebar malware. Uniknya, Scary Granny merupakan sebuah game yang berfungsi layaknya game online lainnya. Scary Granny merupakan gim bertahan dari serangan zombie, namun gamenya tidak terlalu canggih.

Ketika game ini dimainkan maka akan muncul banyak pop-up iklan yang tidak diinginkan. Pop-up yang muncul disamarkan agar terlihat seperti aplikasi-aplikasi terkemuka seperti Facebook, Instagram, dan Snapchat. Dengan begitu, korban pun akan terlibat.

Loading...

Tak hanya itu saja, dalam game ini akan muncul layar pembayaran yang menipu pengguna agar membayar lebih dari USD 20 untuk mendapatkan versi lengkap game. Parahnya, dari hasil penelitian yang dilakukan Wandera, gim dipenuhi serangan phishing. Pasalnya, pop-up window yang bermunculan berupaya menipu pengguna untuk menambah kredensial akun Google.

Pengguna yang terpancing pun tidak akan ragu memasukkan akun Google mereka. Jika berhasil malware pun akan mengambil data sensitif lainnya di Android, seperti alamat email, nomor telepon, tanggal lahir, kode otentikasi, password hingga token keamanan.

Wandera memperkirakan, ada lebih dari 50.000 pengguna Android yang telah menginstal gim Scary Granny sebelum Google menghapusnya dari Play Store.

Infeksinya pun bisa membuat pengguna frustasi, bahkan, ada korban yang memilih untuk mengganti perangkatnya.

RECOMMENDED BY EDITOR